Langkah Untuk Mendapatkan Modal Cepat

Mendirikan dan mengembangkan usaha menjadi sebuah pilihan bagi Anda yang ingin mencari penghasilan tambahan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak hal yang perlu dipersiapkan dan dikeluarkan untuk menjalankannya. Diantaranya pilihan jenis usaha yang dikelola dan modal yang harus dipersiapkan sendiri.

Perjalanan hidup memang tidak selalu berjalan sesuai dengan apa yang di inginkan, sama seperti halnya ketika Anda hendak mendirikan serta mengembangkan suatu usaha. Rintangan dan kendala tentu saja akan selalu ada. Baik ketika mendirikan, menjalankan, serta saat mengembangkan usaha tersebut. Rintangan dan kendala utama yang biasa ditemui, salah satunya ialah terkait modal.

Dana cepat

Kendala modal merupakan sebuah kendala yang cukup krusial bagi Anda yang baru atau ingin mendirikan sebuah usaha. Hal ini dikarenakan, usaha yang akan Anda jalankan bergantung pada modal yang Anda keluarkan. Khususnya pada awal ketika hendak membangun usaha tersebut.

Kendala modal yang biasa dirasakan oleh para pemilik usaha adalah masalah kekurangan modal untuk mendirikan atau membangun usaha tersebut. Mungkin banyak dari Anda yang sudah mempersiapkan segalanya termasuk soal modal tersebut, dan biasanya modal yang sudah Anda miliki merupakan sebuah hasil dari Anda menabung pada sebelum-sebelumnya. Namun apa daya jika ternyata tabungan tersebut masih belum cukup untuk menjadi modal awal untuk mendirikan atau membangun usaha Anda. Hal itu tentunya membuat Anda harus mencari cara atau tambahan lainnya untuk mencukupi modal tersebut.

Baca juga : Mari Berinvestasi Dengan Reksadana

Anda tidak perlu khawatir atau pesimis terkait modal yang kurang untuk mendirikan atau membangun usaha Anda, karena di zaman yang sudah berkembang modern seperti sekarang ini banyak cara atau langkah yang bisa menuntun dan membantu Anda untuk mengumpulkan modal dengan cepat. Mulai dari cara yang konvensional hingga cara yang mengandalkan kecanggihan teknologi sekalipun.

Anda hanya perlu memilih cara mana yang ingin dipilih. Hal ini sering terjadi pada Anda para pengusaha yang mengalami kendala kekurangan modal, sehingga Anda mencari cara agar bisa mendapatkan modal dengan cepat. Walaupun Anda butuh dana cepat agar bisa mengumpulkan modal usaha Anda, melakukan pengajuan proses pinjaman pada bank tentu saja rumit sehingga beberapa dari Anda mungkin enggan memilih cara atau langkah tersebut.

Jadi, bagaimana caranya agar Anda bisa mendapatkan modal secara cepat tanpa harus melakukan pinjaman ke bank? Nah, berikut ini ada beberapa langkah yang mungkin bisa memberikan informasi dan membantu Anda untuk mencari jalan alternatif terkait kendala modal.

1. Pinjam Orang Terdekat

Langkah pertama yang mungkin bisa Anda coba adalah melakukan pinjaman dana pada orang terdekat Anda, bisa keluarga atau bahkan ke teman Anda sekalipun. Langkah yang satu ini mungkin terlihat dan terdengar mudah, karena Anda hanya harus mencoba mendatangi dan berbicara kepada orang terdekat tersebut untuk meminta pinjaman dana sebagai modal. Untuk mencoba langkah ini Anda hanya membutuhkan sedikit keberanian dengan menanggung rasa malu, serta menjaga rasa saling percaya satu sama lain. Hal ini dimaksudkan agar nantinya tidak ada kesalahpahaman yang dapat berisiko pada hubungan silaturahmi Anda dengan orang terdekat tersebut, dan tentu saja juga tidak beresiko terhadap usaha Anda.

2. Pinjaman Dana Online

Langkah berikutnya adalah dengan Anda mengajukan sebuah pinjaman namun sifatnya secara online. Cara atau langkah ini merupakan pilihan yang disesuaikan dengan perkembangan sekarang ini. Dengan Anda mengajukan pinjaman dana online, kemungkinan akan diproses dengan waktu yang cepat. Selain itu pinjaman ini juga tidak memerlukan jaminan, agunan, bahkan kartu kredit. Sehingga Anda akan lebih mudah mendapatkan modal usaha dengan cepat dan tidak rumit.

Ada 2 jenis pinjaman dana online yang bisa Anda coba, yakni crowdlending dan crowdfunding. Crowdlending sendiri merupakan salah satu cara untuk Anda mendapatkan pinjaman modal melalui internet dalam bentuk situs yang khusus menyediakan layanan pinjaman tersebut. Anda hanya perlu menjelaskan usaha apa yang hendak dijalankan, dan berapa jumlah modal yang Anda butuhkan. Dengan melihat penjelasan dan keterangan yang Anda berikan pada situs tersebut, akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan atau mendapatkan pinjaman online. Pinjaman jenis crowdlending ini menawarkan pinjaman dengan bunga dan ada juga yang bunga 0%.

Hampir mirip dengan crowdlending, crowdfunding juga memberikan pinjaman dana untuk modal usaha melalui situs internet. Namun yang membedakan ialah dimana Anda tidak wajib mengembalikan dana yang dipinjamkan tersebut, tetapi Anda bisa memberikannya suatu produk khusus, atau bisa juga saham dari usaha Anda tersebut. Tergantung metode apa yang Anda pilih dari crowdfunding tersebut.

3. Pinjaman Pribadi

Sekarang ini sudah banyak sekali tersedia jasa pinjaman pribadi, dimana proses atau penawarannya hampir sama dengan pinjaman dana online yaitu tanpa syarat dan juga tanpa agunan. Sehingga langkah ini bisa menjadi pilihan alternatif yang cukup baik bagi Anda semua para pengusaha.

Untuk mencoba langkah ini cukup mudah, Anda hanya perlu mencaring di internet dan nanti akan muncul banyak pilihan jasa yang menawarkan pinjaman pribadi segera tanpa syarat yang berlebihan dan bisa dilakukan secara online semua transaksinya.

Bagi Anda yang tidak memiliki pekerjaan tetap (seperti pekerja part-time atau pekerja lepas), Anda tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa mendapatkan pinjaman pribadi tersebut.

Baca juga : Keuntungan Menjadi Freelance Penulis

4. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Salah satu langkah yang menawarkan jenis pinjamannya kebalikan dari kredit multiguna, dimana Anda tidak perlu memberikan agunan agar bisa mendapatkan pinjaman dana untuk modal usaha. Memilih KTA sebagai langkah agar Anda bisa mendapatkan modal cepat sebenarnya tidak salah, tetapi Anda harus bisa memahami lebih dalam dan mempertimbangkannya kembali jika ingin memilih langkah ini. Hal ini dikarenakan konsekuensi dari pinjaman KTA ini ialah adanya bunga yang lebih tinggi dan juga tenornya yang cenderung lebih singkat.

Menjadi pengusaha memang membutuhkan suatu pengorbanan apalagi jika usaha Anda masih di dalam tahap perencanaan. Modal usaha yang kurang memang dapat menunda proses untuk mendirikan dan membangun usaha, padahal setiap kendala pasti akan selalu ada jalan untuk menyelesaikannya dimana banyak cara yang bisa Anda temukan untuk bisa menambah modal yang kurang tersebut.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut tentu saja Anda akan melakukan pinjaman sebagai jalan keluarnya, namun Anda pasti tidak ingin terbebani dengan kredit bunga yang tinggi karena pemasukan masih belum stabil dan Anda juga tidak ingin berurusan dengan bank karena rumit. Nah, untuk itu saat ini sudah banyak bentuk pinjaman yang menawarkan beberapa kemudahan untuk Anda. Seperti halnya keempat langkah yang sudah dijelaskan di atas, dan mungkin salah satunya bisa Anda coba.

Namun Anda perlu memperhitungkan segalanya sebelum Anda memilih salah satu dari langkah-langkah di atas, agar Anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Ingat juga, jika Anda bisa memberikan penjelasan secara detail saat mengajukan pinjaman, maka peluang untuk mendapatkan pinjaman tersebut semakin besar.

One Comment

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!