ANYANG-ANYANGAN DAN CARA MENGATASINYA

Pernahkah Anda mengalami sakit saat buang air kecil dengan frekuensi yang sering dan berulang. Tapi yang dikeluarkan hanya sedikit? Saya sendiri pernah mengalaminya. Saat itu saya mengira hal itu dikarenakan tubuh yang terlalu capek dan fikiran stres. Saya bolak balik ke kamar kecil dan rasanya sungguh gak enak. Meskipun sudah beristirahat beberapa hari dan mencoba terapi pijat, namun hal itu tidak membuahkan hasil yang signifikan. Rasa sakit saat buang air kecil masih kerap terasa dan sembuhnya lumayan lama.

Saya pun mencoba mencari tahu tentang jenis penyakit tersebut dan akhirnya menemukan banyak artikel yang membahas tentang hal tersebut. Gejala yang saya alami itu adalah gejala penyakit anyang anyangan. Anyang-anyangan adalah salah satu indikasi dari penyakit infeksi saluran kemih. Gejala dari penyakit ini ditandai dengan rasa ingin selalu ingin buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh dan kadang disertai darah, bau urin yang menyengat. Pada wanita disertai nyeri pada panggul dan pada pria, biasanya akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.

Anyang-anyangan

Berbeda dengan pemahaman saya sebelumnya, ternyata anyang anyangan bukan disebabkan karena tubuh yang capek atau fikiran Stress. Penyebab anyang-anyangan adalah karena adanya infeksi saluran kemih dan kebiasaan sering menahan kencing.

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh berbagai bakteri dan kuman di antaranya bakteri Escherichia Coli atau yang lebih dikenal dengan bakteri E.Coli, juga bakteri Pseudomonas dan bakteri Klebsiella. Kurangnya kebersihan pada daerah kemaluan dapat mendorong masuknya bakteri-bakteri tersebut ke dalam saluran kemih. Bakteri tersebut biasanya berasal dari daerah anus atau dubur.

Karena pendeknya jarak anus dan kemaluan pada wanita, maka biasanya anyang anyangan sering menyerang wanita. Meskipun tidak tertutup kemungkinan para pria juga mengalaminya. Kurangnya kebersihan pada celana dalam yang digunakan juga bisa menyuburkan pertumbuhan bakteri tersebut, baik pada pria ataupun wanita.

Meski tampak remeh, namun jika tak segera diobati maka bakteri bisa saja berkembang biak semakin banyak, lalu mulai memasuki saluran kemih bagian atas yang berpotensi sampai ke area ginjal. Ginjal yang terinfeksi bisa berakhir pada gagal ginjal. Jadi jangan pernah meremehkan penyakit anyang-anyangan ini.

Selain masalah kebersihan, kurangnya asupan air putih juga dapat menimbulkan anyang-anyangan. Kekurangan air tersebut akan diperparah apabila disertai dengan aktivitas fisik yang berat seperti berolahraga dan lain sebagainya.

Cara mengatasi anyang-anyangan dapat dilakukan dengan metode tradisional seperti mengikat jempol kaki selama 10 menit dan menggunakan metode pijat refleksi. Untuk hasil yang optimal dan lebih baik, anyang-anyangan dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah yang kaya akan antioksidan proantocyanidin yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

Buah Cranberry adalah salah satu buah yang mengandung banyak antioksidan dan mampu mencegah menempelnya bakteri E. Coli di saluran kemih. Buah Cranberry tampilannya mirip dengan blueberry hanya berbeda pada warnanya saja. Manfaat nutrisi buah cranberry tidak hanya mampu mengusir bakteri jahat yang menempel pada dinding saluran kemih saja, namun juga dapat membantu kerja ginjal, menyehatkan kulit, efektif menekan darah tinggi, melancarkan pencernaan, serta sangat baik untuk para penderita diabetes.

Baca juga : Tubuh Sehat, Aktivitas dan Traveling Lancar

Di era modern saat ini, Ekstrak buah cranberry mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Prive Uri-cran adalah salah satu produk kesehatan modern yang mengandung 100% ekstrak buah cranberry. Untuk menjaga saluran kemih dan mengatasi susah buang air kecil saat penyakit anyang-anyangan datang, kita tidak perlu bersusah payah mencari buah cranberry dan mengolahnya untuk diminum. Dengan Prive Uri-cran, kita bisa mendapat asupan ekstrak buah cranberry dengan cara yang lebih praktis.

Prive Uri-Cran
Kemasan Prive Uri-Cran

Ada dua jenis Prive Uri-Cran, yaitu berbentuk kapsul dengan nama Prive Uri-Cran, dan dalam bentuk powder sachet dengan nama Prive Uri-Cran Plus. Kedua jenis produk ini berbeda dalam komposisinya. Prive Uri-Cran Kapsul berisi 250 mg Esktrak Cranberry, sedangkan Prive Uri-Cran Plus dalam powder sachet berisi 375 mg dengan komposisi ekstrak cranberry yang dikombinasi dengan Vitamin C, dan probiotik Lactobacillus acidophillus dan Bifidobacterium Bifidum. Kemasan praktis Uri-Cran memungkinkan siapapun untuk membawanya kemanapun tanpa ribet.

Yang menyukai kemasan kapsul dapat mengosumsinya sebanyak 1-2 kapsul sehari. Sedang yang tidak nyaman minum kapsul bisa memilih Prive Uri-cran kemasan Powder yang bisa diseduh dengan air lalu diminum sebanyak 1-2 sachet/hari. Rasanya ternyata tidak pahit sama sekali. Justru rasanya enak, segar dan manis, sama seperti meminum jus buah. untuk informasi lebih jelas dapat mengunjungi http://www.uricran.co.id

Cara Mencegah Anyang Anyangan

Sebelum berbagai rasa sakit akibat anyang anyangan tersebut datang, alangkah baiknya jika kita bisa mencegahnya. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut adalah beberapa cara mudah agar kita tidak mudah terkena anyang anyangan:

  1. Menjaga kebersihan di sekitar organ intim dan saluran kemih secara optimal.
  2. Untuk wanita, membiasakan membasuh organ intim dari arah depan ke belakang.
  3. Menggunakan selalu pembersih organ intim yang memiliki pH seimbang.
  4. Rutin mengganti celana dalam.
  5. Tidak terlalu lama menahan jika ingin buang air kecil.
  6. Buang air kecil ketika bangun tidur untuk membersihkan berbagai bakteri dalam tubuh.
  7. Rutin minum air putih.

Itulah sekilas pembahasan tentang anyang-anyangan dan cara mengatasinya. Jika ada tambahan, pertanyaan atau sanggahan bisa ditulis di kolom komentar. Jangan lupa follow akun Twitter saya @Munasyaroh_fadh untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini.

One Comment

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!