Mengintip Pesona Tanah Lot Bali

Bulan Oktober tahun lalu, saya berkesempatan untuk pergi ke Bali. Perginya karena sebuah undangan mengikuti pelatihan bukan untuk liburan seperti kebanyakan orang. Karena waktunya sangat terbatas, saya merasa sangat tidak puas. Ada banyak destinasi wisata yang belum dikunjungi.

Jika ada rezeki berlebih atau ada kesempatan lain, saya pengen ke Bali lagi bersama keluarga tercinta. Saya pengen berbagi keceriaan dan juga kebahagiaan bersama keluarga dengan liburan ke Bali. Salah satu destinasi wisata yang ingin saya tunjukkan adalah Wisata Tanah Lot yang menyimpan banyak sekali pesona.

Pesona Tanah Lot Bali
Pantai dan Pura Tanah Lot Bali (dokumen pribadi)

Tak afdhol rasanya jika sudah ke Bali tapi belum ke mengintip pesona Tanah Lot. Saat ke Bali Oktober tahun kemarin, saya sudah pernah kesana, namun tidak merasa puas karena tidak ada keluarga yang bisa diajak berbagi kebahagiaan, disamping itu waktunya juga sangat terbatas. (Baca cerita lengkapnya di Petualangan di Bali Hari Kedelapan).

Tanah Lot merupakan salah satu lokasi terbaik di Bali yang dapat digunakan untuk melihat sunset. Konon keindahan sunset atau pemandangan matahari terbenam di Tanah Lot Bali menjadi salah satu yang terindah di Bali. Itulah sebabnya sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Bali, menjadwalkan kunjungan ke Tanah Lot Bali pada waktu sore. Mereka ingin menikmati sendiri panorama sunset yang terkenal tersebut. Namun kalau ingin kesana pagi atau siang hari juga tidak masalah. Pemandangan disana juga tidak kalah indah cuma tidak akan bisa lihat pemandangan sunsetnya.

Para pecinta fotografi biasanya menjadikan momen sunset di Tanah Lot sebagai momen emas yang tidak boleh dilewatkan. Mereka mengambil gambar dalam berbagai sudut untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Di samping itu, di tempat ini kerap kali menjadi pilihan untuk melakukan pemotretan ,baik pemotretan biasa, untuk majalah maupun untuk pre-wedding. Bentuk karang, arsitektur pura, suasana laut dan pemandang sunset yang menawan, membuat Tanah Lot sangat cocok menjadi obyek bidikan kamera dalam situasi apapun.

Sunset Tanah Lot
Suasana sunset di Tanah Lot (dokumen pribadi)

Suasana di Pantai Tanah Lot berbeda dengan Pantai Kuta dengan segala hiruk pikuknya, Pantai Tanah Lot mengeluarkan aura yang lebih tenang dengan suasana religi yang kental. Selain sunset yang indah, pesona Tanah Lot Bali ditunjang dengan keberadaan berbagai Pura yang unik. Ada banyak sekali pura yang ada di sana, namun yang paling terkenal adalah Pura Tanah Lot dan Pura Batu Bolong.

Baca juga : Pantai Maldives Kemantren Yang Istimewa

Pura Tanah Lot terletak persis di tepi pantai Tanah Lot dan berdiri di atas sebuah batu karang laut yang kokoh serta kuat. Pengunjung Pura ini lumayan banyak dan berasal dari berbagai negara. Saat air laut pasang, Pura Tanah Lot terlihat seperti bangunan yang mengapung di atas air laut. Jika sudah pasang, pengunjung tentu tidak bisa masuk kesana. Namun berbeda jika air laut surut, pengunjung bisa turun dan melihat dari dekat bentuk Pura ini. Mengabadikan berbagai momen indah disana tentu menjadi hal yang tak boleh terlewatkan.

Sementara Pura Batu Bolong terletak di sebelah baratnya Pura Tanah Lot. Pura ini memiliki pesona yang tidak kalah dengan Pura Tanah Lot. Pemandangannya sangat bagus sekali. Sesuai namanya, Pura Batu Bolong merupakan Pura yang dibangun di atas batu karang yang bolong atau berlubang di bagian bawahnya. Dari kejauhan bentuknya menyerupai jembatan, namun ini alamiah bukan buatan manusia. Saat sunset tiba, pura ini juga menjadi spot foto yang menarik.

Pesona Tanah Lot Bali
Melihat Pura Batu Bolong dari kejauhan (dokumen pribadi)

Ada banyak tebing curam sepanjang area Pura Batu Bolong. Tebing-tebing ini dibatasi pagar yang terdapat tulisan peringatan kalau tebing ini berbahaya. Jadi harus hati-hati. Bagi pengunjung yang mau turun ke bawah, tersedia tangga yang bisa digunakan untuk turun ke pantai di bawah batu karang tersebut. Saat air laut surut, bebatuan karang di area pantai Pura Batu Bolong menjadikan pantai ini terlihat unik dan berbeda dengan lainnya. Pada kunjungan saya Oktober tahun lalu, saya tidak sempat pergi ke areal Pura Batu Bolong ini. Saya kemarin hanya melihat dari kejauhan saja. Nanti jika ada kesempatan lagi pengen menjelajahi dan melihat dari dekat tempat ini.

Pesona Tanah Lot Bali tidak hanya pada keindahan pantai dan juga Puranya. Masih banyak lagi sudut-sudut lain yang tak kalah menawan. Dari ulasan Refrensi Tanah Lot di Blog Traveloka yang saya baca, ternyata saat saya di Tanah Lot beberapa waktu yang lalu, saya melewatkan banyak hal yang seharusnya bisa saya lakukan. Dan itu bikin kesel. Sebelum berkunjung kesana, ada baiknya pembaca dulu ulasan di blog Traveloka tersebut supaya tidak menyesal seperti saya.

Baca juga : 5 Tempat Wisata di Pangandaran

Next time jika ada rejeki lebih dan ada kesempatan, saya akan ajak keluarga kesini bareng-bareng. Masalah penginapan dan hotel tidak perlu dipikirkan karena sudah ada layanan baru dari traveloka yang memberikan paket tiket pesawat dan hotel dalam 1 paket lengkap. Kalau pesan paket pesawat dan hotelnya secara bersamaan malah lebih hemat dibanding pesan terpisah. Hematnya lho bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun. So Liburan ke Bali pasti lebih asyik, seru dan murah dengan Traveloka. Kalau pembaca tertarik juga ke sana, ayo barengan sama saya dan keluarga, tapi bayar sendiri-sendiri zaa…

(Visited 5 times, 1 visits today)
9 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!