Event Netizen

Blogger Lamongan Kumpul di Komunitas Blogger Megilan

Perkenalkan saya adalah Blogger Lamongan pemilik blog Munasya.com yang ikut dalam Komunitas Blogger Megilan. Dunia blogger mulai saya geluti semenjak tahun 2016. Waktu itu blogger pertama yang saya kenal adalah founder Ning Blogger Surabaya yakni Mbak Yuni Kebetulan saat itu saya ikut acara Netizen Along Polong.

Semenjak sekolah dulu saya suka sekali menulis. Disamping nulis pelajaran juga nulis di buku harian. Kala mengenal internet, daya juga suka menulis di platform blogspot dan wordpress.

Blogger Jawa Timur
Ini para blogger Jawa Timur yang sangat menginspirasi

Sebelumnya tidak pernah menyangka kalau dari platform blog tersebut bisa menghasilkan uang dan juga bisa membuat pemiliknya pergi kemana-mana. Namun setelah ketemu Mbk Yuni dan suaminya, jadi tahu deh beragam manfaat blog bagi diri sendiri dan juga orang lain. Akhirnya pingin ikutan jadi blogger juga.

Blogger Lamongan

Semenjak memutuskan jadi blogger dan meninggalkan berbagai aktivitas pekerjaan lain. Yang saya lakukan pertama kali tentunya adalah belajar menjadi blogger yang baik dan berjejaring dengan blogger lainnya. Belajarnya secara otodidak lewat internet dan bertanya pada beberapa teman yang dikenal.

Tahun 2016, belum banyak nama blogger yang saya kenal. Dari Lamongan, ada komunitas Blogger Lamongan yang bernama Bandeng Lele. Founder dan anggotanya juga saya kenal baik. Semuanya berjenis kelamin laki-laki dan masih muda-muda. Meskipun saya tidak menjadi anggotanya, tapi pernah ikut dalam 2 event yang diadakan.

Dulu Komunitas Blogger Bandeng Lele merajai aktivitas dunia blog di Lamongan. Pihak pemerintah daerah Lamongan beberapa kali mengadakan kerjasama. Saya yang masih hijau dalam dunia blog, sebenarnya butuh buat buat pengembangan diri dan belajar banyak. Pinginnya ikut banyak kegiatan didalamnya.
Namun sayang karena kesibukan masing-masing anggota dan juga foundernya, komunitas Blogger Bandeng Lele sekarang sudah tidak ada.

Beberapa komunitas yang saya ikuti waktu pertama kali jadi blogger adalah Blogger Muslimah dan East Java Netizen. Hingga saat ini, seiring berjalannya waktu ada banyak komunitas blogger yang telah saya ikuti. Diantaranya : Blogger Perempuan Network, Blogger Crony, Blitz, Ning Blogger Surabaya dan yang paling baru ada Blogger Ruang Tunggu (BRT). Ada banyak manfaat yang saya rasakan dengan ikut dalam komunitas blogger tersebut.

Dengan beberapa teman Blogger Lamongan, saya juga membentuk komunitas lokal yang kami beri nama Komunitas Blogger Megilan.

Komunitas Blogger Megilan

Tahun 2018 saya mulai kenal satu blogger Lamongan pemilik blog trianadewi.com di salah satu event di Surabaya. Seneng rasanya punya teman yang berasal dari daerah yang sama. Lalu kemudian berlanjut di event lain, tambah lagi teman blogger Lamongan pemilik blog www.blogimsysanti.com Lagi-lagi eventnya di Surabaya. Kalau ada event kami berangkatnya jadi bertiga. Sampai beberapa lama, akhirnya ketemu juga dengan pemilik blog www.belalangcerewet.com yang awalnya saya kira domisili Jakarta, tapi ternyata tinggalnya di Lamongan.

Festival Millenial Berkarya
Kevin Hendrawan bersama para Blogger sebelum naik panggung Festival Millenial Berkarya

Setelah ketemu 3 orang blogger Lamongan ini, kami sering janjian ketemu di event-event Blogger. Jadi seneng deh ada banyak teman buat berbagi cerita dan juga teman selama perjalanan. Berangkatnya biasanya sendiri-sendiri, tapi pulangnya selalu bersama. Lumayan, bisa joinan ongkos juga. Ada Cara Menggunakan Transportasi Online yang bisa dimanfaatkan.

Kalau ada job-job ngeblog juga saling berbagi informasi. Prinsip kami, siapapun yang mendapatkan jobnya, itu sudah rejekinya. Kalau yang memberi informasi gak dapatkan jobnya tidak masalah, tidak ada rasa iri hati.

Balik lagi ke kisah kami. Karena seringnya janjian buat ketemu, akhirnya bikin grup WA buat komunikasi lebih intens. Kami saling berbagi informasi dan update berita. Terkadang diselingi curhatan juga. Dari grup WA tersebut akhirnya tercetuslah sebuah ide bikin komunitas buat Blogger Lamongan. Supaya solid

Buat penentuan namanya, tidak ada. perdebatan panjang yang ratusan chat. Kami ingin nama komunitas yang simpel dan identik dengan Lamongan. Akhirnya terpilihlah nama Komunitas Blogger Megilan sebagai wadah untuk berjejaring bagi Blogger Lamongan. Alasan dipilihnya nama ini juga panjang sekali, gak bisa dikupas disini. Yang jelas kata Megilan ini diambil dari ungkapan masyarakat Lamongan yang suka mengumbar kata “Lamongan Megilan” di berbagai kesempatan.

Komunitas Blogger Lamongan

Seiring banyaknya event yang diikuti, awal tahun 2019, anggota Komunitas Blogger Megilan mulai bertambah. Yang awalnya hanya 4 orang sekarang di tahun 2020 sudah beranggotakan 13 orang Blogger. Ada nama Fionaz, Fitri Areta, Malica Ahmad, Misteruddin, Elisa dan lainnya. Walaupun sama-sama berasal dari Lamongan tapi beberapa diantaranya hanya bertemu di dunia Maya, belum pernah kopdaran di dunia nyata atau ketemu secara langsung karena belum ada kesempatan.

Meskipun menyandang Blogger Lamongan tapi kami sering ikutan event kegiatan Blogger di Surabaya atau Gresik. Sebelum pandemi, hampir tiap weekend ada kegiatan Blogger di Surabaya. Maklum, Lamongan itu kota kecil jadi tidak ada brand/perusahaan yang mengadakan acara di sana. Kebanyakan dilakukan di Surabaya atau Gresik Jarak Lamongan-Surabaya juga lumayan dekat, jadi tidak masalah bolak-balik antar kota demi mendapatkan rejeki.

Fase Pandemi yang dimulai Bulan Maret 2020 hingga saat ini sudah tidak ada lagi event/kegiatan kumpul-kumpul yang kami lakukan. Semuanya sudah berganti online. Alhasil sudah tidak pernah ketemu langsung dengan teman-teman Blogger Lamongan maupun teman blogger lainnya. Tapi Alhamdulillah komunikasi terus terjalin lewat Grup. Kami juga saling menguatkan dan support satu sama lain.

Beberapa bulan yang lalu Komunitas Blogger Megilan sempat mengadakan challenge tulisan bertemakan Lamongan di blog masing-masing. Diantara tulisan saya ada yang berjudul Tongklek Sebagai Seni Musik Lamongan

Harapan kedepan semoga Komunitas Blogger Megilan bisa terus eksis dan bermanfaat bagi bangsa dan negara serta masyarakat yang membutuhkan informasi.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

9 Komentar

  1. Waah hebat ini mbak Munasyaroh, blogger penulis dan guru ya.. ? salam kenal dari saya.. semoga lancar terus pekerjaan ngeblognya ya..

  2. Rajin bgt ngikut komunitas sana sini 👍. Seru ya mbak jd blogger.. bnyk temen, bnyk aktivitas, bnyk job juga. Aamiin.

    1. Alhamdulillah, ada banyak teman yg punya minat yg sama jadi makin happy

  3. Wah senangnya bisa ketemu teman-teman blogger yang berasal dari satu deaerah. Pastinya kalau ada sebuah event keluar kota rasa kebersamaan semakin terasa. Pengen juga saya bertemu dengan teman-teman blogger yang satu daerah lalu mengadakan sebuah event bersama pasti sangat seru suasananya.

    1. Kalau pergi n pulang bareng sudah sering, klo ngadain kegiatan bareng yg belum

  4. Saya pernah ketemu Mbak Triana Dewi dan Misterudin juga Mas Belalang cerewet di event Klaska Residence awal tahun ini di Surabaya. Ada Mbak Muna juga nggak ya waktu itu?

    1. Lha kita kan foto bersama, masak lupa

  5. Selalu kompak dan solid untuk blogger Megilan ya mbak, karena biasanya mempertahankan itu yang sulit jika anggotanya mulai banyak, karena setiap orang punya pemikiran yang berbeda beda

    1. Betul banget, semoga terus berdama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *