Kiprah Sinar Mas dalam Program Wakaf Al-Qur’an Untuk Negeri

Pada bulan Ramadhan, banyak yang berlomba-lomba melakukan kebaikan. Tak hanya individu atau golongan masyarakat, berbagai perusahaan pun banyak yang melakukan Corporate Social Responsibility atau yang disingkat CSR di bulan yang penuh berkah ini. Salah satunya adalah perusahaan Sinar Mas yang melakukan kegiatan CSR dengan membagikan wakaf mushaf Al-Qur’an yang diberi titel Al-Qur’an Untuk Negeri.

Sinar Mas sendiri adalah sebuah brand yang awalnya didirikan oleh seorang usahawan bernama Eka Tjipta Widjaja pada 3 Oktober 1938 silam. Pada usia 15 tahun, ia memilih kewirausahaan sebagai jalan hidupnya di Makassar, Sulawesi Selatan dan mendirikan perusahaan yang menjadi cikal bakal Sinar Mas dan dapat berkembang pesat hingga saat ini. Melalui pilar usaha yang bergerak di sektor pulp dan kertas, agribisnis dan makanan, pengembang dan real estat, jasa keuangan, telekomunikasi dan data, serta energi dan infrastruktur, Sinar Mas menjadi perusahaan industri nasional yang banyak menyerap tenaga kerja di berbagai daerah.

Baca juga : Aneka Keunggulan Industri Mobil Yang Memikat Masyarakat

Berlatar belakang semangat kepedulian dan toleransi, serta diniatkan untuk mendorong keutamaan membaca dan mengkhatamkan al-Qur’an di bulan Ramadhan supaya makin kuat, maka Manajemen Sinar Mas menggagas dan melaksanakan program Wakaf Al-Qur’an Untuk Negeri. Kegiatan ini juga merupakan wujud komitmen Sinar Mas dalam mendukung langkah Pemerintah memperluas ketersediaan al-Qur’an di masyarakat, sekaligus bersilaturahim dengan berbagai kalangan yang dijumpai.

Al-Qur'an untuk Negeri
Proses penyerahan Wakaf Al-Quran di Masjid Istiqlal

Pada pertengahan bulan Mei 2018, yang bertepatan dengan awal Ramadhan, Sinar Mas telah mewakafkan ribuan mushaf Al-Qur’an untuk Masjid Istiqlal. Penyerahan simbolik atas mushaf-mushaf Al-Qur’an tersebut dilakukan kepada Imam Besar Mesjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar didampingi para tokoh dan jemaah yang hadir jelang ibadah shalat tarawih dimulai.

Menurut Bapak Saleh Husin selaku Managing Director Sinar Mas, yang pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian, program Wakaf Quran yang telah berlangsung sepanjang satu dekade ini adalah kesempatan bagi Sinar Mas melalui sejumlah pilar bisnisnya untuk menjalankan program corporate social responsibility yang mengedepankan produk dan merek andalan sendiri.

Baca juga : Tradisi Kupatan di Lamongan

Selain itu, program waqaf Al-Quran Untuk Negeri juga sejalan dengan kebijakan Pemerintah yang ingin memperkuat penggunaan produk dalam negeri. Hal ini dikarenakan seluruh kertas Al-Quran yang diwakafkan dicetak menggunakan kertas premium Sinar Tech atau lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP) yang diproduksi di Indonesia. Quran Paper itu sendiri dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang khusus bagi pencetakan kitab suci dan buku agama.

Tidak seperti kebanyakan jenis kertas lain, Qur’an paper (QPP) dikembangkan dengan mengedepankan aspek halalan toyyiban atau produk yang halal dan baik serta telah memenuhi sertifikat halal dari LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sebuah produk halal terjadi lewat rangkaian proses yang panjang. Mulai dari kehalalan bahan baku, proses produksi, alat yang digunakan hingga proses penyimpanannya. Produk Qur’an Paper sudah memenuhi 100% kaidah kehalalan sebuah produk. Hasil produksinya juga sudah di ekspor ke berbagai negara Asia dan Afrika.

Kertas yang diproduksi oleh APP Sinar Mas ini sangat awet karena mampu bertahan hingga lebih dari 100 tahun dalam pemakaian normal. Qur’an paper merupakan kertas berwarna dengan tekstur halus yang mempunyai daya serap tinta sangat baik serta tingkat pencerahan warna yang maksimal.

Qur'an Paper Al-Qur'an untuk Negeri
Mushaf Al-Qur’an produksi APP Sinar Mas Tangerang (sumber: detik.com/finance)

Program wakaf Al-Quran Untuk Negeri dari Sinar Mas telah dilakukan sejak tahun 2008 dan merupakan komitmen jangka panjang dari APP Sinar Mas dalam kiprah sosialnya. Dengan desain khusus untuk bahan dasar kitab suci Al-Qur’an, yang memiliki spesifikasi High Smoothness, dengan tingkat kehalusan sangat tinggi serta High Opacity, menjadikan kitab yang diwakafkan untuk program Al-Qur’an Untuk Negeri tidak berbayang meski dicetak bolak-balik. Ditambah dengan desain High Average, yang membuat pori-pori kertas menyebar secara merata dan menjadikan setiap titik serta huruf Al-Qur’an dapat tercetak maksimal di setiap bagiannya.

Program wakaf Al-Quran Untuk Negeri dari Sinar Mas telah dilakukan sejak tahun 2008 dan merupakan komitmen jangka panjang dari APP Sinar Mas dalam kiprah sosialnya.Sampai saat ini, dengan dukungan Asia Pulp & Paper, Sinar Mas telah mendonasikan lebih dari 800 ribu mushaf Al-Qur’an, 50.000 buku panduan membaca Al-Qur’an dan Juz Amma, juga 300 set Alquran Braille bagi tuna netra yang didistribusikan baik melalui mitra, maupun berbagai pilar usaha Sinar Mas lainnya ke berbagai daerah serta berbagai lapisan masyarakat.

Semoga program waqaf Al-Qur’an Untuk Negeri dari Sinar Mas ini tidak hanya berjalan 10 tahun ini saja, namun terus berlangsung tanpa henti di tahun-tahun mendatang. Supaya lebih banyak muslim-muslimah di Indonesia yang merasakan manfaatnya dan Syiar Al-Qur’an makin membahana di mana-mana.

(Visited 1 times, 1 visits today)
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!