PEMBUKTIAN MANFAAT SERAI UNTUK MENGUSIR NYAMUK

Nyamuk adalah salah satu binatang kecil yang keberadaannya sangat mengganggu manusia. Baik di musim kemarau maupun musim hujan, nyamuk selalu ada. Hewan yang suka menghisap darah ini kerap menimbulkan masalah kesehatan, mulai dari badan yang bentol-bentol hingga penyakit Demam berdarah serta malaria.

Berbagai obat anti nyamuk telah dibuat oleh pabrik untuk menanggulangi keberadaan nyamuk ini. Mulai dari obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot hingga lotion anti nyamuk. Penggunaan obat-obat tersebut memang bisa menimalisir keberadaan nyamuk di sekitar kita. Namun obat dan produk pegusir nyamuk tersebut banyak mengandung bahan insektisida pembunuh serangga atau bahan kimia yang kurang ramah lingkungan. Beberapa kalangan menyebutkan bahwa obat nyamuk bakar bahayanya setara dengan 100 batang rokok, sedangkan obat/lation anti nyamuk mengandung racun yang berbahaya bagi kulit.

Baca juga : Manfaat Bawang Putih Untuk Kulit dan Wajah

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan informasi dari sebuah grup whatsapp bahwasanya tanaman serai bisa digunakan sebagai ‘obat nyamuk’ atau lebih tepatnya obat pengusir nyamuk. Baik dalam bentuk minyak olahan maupun dalam bentuk asli tanpa diolah, tanaman Serai ampuh mengusir nyamuk sejak zaman dahulu. Serai mengandung minyak asiri yang dalam dunia perdagangan disebut dengan citronella oil. Minyak sitronela ini ampuh digunakan sebagai pengusir serangga yang salah satunya bernama nyamuk.

Serai untuk mengusir nyamuk
Tanaman serai yang bisa tumbuh dimana saja

Zaman dulu, serai digunakan oleh para petani ketika sedang berkerja di ladang. Caranya dengan meremas daun serei dan menggosokkannya langsung ke kulit atau bisa juga dicampurkan dengan minyak kelapa. Berbekal informasi tersebut, sayapun ingin membuktikan kebenarannya. Di sekitar tempat tinggal saya banyak tumbuh tanaman serai. Karena serai merupakan tanaman yang mudah tumbuh dengan cepat dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Saya memang sengaja menanamnya sebagai persiapan jika sewaktu-waktu membutuhkannya. Serai juga tersedia banyak di pasar tradisional dengan harga yang relatif murah.

Serai yang biasanya hanya digunakan untuk bumbu dapur dan minuman hangat (wedang) pengen saya aplikasikan untuk mengusir nyamuk. Alat yang digunakan juga simpel dan tidak ribet. Dengan hanya berbekal alat pisau dan piring, saya mencoba membuktikan manfaat tanaman serai untuk mengusir nyamuk.

Pertama-tama saya mengambil 3 batang serai lalu memotongnya (mengirisnya) menjadi bagian bagian yang tipis. Potongan serai tersebut saya taruh di wadah piring dan kemudian meletakkannya begitu saja di pojok kamar yang biasanya terdapat banyak nyamuk.

Serai untuk mengusir nyamuk
Irisan serai yang diletakkan di wadah piring

Pada hari pertama dan kedua, berdasarkan pengamatan saya, kehadiran nyamuk berkurang drastis. Pada siang hari, Nyamuk nyamuk tersebut nyaris tak ada. Saat malam hari, memang masih ada beberapa nyamuk yang nekat hinggap di badan, namun dapat dengan mudah dipukul dan mati. Ruang kamar juga jadi lebih segar karena beraroma serai.

Di hari ketiga dan keempat, nyamuk juga masih minim walaupun sesekali ada juga yang nangkring. Berhubung di Kabupaten Lamongan tempat tinggal saya berhawa panas, di hari kelima irisan serai yang saya taruh dalam wadah piring mulai kering. Baunya juga sudah tidak ada. Di hari keenam saya mengambil batang serai lagi dan mengirisnya tipis tipis lalu menaruhnya lagi di wadah piring tersebut. Dengan demikian, nyamuk nyamuk tidak ada kesempatan untuk mengganggu lagi.

Serai untuk mengusir nyamuk
Batang tanaman serai

Kesimpulan : Manfaat serai untuk mengusir nyamuk ternyata terbukti benar.

Penggunaan serai untuk mengusir nyamuk sekarang ini lebih saya sukai. Selain biayanya murah, juga ramah lingkungan. Bau obat nyamuk bakar yang menyengat juga sudah tidak ada lagi. Bagaimana dengan anda? Apakah sudah mencoba cara ini atau jangan-jangan sudah menggunakan serai untuk mengusir nyamuk sejak lama. Ayo share dan berkomentar.

21 thoughts on “PEMBUKTIAN MANFAAT SERAI UNTUK MENGUSIR NYAMUK

  1. Wah ini tips yang berguna banget, karena kalo pakai obat nyamuk bakar malah berasa sesak nafas. Kalo pakai serai ini nambah satu manfaat lagi yaitu mengharumkan ruangan. Makasih Mba tipsnya

  2. serai murah banget kak… btw aku pernah nyobain rebus serai buat ditaroh di wadah obat nyamuk cair elektrik. g berhasil sih… ahaha.. keknya aku salah… yang dipake di isi sebelumnya kan bentuk minyak atsiri yg udah diolah lagi… yg aku bikin bentuk air….dan akhirnya kebuang…. hahah. btw aku coba de pake trik ini ntar..

  3. Waaahh baru tau aku kalau daun serai ini bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Boleh ah dicoba. Apalagi di pojokan rumah ya kudu ditaruh piring berisi potongan daun serai ini. tks infonya sangat bermanfaat nih.

  4. Kayaknya perlu dicoba ne mbak! Saya suka barang2 alami dari tumbuhan ditarok di kamar. Selama ini untuk pewangi kamar, saya tarok bunga kenanga, kalau untuk mengusir nyamuk, kayaknya boleh ne kita coba irisan serai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RELATED POST

Tips Perawatan Wajah Secara Alami untuk Kulit yang Sehat

Tidak heran jika setiap orang memperhatikan wajahnya dan melakukan berbagai tips perawatan wajah. Karena wajah menjadi aset utama dalam urusan…

Cara Cerdas Menghemat Listrik Pada Gedung

Permasalahan yang sering terjadi pada sektor industri atau perusahaan diantaranya adalah adanya pemborosan listrik yang terlalu besar. Biaya listrik pada…

Review Perjalanan Blog Munasya.com Tahun 2019

Hari ini kalender telah berganti, saya ucapkan Selamat Tahun Baru 2020 kepada para sahabat semuanya. Seperti di 3 tahun sebelumnya,…

Fenomena Ikan Mabuk di Sungai Bengawan Solo

Pemandangan berbeda terlihat di sepanjang bantaran sungai Bengawan Solo pada tanggal 18-20 Desember kemarin. Mulai dari bentaran sungai Wilayah Bojonegoro,…

error: Content is protected !!