Sosial

Manfaat Whatsapp Grup Dalam Keseharian

Whatsapp saat ini menjadi salah satu aplikasi perpesanan instan yang paling laris di unduh oleh masyarakat dunia. Dalam penggunaannya, Aplikasi Whatsapp tidak memerlukan pulsa selayaknya sms, namun hanya membutuhkan paket data Internet (EDGE / 3G/ 4G) ataupun wifi.

Manfaat Aplikasi Whatsapp yang dapat mengirimkan file, pesan, gambar, video, foto dan obrolan online secara cepat dan mudah membuat aplikasi ini sangat trend di semua kalangan. Sekarang ini hampis semua orang yang memiliki smartphone punya aplikasi whatsapp di dalam smartphonenya.

Manfaat Whatsapp Grup

Saya mengenal aplikasi whatsapp sejak tahun 2010. Saat itu saya masih menggunakan ponsel keluaran China yang sekarang namanya sudah tidak ada alias sudah punah. Namun aplikasi Whatsapp saat itu sudah bisa diinstal di dalamnya.

Kemudahan dalam penggunaan dan kecepatan dalam komunikasi membuat saya sangat senang dengan aplikasi ini. Meskipun sudah sering kali berganti ponsel, namun whatsapp menjadi aplikasi wajib yang harus ada di dalam ponsel saya. (Baca juga : 3 Aplikasi Android Untuk Edit Foto)

Grup Whatsapp / Whatsapp Grup

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan umat manusia, Aplikasi Whatsapp terus diupdate. Jika sebelumnya hanya bisa melakukan chatting atau kirim pesan antara 2 orang saja. Whatsapp kemudian mengembangkan fitur baru bernama Whatsapp Grup.

Adanya Whatsapp Grup ini tentunya disambut dengan antusias oleh para penggunanya. Manfaat Whatshap Grup jauh lebih banyak daripada Whatsapp yang digunakan secara personal atau dua arah.

Semua orang yang memiliki aplikasi Whatsapp dalam Smartphonenya pasti masuk dalam beberapa grup Whatsapp. Ada grup WA organisasi, grup WA untuk kerja, grup WA keluarga, hingga grup WA alumni. Gup WA untuk jualan dan promosi juga ada. Bahkan ada juga grup WA yang gak jelas untuk apa, hanya sekedar untuk senag-senang saja.

Saya sendiri tergabung di sekitar 50 grup Whatsapp. Sebagian besar adalah grup yang dibuat untuk project tertentu urusan blog Coretan Dari Desa ini. Sebagian lagi adalah grup murni untuk komunikasi. Karena terlalu banyak, sebagian besar saya silent supaya suaranya tidak mengganggu aktivitas. Hanya beberpa grup yang saya rasa cukup penting saja yang pemberitahuannya diaktifkan.

Untuk masuk dalam WA grup bisa dilakukan dengan dua cara yakni dimasukkan oleh admin grup tersebut dan melalui link WhatsApp yang dibagikan oleh adminnya. Admin Grup WhatsApp memiliki peran penting dalam grup tersebut, disamping bisa memasukkan anggota juga bisa mengeluarkan anggota grupnya. Jadi kalau ingin stay di grup WhatsApp tertentu, baik-baikin adminnya ya…..

Manfaat WhatsApp Grup

Berbagai grup whatsapp tentunya sangat menunjang saya baik dalam segi penghasilan, pergaulan maupun keseharian. Berikut ini adalah beberapa manfaat Whatsapp Grup yang saya rasakan :

1. Menyambung Hubungan Yang Terputus

Jika dulunya bisa ketemu langsung dan kumpul bersama di dunia nyata, tapi karena jarak dan kesibukan jadinya tidak bisa dilakukan lagi. Adanya Grup Whatsapp alumni, baik alumni sekolah, alumni PT maupun alumni sebuah kegiatan, dapat menyambung kembali tali silaturahmi yang terputus. Para anggota tetap bisa saling komunikasi antara satu dengan yang lain walaupun tidak bisa berkumpul bersama lagi. Perjalanan Komunikasi Dengan Teman Lama dapat terus tersambung di grup whatsapp alumni.

2. Dapat Daftar Kontak Gratis

Dalam satu grup Whatsapp biasanya ada banyak sekali anggotanya. Yang memasukkann juga beda-beda. Sebagian besar adalah orang yang tidak kenal sebelumnya/tidak tahu kontak Hpnya.

Manfaat Whatshap Grup memungkinkan saya untuk mempunyai banyak kontak tanpa perlu menyimpan nama dan kontaknya. Kalau lagi butuh kontak teman, tetangga atau orang yang berhubungan dengan permasalahan dan sebelumnya tidak ada di daftar kontak, saya bisa langsung nyari kontaknya di grup dan japri langsung. Gak perlu susah-susah tanya ke orang lain.

3. Dapat Informasi Penting

Seringkali anggota dari sebuah grup, copas informasi yang ia dapatkan ke grup lainnya. Hal itu mempercepat berkembangnya informasi yang didapatkan oleh anggota grup. Terkadang informasi tersebut tidak saya ketahui sebelumnya dan ternyata sangat penting bagi saya.

Informasi adanya job maupun adanya sebuah kegiatan sering saya dapatkan di grup-grup Whatsapp yang saya punyai sehingga saya gak ketinggalan informasi. Saya bisa mendapatkan informasi mengenai Digital Agency Jakarta dan juga informasi lainnya juga dari whatsap Grup.

4. Punya Banyak Kenalan Baru

Adanya grup Whatsapp membuat saya punya banyak kenalan-kenalan baru. Mereka ini tentunya berasal dari berbagai pelosok daerah dengan segala kelebihannya yang tidak pernah saya kenal sebelumnya. Dengan adanya kenalan baru tentunya banyak hal baru yang saya dapatkan. Saya juga bisa membangun jaringan baru.

5. Sarana Hiburan

Grup Whatsapp ternyata juga bisa digunakan sebagai hiburan pelepas lelah dan penghalau galau. Di grup pastinya banyak berseliweran postingan meme lucu, cerita lucu atau bahasan topik yang lucu dari anggota grup lain. Ini tentunya cukup menghibur, terutama jika rasa suntuk melanda. Terkadang ketawa ketiwi sendiri saat baca chatingan di Grup Whatsapp.

6. Media Promosi

Whatsapp Grup bisa menjadi sarana Social Media Marketing yang mumpuni. Dalam sebuah Grup Whatsap terdapat ratusan anggota. Dengan sekali mengirim pesan yang berbau promosi, pesan tersebut bisa dilihat dan dibaca oleh semua anggotanya. Kalau ada yang tertarik dengan produk yang ditawarkan biasanya orang tersebut japri atau bertanya lebih lanjut. Jadi sarana promosi yang mudah, cepat dan murah

Itulah beberapa manfaat Whatsapp Grup yang saya rasakan. Meskipun manfaatnya banyak, namun Kerugian masuk dalam Banyak Grup WhatsApp juga ada lho. Setiap orang tentunya mempunyai pemikiran dan pendapat sendiri-sendiri. Bisa jadi apa yang saya rasakan diatas berbeda dengan apa yang dirasakan oleh orang lain karena kehidupan masing-masing orang berbeda.

Bagaimana dengan anda? Apa saja manfaat Whatsapp Grup yang anda rasakan? Apakah berbeda jauh dengan saya atau ada yang sama? Sharing dong… Jangan lupa tulis di komentar zaaa…..

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

2 Komentar

  1. Terlalu banyak grup juga bikin pusing wkwk..jdi solusinya d mute aja notifnya tanpa keluar dari grup tersebut

    1. Betul betul betul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *