Hal Kecil Berikut Bisa Bantu Menyelamatkan Bumi Dari Kerusakan

Lihatlah kondisi lingkungan hidup di sekitar kita, makin hari makin memprihatinkan. Polusi dimana-mana, kerusakan lingkungan juga semakin merajalela. Perlu upaya dan perhatian dari semua pihak untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan lingkungan yang makin parah.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat serta ramah bagi kehidupan kita di masa kini dan masa mendatang. Tidak perlu melakukan hal-hal besar yang menguras kantong dan menguras pikiran. cukup melakukan hal-hal kecil yang mudah, murah dan praktis di lingkungan sekitar anda

bumi
Lakukan hal kecil untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan

Lingkungan yang sehat bisa dimulai dari diri sendiri dan di lingkungan sekitar kita dengan melakukan hal-hal kecil dan sepele.  Salah satunya bisa dilakukan di tempat kerja.

Baca juga : Cara Membuat Pupuk dari Enceng Gondok

Sebagian orang tentu banyak menghabiskan waktu ditempat kerjanya. Ada banyak hal kecil yang bisa bantu menyelamatkan bumi dari kerusakan di tempat kerja anda sehari-hari.  Beberapa diantara adalah sebagai berikut :

  1. Menghemat kertas

Kertas dibuat dari bubur kayu yang diolah, dan kayu didapat dari pohon. Menghemat kertas berarti menghemat pemakaian kayu sehingga pohon yang ditebang juga makin berkurang. Untuk menghemat kertas di kantor, bisa dilakukan dengan cara memakai potongan-potongan kertas  yang tidak terpakai untuk catatan atau draf rancangan kerja. Atau jika untuk keperluan internal, bisa menggunakan kertas bekas pakai untuk amplop, fotokopi, selebaran, pengumuman dan sebagainya.

Jika memungkinkan bisa dengan menggunakan email atau pesan pribadi di ponsel untuk menyebarkan pengumuman dan undangan. Hal itu tentu lebih cepat, praktis dan lebih bermanfaat dibandingkan dengan memfotocopi kertas dan membagikannya satu-satu.

  1. Mematikan listrik

Mematikan listrik di tempat-tempat yang tidak digunakan bisa menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan. Apabila ruang kerja memiliki jendela yang lumayan, alangkah baiknya jika memanfaatkannya untuk sarana penerangan. Jika keluar dari ruang kantor untuk jangka waktu yang agak lama, sebaiknya komputer atau alat-alat listrik lainnya yang tidak digunakan dimatikan. Hal itu selain untuk menghemat penggunaan listrik juga meminimalisir terjadinya konsleting dan kebakaran. Radiasai cahaya juga jadi jauh berkurang.

  1. Menaruh Tanaman Dalam Ruangan

Tanaman adalah salah satu media yang ampuh untuk perputaran sirkulasi udara alami. Menaruh tanaman atau bunga di dalam pot di sekitar tempat kerja bisa memberikan efek segar dan juga menambah oksigen dalam ruangan.  Menanam tanaman di lingkungan sekitar juga sangat disarankan karena menjadi salah satu cara ampuh menciptakan lingkungan yang sehat dan asri.

  1. Menggunakan Transportasi Ramah Lingkungan

Jika tempat kerja lumayan dekat penggunaan sepeda atau jalan kaki bisa menjadi salah satu cara kecil menyelamatkan bumi dari kerusakan. Disamping baik untuk lingkungan sekitar juga baik untuk kesehatan badan.  Namun jika tempat kerja lumayan jauh dan harus menggunakan kendaraaan pribadi, maka pilihlah alat transportasi atau kendaraan yang ramah lingkungan, mimim polusi dan hemat bahan bakar.

 

Dengan gaya hidup yang ramah lingkungan yang dimulai dari tempat kerja, siapapun bisa memberikan dampak yang baik bagi lingkungannya dan menyelamatkan bumi dari kerusakan. Bagaimana dengan anda ? apa yang sudah anda lakukan ? tulis di komentar za …..

14 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!