Pencinta Buku Wajib Punya Aplikasi Audiobook Storytel

Membaca dan menulis menjadi hobi sekaligus kebiasaan yang saya lakukan sedari dulu. Saat fikiran lagi suntuk atau hati lagi jengkel dengan suatu keadaan membaca Novel Fiksi seperti Sapiens menjadi pilihan yang selalu saya lakukan. Dengan membaca buku, beban pikiran teralihkan dengan cerita yang digulirkan karena membaca buku mengalihkan duniaku

Setelah menamatkan ceritanya, ada energi baru yang merasuk ke dalam jiwa. Energi baru pasca membaca buku itu membuat saya jadi lebih ringan dalam beraktivitas. Ide-ide baru untuk menulis juga bermunculan. Hati jadi rileks dan lapang.

Menulis

Dulu saya membaca buku secara fisik. Ada banyak koleksi bahan bacaan TBM Bintang Brilliant yang bisa saya tamatkan seperti Novel Negeri Lima Menara, Ranah Tiga Warna hingga Rantau Satu Muara. Namun seiring perkembangan teknologi dan banyaknya aplikasi ebook, saya jadi keranjingan baca buku online.

Menurut saya buku online itu lebih praktis dan efisien. Gak perlu tenaga lebih untuk mencari cerita Novel yang diinginkan karena cukup ketik judulnya nanti akan keluar sendiri. Membacanya juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Gak perlu memberatkan tas bawaan karena bukunya ada di dalam smartphone kita.

Tapi membaca buku online menurut saya juga memiliki kekurangan. Mata jadi cepat lelah dan panas karena ada radiasi yang terpancarkan. Seringkali air mata keluar dengan sendirinya karena kelelahan, padahal jalan ceritanya lagi asyik-asyiknya. Saya pernah kayak gini waktu baca buku Mariposa. Kadang saya gak rela untuk meninggalkan ceritanya karena gak mau terus menerus penasaran. Lelah Mata pun tetap lanjut baca.

Selain itu, membaca buku online juga tidak bisa saya lakukan kalau lagi di kendaraan karena ada rasa pusing yang melanda kala melakukannya. Saat melakukan aktivitas rumahan seperti nyapu, masak, nyuci dsb saya juga gak bisa baca buku. Padahal baca buku adalah salah satu terapi pikiran buat saya.

Biar bisa menikmati buku cerita tanpa perlu terganggu dengan aktivitas harian dan juga bisa menemani saat perjalanan, Saya mencari cara baru untuk menikmati buku. Setelah ubek-ubek mbahnya informasi alias Mbah Google, saya menemukan storytel yang merupakan Aplikasi Audiobook yang lagi happening.

Tanpa perlu menunggu lama-lama, sayapun langsung download aplikasinya dan memanfaatkan fitur-fitur didalamnya.

Storytel Penyedia layanan Audiobook Indonesia

Storytel adalah penyedia layanan Audiobook Indonesia yang menyediakan lebih dari 150 ribu judul dari berbagai genre. Bukunya ada yang berbahasa Inggris dan ada yang berbahasa Indonesia. Melalui konsep baru menikmati buku dengan cara mendengarkan, Storytel menciptakan tren yang kian lama kian populer. Kumpulan novel Harry Potter Audiobook dapat dengan mudah ditemukan di sini.

Storytel

Isi Storytel yang berupa Audiobook dapat menghidupkan sebuah cerita dalam buku. Melalui suara yang dinarasikan oleh para seniman suara profesional, kita dapat melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan dengan cerita yang praktis dan mudah dinikmati di mana saja kapan saja.

Beberapa judul buku populer seperti halnya Dilan mudah sekali ditemukan. Buku lain dari penulis terkenal di Indonesia seperti :  Dewi Lestari, Tere Liye, Ika Natassa, Asma Nadia, Ahmad Fuadi, Pidi Baiq, dan Habiburrahman El Shirazy telah tersedia dalam platform ini. Artis kenamaan seperti Dian Sastrowardoyo, Adinia Wirasti, Fedi Nuril hingga Sissy Pricilia diajak bekerja sama untuk menarasikan audiobooknya.

Seiring berjalannya waktu, jumlah bukunya terus diupdate sehingga memberikan banyak pilihan bacaan yang menyenangkan. Ada banyak penerbit terkemuka di Indonesia yang digandeng oleh Storytel untuk menghasilkan perpustakaan audiobook Indonesia ini. Novel Game of Thrones hingga Chronicles of Narnia tak ketinggalan terus terupdate.

Saat ini Storytel menawarkan uji coba gratis selama tujuh hari untuk pengguna baru dan biaya berlangganan Rp 39 ribu per bulan selama periode promosi. Layanannya bisa diakses lewat aplikasi di Android dan Apple. Aplikasi Storytel untuk Android persyaratan minimumnya adalah Android 5, sedangkan Aplikasi Storytel untuk iOS persyaratan minimum iOS 13.

Keunggulan Aplikasi Audiobook Storytel

Asal mula Aplikasi Audiobook Storytel adalah dari Swedia. Karena konsepnya yang manarik dan dianggap populer, Aplikasi ini menjadi salah satu platform audiobook terbesar di dunia. Dari Swedia, Storytel ini telah hadir di 20 negara yang salah satunya adalah Indonesia.

Aplikasi Audiobook

Aplikasi audiobook global menawarkan ratusan ribu koleksi novel fiksi, buku best seller dan beragam rekomendasi buku terbaik lainnya. Ada novel fiksi populer dari luar negeri seperti Hunger Games, The Hobbit, Sang Alkamis, Fantastic Beasts dan masih banyak lagi.

Judul Novel dari dalam negeri juga banyak menghiasi. Seperti halnya Novel Ayat-ayat Cinta, Lupus, Filosofi kopi, hingga Novel Selamat Tinggal karya Tere Liye. Untuk mempermudah pengguna dalam menjelajahi semua koleksi audiobook, Storytel telah mengelompokkan bukunya dalam berbagai kategori buku. Ada 17 kategori buku yang bisa dipilih. Diantaranya Kategori romance,  Fiction, kids, Biography, Fantasy, Non Fiction, Hystory hingga Podcast. Kategori-kategori ini disesuaikan dengan kebutuhan dan juga keinginan penggunanya.

Selain itu ada banyak fitur unggulan yang ada di dalam Storytel. Fitur-fitur tersebut adalah :

  1. Filter buku berdasarkan abjad, penulis, narator, hingga tanggal rilis buku.
  2. Fitur Pencarian untuk memudahkan pengguna dalam mencari buku yang ingin didengar berdasarkan judul, pengarang dan narator. Kalau mau cari Novel Divortiare tinggal ketik saja di fitur pencarian.
  3. Fitur Save book untuk menyimpan buku-buku favorit supaya dapat di baca di lain waktu.
  4. Fitur Bookmark untuk menyimpan halaman  terakhir dari buku yang didengarkan.
  5. Kecepatan narator dalam membaca bisa diatur sesuai kebutuhan. Mau cepat bisa, mau lambat juga bisa.
  6. Buku dapat di download supaya dapat didengarkan ulang kapan saja walaupun nanti tiada jaringan internet.
  7. Fitur Statistik untuk menampilkan laporan aktivitas membaca dan mendengar buku dalam 30 hari terakhir.
  8. Ada Mode khusus anak yang menampilkan beragam koleksi audiobook khusus anak-anak. Untuk beralih ke mode anak atau mode biasa, terdapat password yang harus dimasukkan sehingga aman untuk seluruh keluarga.
  9. Biar gak takut kebablasan dalam mendengarkan, fitur target cerita dapat memudahkan mengatur berapa lama serta berapa buah judul buku yang akan didengarkan.
  10. Sebelum menikmati berbagai buku, ada detail dan deskripsi singkat di setiap audiobook yang akan didengar. Sehingga membuat pengguna bisa memilih mana yang sekiranya cocok didengarkan terlebih dahulu.

Pengalaman Menyenangkan Mendengarkan Cerita Novel Fantasi

Berhubung saya suka sekali dengan cerita fiksi Fantasi, maka genre itulah yang pertama kali saya klik. Mata saya langsung melihat deretan rekomendasi buku bergenre Fantasi seperti Dunia Sophie, Peonys World, The Magic Library, Dru dan Kisahima Kerajaan.

Audiobook Indonesia

Diantara judul tersebut saya langsung tertarik untuk menikmati Dunia Sophie karena ada nama Dina Sastro yang jadi naratornya. Suara Dian Sastro dalam pembacaan puisi di Film AADC menurut saya cukup tegas, namun ada bulir-bulir kelembutan didalamnya. Jadi saya pingin mendengarnya dalam versi yang berbeda.

Pilihan saya sungguh tepat, Cerita Fantasi Dunia Sophie yang dinarasikan oleh Dian Sastro membuat saya terbuai dan larut dalam ceritanya. Mendengar Audiobook tersebut membuat saya seakan-akan didongengin secara langsung oleh Dian Sastro.

Novel Duna Sophie adalah Novel terjemahan. Novel ini menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Sophie Amundsen yang tinggal dengan ibunya di pinggiran kota di Norwegia. Sebagai anak gadis empat belas tahun Sophie dia cukup energik dan memiliki ras penasaran yng tinggi.

Ketika Sophie menemukan surat berisi “Siapakah dirimu? Dari mana asalnya dunia?” yang dialamatkan pada Hilde Møller Knag, d/a Sophie Amundse, disitulah petualangannya dimulai. Dari surat Sophie mulai mempertanyakan soal-soal mendasar dalam kehidupan selama ini. Sampai akhirnya Sophie bertemu dengan pengirim surat misterius tersebut yang merupakan seorang filsuf kenamaan.

Kalau biasanya saya baca buku tanpa bisa aktivitas apapun dan hanya fokus menyelesaikan ceritanya. Melalui aplikasi Storytel Audiobook saya bisa menikmati Cerita sambil masak di dapur, mencuci pakaian, menyapu dan seabreg aktivitas lainnya. Cukup letakkan Smartphone dan pasang dengan volume kenceng, saya bisa mendengar ceritanya sambil beraktivitas.

Baca buku online

Kalau bepergian naik bis atau angkutan umum lainnya saya pakai Handset untuk mendengarkan ceritanya supaya tidak mengganggu orang lain. Begitu juga saat melam-malam menjelang tidur, saya menggunakan Handset supaya lebih syahdu.  Dengan mendengarkan Audiobook ini, indera penglihatan saya jadi lebih terjaga dan banyak istirahatnya.

Kesimpulan

Kalau dulu membaca buku menjadi hobi saya, untuk sekarang ini hobinya ditambah dengan mendengarkan Audiobook di Storytel. Mengetahui isi dan cerita buku dengan cara mendengarkan ini ternyata asyik juga. Pilihan bukunya yang beragam sangat memanjakan saya. Apalagi selain mendengarkan, di Storytel pengguna juga bisa menggunakan mode membaca di beberapa judul buku tertentu.

So aplikasi Storytel wajib ada di smartphone pecinta buku.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher Contact Person : email : sy4r0h@gmail.com Twitter : @Munasyaroh_fadh IG. : @Muns_Fadh

55 komentar di “Pencinta Buku Wajib Punya Aplikasi Audiobook Storytel

  1. kebayang gsih asiknya didongengin cerita kesayangan tiap waktu 🙂 bisa buat nyantai ya menikmati buku-buku santai sampai yang buku serius hehe

  2. Akhirnya aku download juga apps storytel. Suka banget dengerin cerpen anak-anak di sini. Soalnya ada backsound musiknya.

  3. Pecinta buku saat ini sedang dimanjakan dengan aplikasi storytel. Bagaimana tidak, jika kita tetap bisa beraktivitas dll, urusan buku dan membedahnya, bisa kita serahkan melalui system ya…

  4. Nah iya, akupun… Daripada membaca buku digital mendingan mendengarkan buku. Mata enggak capek tapi juga bisa sambil beraktivitas lainnya..

  5. aku juga menikmati storytel ini, suka sih karena fiturnya memudahkan penggunanya. apalagi saat kecepatan naratornya bisa dikondisikan sesuai kebutuhan ya heheh.

    pilihan bukuku kemrin karya buya hamka

  6. Penasaran nih sama aplikasi audiobook storytel. Kek nya membantu banget buat yang tidak sempat membaca buku secara fisik. Jadi ini semacam mendengarkan narator membacakan buku ya? Wah asikkk kek dengar radio. Ingat jadinya sama jaman dulu…hihi

  7. Asyik banget emang Storytel ini ya mbak, kapan lagi bisa dibacakan buku oleh dian Sastro. Hehehe.. plus kita bisa menikmati ratusan ribu buku lainnya. Mantap

  8. Saya yang terbiasa baca buku melihat tulisan teks sedikit tertantang untuk mencoba aplikasi Storytel nih. Makin mudah banget ya cukup pakai audiobook bisa mendengarkan isi buku langsung. No ribet lagi deh jaman sekarang ya,kak.

  9. Asik ya kalau menikmati bacaan dengan Storytel. selain bisa pilih bukunya, bisa juga pilih narator yang kita harapkan membacakan buku-buku yang buat kita penasaran.

    Wah, jadi pengen lekas unduh aplikasinya juga deh.

  10. Storyrtel ini serunya juga dilengkapi dengan mode anak yah, jadi akses untuk anak-anak bisa menyesuaikan batasan umur mereka ya. Anak juga bisa mengembangkan imajinasi mereka melalui cerita-cerita yang didengarkan lewat aplikasi ini.

  11. Bukan hanya pecinta buku yang suka storytell akan tetapi yg team mager males baca buku juga suka. Fitur mendengarkan cerita sambil rabaham atau melakukan aktifitas lain membuat storytell digemari.

  12. Kalau punya aplikasi storytel di ponsel, kegiatan membaca menjadi semakin menyenangkan ya. Kalau lagi santai bisa seperti membaca pada umumnya, tp kalau ada pekerjaan yg bisa disambi, bisa menggunakan audio. Keren.

  13. Saya pernah baca bukunya Dunia Sophie ini cuman gak kelar saking tebalnya, pas ada audiobooknya seneng banget dong bisa lanjutin ceritanya lagi sambil dengar suara mba Dian Sastro

  14. Pakai Storytel, menikmati buku makin asyik, bisa disambil melakukan kegiatan lain.

    Selain itu, para narator yang membacanya, sangat berkualitas, mampu membawa kita berimajinasi ke dalam cerita.

  15. Aku suka deh sama aplikasi ini. Dengan adanya audiobook jadi membantu orang orang yang gampang ngantuk untuk tau cerita suatu buku ya mba. Hehe.

  16. Bersama aplikasi audiobook storytel, memantik kita semua untuk terus membaca dengan kemudahan yang diberikan. Serunya nih yaa..bisa didengarkan kapan saja dan dimana saja. So happy~

  17. Wah jadi pengen berlangganan audiobook storytel. Bener aplikasi ini membantu bnget buat saya yang tdk sempat baca buku. Seperti mmg benar2 praktis ya?

  18. Betul nih, baca buku online lebih efisien banget.. Kapan pun, dimana pun, dan saat sedang beraktifitas pun bisa menyelesaikan buku kita.. Storytel ini memang recomended karna byak pilihan buku best seller jg..

  19. Hahai, samaan novel yang didengar. Saya juga langsung pilih Dunia Sophie karena emang suka ama ceritanya. Ditambah yang bacain DiSas, langsung tertarik dah.

  20. Serius aku punya buku dunia sophie tapi sampai sekarang belum selesai dibaca. Mending mendengarkan buku lewat storytel aja yaa.

  21. wah saya nih baru mulai lagi menyempatkan baca buku karena belakangan lagi super duper hectic, kayanya boleh dicoba juga yaa aplikasi Storytel nih, jadi bisa menikmati buku pakai cara baru

  22. Sejujurnya mataku juga nggak kuat lama-lama melihat layar gadget. Storytel audiobook ini jadi solusi banget buatku menikmati isi buku ketika mata lelah dan harus beristirahat.

  23. Setuju, Kak. Aku juga orang yang nggak bisa ninggalin bacaan kalau udah merasa ceritanya seru. Jadi terus baca meski mata udah perih.

    Untung sekarang ada Storytel ya, Kak. Jadi bisa mendengarkan audiobook dan nggak perlu sering nengok layar HP. Hehehe

  24. Sebentar lagi musim mudik, macet dan perjalanan panjang. Saya sarankan sebelum itu segera install dulu aplikasi storytel biar nanti di perjalanan bisa tetap asyik dengan membaca dan atau mendengarkan buku favorit

  25. Pecinta buku emang wajib punya storytel di smartphone nya. Apalagi kalau yang gak punya waktu untuk membaca buku kayak saya. Jadi sebagai pelipur hati, mendengarkan audiobook juga bisa jadi penyemangat.

  26. Betul banget deh kalau baca buku di perjalanan lama-lama suka pusing dan ngantuk. Kalo udah gini ganti ke aplikasi Storytel ya giliran telinganya yang dengerin buku. teman yg bagus nih buat mudik nanti jadi di perjalnan pun tetep bisa menikmati buku

  27. Storytel sangat membantu menemukan buku impian ya mbak. Saat ini orang lebih suka mendrngar ketimbang membaca. Dan lewat storytel ini membaca buku dialihkan ke aplikasi, karena pembaca diajak menikmati buku dengan suasana berbeda, yaitu mendengarkan cerita dalam buku yang kita baca.

  28. Kalau bepergian jadi serasa ada temennya banget ya mbak, karena gak iseng bengong. Jadinya lebih bermanfaat menyimak buku

  29. Hmmmm, bagi seorang blogger, membaca dan menulis memang bisa dibilang hobi sekaligus kebiasaan yang baik sih. Kalo ada aplikasi audiobook kayak Storytel, ya mending install aja deh, urusan baca buku jadi lebih mudah dan simpel. Nggak perlu capek baca teks tulisan. Cukup dengerin lewat audio saja. Bisa sambil melakukan aktivitas yang lainnya pula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas
error: Content is protected !!