Kontes

MEMBACA ADALAH BAGIAN HIDUPKU

Jika Berbicara tentang hobi dan kesukaan sehari-hari, maka “membaca” adalah item utama yang aku pilih dan aku lakukan. Sedari dulu kesukaan membaca ini sudah mendarah daging dalam kehidupanku karena aku sehari-hari tidak pernah terlepas dari buku dan membaca. Bila ada sebuah data dalam formulir atau biodata yang harus diisi, item hobi pasti langsung aku isi dengan membaca.

Banyak orang di sekitarku yang menyatakan kalo membaca itu membosankan, kelihatan kuper dan kampungan. Tapi aku tidak terpengaruh sama sekali. Bagiku membaca adalah sebuah aktifitas yang paling menyenangkan. Membaca memang tidak harus dari buku, bisa dari koran, majalah, papan pengumuman di jalan, petunjuk jalan, pamflet dan sebagainya. Status dan twet teman juga adalah jenis bacaan yang bisa dibaca. Namun membaca buku tetap menjadi favoritku. Dimanapun aku berada, aktifitas membaca tidak pernah lepas dari hidupku.

20150626_092132.jpg

Saat bepergian, buku adalah benda wajib yang harus dibawa dan mesti ada di tasku. Buku adalah teman paling setia saat perjalanan jauh, baik di kereta api, bis maupun pesawat. Buku juga dapat menjadi teman paling asyik saat menunggu antrian di bank atau tempat-tempat umum lainnya. Ketika ada masalah atau sedang galau, membaca buku adalah salah satu pelarianku karena dengan membaca buku fikiran dan otak refresing dan berkelana sejenak kedalam isi buku. Saat mencari sebuah referensi  tentang berbagai hal, membaca buku adalah rujukan utamaku.

Karena banyaknya aktifitas dan kesibukan ada kalanya tidak sempat membaca buku dalam sehari. Hal itu kadang membuatku merasa ada yang kurang dalam keseharianku, seperti rasa sayur tanpa garam. Jika punya banyak waktu senggang, aku pasti tidak membuang kesempatan untuk  menyalurkan hobiku membaca buku sepuasnya.

Aku sendiri tidak tahu persis, kapan dan bagaimana mulanya aku punya kesukaan membaca buku.  Mungkin sejak aku bisa membaca huruf dan kalimat sederhana untuk pertama kalinya, atau mungkin sejak awal masuk sekolah dasar. Yang kuingat semenjak kecil aku sudah senang sekali membaca buku, baik buku pelajaran maupun buku-buku cerita anak.

Seabrek manfaat telah aku dapatkan dari hobi dan kesukaanku membaca buku. Dengan membaca buku, aku bisa tahu banyak hal. Dengan membaca aku bisa melepas segala kejenuhan dan permasalahan dalam otakku. Dengan membaca buku aku bisa berpetualang kemana-mana tanpa perlu beranjak dari rumah. Banyak kosa kata baru yang aku dapatkan dari aktifitas membaca buku ini dan bisa membuatku seperti sekarang ini. Dari Kelas satu sekolah dasar hingga sekolah menengah atas alhamdulillah aku selalu dapat ranking satu. Predikat Cumload di Perguruan Tinggipun aku dapatkan berkat kesukaanku yang besar dalam membaca buku.

Seperti yang telah banyak dipaparkan di artikel-artikel lainnya, hobi membaca itu sangat banyak manfaatnya baik dimasa kini dan masa mendatang. Banyak orang-orang sukses karena ditopang oleh kesukaannya membaca. Walaupun teknologi sekarang ini semakin canggih, namun aktifitas membaca tetaplah menjadi suatu hal yang tak tergantikan. Peluang kerja bagi orang yang suka membaca buku juga sangat beragam dan menjanjikan. Mulai dari blogger, editor, pustakawan, peneliti, penulis dan sebagainya. Profesi seperti itulah yang aku jalani saat ini dan lagi-lagi semuanya itu tak terlepas dari hobiku yakni membaca buku

Karena begitu banyak manfaat yang aku rasakan dari membaca buku, aku ingin menularkan virus hobi membaca ini kepada orang-orang disekitarku. Agar lebih banyak orang yang suka membaca dan bisa merasakan manfaat dari membaca. Berbekal koleksi buku-buku yang aku punyai selama ini. Akupun mencoba membuat dan mendirikan sebuah rumah baca/perpustakaan kecil yang diperuntukkan untuk umum dirumahku.  Alhamdulillah keinginanku tersebut bisa terwujud tanpa kendala yang berarti. Rumah Baca/Perpustakaan kecil tersebut bisa terwujud dan aku beri nama Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bintang Brilliant.

TBM yang aku dirikan dan kelola ini tidak memungut biaya apapun alias gratis. Karena memang tidak ada niat untuk mengkomersialkannya. Respon masyarakat dengan keberadaan Taman Bacaan Masyarakat ini luar biasa bagus. Tidak ada seorangpun yang menentangnya semua menyambut dengan senang hati. Banyak orang baik anak-anak, remaja maupun dewasa yang keluar masuk ke rumahku untuk meminjam buku. Walaupun sarana dan prasarana dalam TBM masih banyak keterbatasan namun setidaknya bisa sedikit membantu orang-orang yang suka membaca seperti aku.

Banyak anak-anak yang sebelumnya tidak suka membaca jadi ikut-ikutan membaca karena terpengaruh dengan temannya. Hal itu memberikan kebahagiaan tersendiri bagiku. Aku jadi makin suka membaca buku karena punya banyak teman untuk berbagi.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

41 Komentar

  1. Tri Wahyudi says:

    gimana ya biar membaca bisa jadi hobby..hhmmp

  2. PRADA NA says:

    inspiratif banget gan

  3. iyan says:

    Wah, hebat sekali agan ini. harus ditiru nih

  4. Billy Aditia says:

    Inspiratif sekali artikelnya:) Semangat terus ya bu! Saya berlangganan ke blog ini hehe

  5. Ikhsan says:

    Ilmu memang tidak pernah habis, karena membaca adalah sumber pengetahuan. Saya sendiri suka membaca

  6. Sugih says:

    Selalu Semangat Untuk Bca bukunya

  7. Yuda says:

    Membaca adalah salah satu hobi yang ga boleh dipandang sebelah mata.. karena mengingat hobi ini memiliki manfaat yang luar biasa berguna

    1. Munasya says:

      tapi msih bnyak yg pandang sebelah mata dan tidak suka baca πŸ™

  8. Wah mantaap gan saya juga hoby mmvaca bahkan sampai mata minus di buat nya hehe

  9. seohattricks says:

    Tapi kadang baca tanpa ada gambarnya boring juga gan….kebanyakan gambar kayak komik juga jadinya ngelihatin gambar bukan baca. Akhirnya pilih2 buku dech….kecuali buku yg sesuai minat….gpp kan ya?

    1. Munasya says:

      Yg pnting mnfaatnya buat kita

  10. Yanto Bant says:

    Membaca memang banyak manfaatnya

    1. Munasya says:

      sepakat …… πŸ˜‰

  11. Yulia Eka W says:

    ane jadi ngiri dengan hobi n prestasinya

  12. noval ikbar says:

    wow luar biasa dari membaca bisa mendirikan taman baca

  13. Ahmad Syahril says:

    lanjutkan ide-ide dan semangatnya

    1. Munasya says:

      mohon doanya ja …..

  14. terinspirasi,! nice info,,

  15. alexander radianta says:

    Membaca dapat menambah wawasan πŸ™‚ thanks gan buat artikel nya.nice article

  16. Wahib says:

    Sebagai pelajar, tak sehari pun saya tak pegang buku. “Pegang doang” loh yaa.. hehe

    1. Munasya says:

      Kok cuma dipegang? πŸ˜› dibaca dong …….

  17. kebetulan aq juga suka baca kak,makasih buat artikelnya ya

  18. Tito Putra Pamungkas says:

    salut ni, artikel yang pantas dicontoh (Y)

  19. Yusril Ganteng says:

    Buat saya yang malas baca gimana ya?
    saya ingin membaca tapi pas membaca dah 5 menit langsung malas
    gimana cara tidak malas ya?

    1. Munasya says:

      ngumpul ama org2 yg suka baca insyaallah ikut tertular.
      Tapi klo baca status teman n twet gk males kn ?

  20. Joe Iswandi says:

    benar kata pepatah : buku itu adalah jendela dunia

  21. Windasari says:

    Patut ditiru dan dicontoh

  22. Dalem gan bahasanya, keren πŸ˜€

    1. Munasya says:

      Aku bukan pujangga lho

  23. Saya juga terkadang mengambil materi dari buku untuk di publikasikan ke website, nice artikel gan πŸ™‚

    1. Munasya says:

      Mencari inspirasi dan ilmu dari buku πŸ˜‰

  24. Imam Firdaus says:

    Nice gan, Membaca Jendela Dunia

    1. Munasya says:

      Dengan membaca kita bisa tahu isi dunia

  25. yaa begitulah pasti orang yg sering membaca buka sering/banyak yg bilang kutu buku/kuper padahal kan dngan membaca kita tau smua

    1. Munasya says:

      setuju ……

  26. Artikel nya keren gan… Jadi nambah smangat utk baca thanks gan πŸ™‚

    1. Munasya says:

      Suka baca juga rupanya. ayo sukseskn gerakan Indonesia membaca

  27. Hasni says:

    selalu semangat kakak ……

    1. Munasya says:

      thanks…

  28. Fadil says:

    Semangatnya patut di tiru, semangat berbagi ilmu dengan sesama

    1. Munasya says:

      Bismillah… semoga Allah meridhoi

Tinggalkan Balasan ke Tito Putra Pamungkas Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *