Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan ketombe membandel dengan bahan alami sekarang ini mulai dicari banyak orang. Karena setiap orang memiliki rambut, dan setiap rambut pastinya pernah memiliki masalah dengan ketombe. Ketombe sendiri adalah bagian kulit kepala yang mengering dan mati sehingga terkelupas membentuk serbuk putih di rambut.

Kotembe yang diakibatkan oleh sejenis jamur malassezia ini penyebabnya bisa bermacam-macam. Bisa karena jarang keramas, kebanyakan keramas, karena kulit kering, atau bisa juga disebabkan produk conditioner atau shampo yang tidak sesuai dengan kulit kepala.

Tidak jauh berbeda dengan rambut rontok, masalah ketombe juga bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Saat bersama orang lain, pasti terasa malu jika ada serbuk-serbuk putih yang terlihat di rambut serta bahu. Kalau bisa memilih, tentu ingin ketombe ini tidak pernah hadir di kepala kita.

Cara menghilangkan Ketombe

Beragam cara bisa dilakukan untuk mengatasi ketombe. Ada yang cara modern dan ada yang cara alami. Namun ketombe terkadang masih membandel. Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami yang bisa anda coba.

Cara Menghilangkan Ketombe

Untuk menghilangkan ketombe yang membandel, anda bisa menggunakan bahan alami seperti garam, jeruk nipis, minyak zaitun, daun sirsak dan juga lidah buaya.

1. Menghilangkan ketombe Dengan Garam

Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, garam bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Sifat scrub yang terdapat di garam terbukti ampuh dapat mengangkat sisa kulit mati di kepala. Langkah penggunaan garam sebagai penghilang ketombe sangat gampang.

Caranya : siapkan 2-5 sdm garam dapur. Larutkan garam tersebut di air hangat. Setelah itu gosokkan larutan garam ke kulit kepala secara merata, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Sambil menunggu waktu, pijat kulit kepala secara lembut dan berlahan. Bilas menggunakan air bersih untuk untuk menghilangkan seluruh sisa garam dan ketombe.

2. Menghilangkan ketombe Dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bumbu dapur sekaligus buah yang memiliki ekstra manfaat. Di dalam jeruk nipis tersimpan aneka kandungan gizi seperti protein, lemak, serat, zat besi, fosfor, Vitamin C, kalium, dan lain sebagainya. Oleh karena itu jeruk nipis sudah menjadi andalan banyak orang untuk perawatan rambut.

Selain dapat mengatasi kebotakan dan menebalkan rambut, jeruk nipis juga tak kalah efektif menghilangkan ketombe. Adapun penggunaan jeruk nipis untuk mengatasi ketombe adalah sebagai berikut :

  • Siapkan 3-5 jeruk nipis
  • Peras airnya
  • Campurkan air perasan jeruk nipis dengan air biasa.
  • Oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata.
  • Tunggu selama 10 menit supaya terserap dengan baik di kulit kepala
  • Bilas rambut menggunakan air bersih.

Baca juga : Aneka Bahan Alami Yang Efektif Menghaluskan Kulit Wajah

3. Menghilangkan ketombe Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Cara menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan Ketombe tergolong paling mudah. Anda tinggal meneteskan 10 tetes minyak zaitun ke kulit kepala dan mengoleskannya ke seluruh kulit kepala disertai pijatan lembut. Biarkan hingga semalaman. Anda bisa menutupi kepala dengan shower cap supaya minyak zaitun tidak membuat bantal menjadi kotor. Dengan cara ini, minyak zaitun bisa membuat kulit kepala menjadi lebih lembab. Saat pagi hari, copot penutup kepala dan keramas menggunakan air bersih untuk membersihkan minyak zaitun yang menempel pada rambut. Masalah ketombe pun bisa terselesaikan.

4. Menghilangkan ketombe Dengan Daun Sirsak

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe membandel adalah daun sirsak. Daun sirsak mampu membasmi ketombe dan kutu secara efektif karena memang mengandung zat-zat mematikan bagi parasit dan serangga.

Cara menghilangkan Ketombe membandel dengan daun sirsak adalah :

  • Siapkan beberapa lembar daun sirsak.
  • Haluskan daun sirsak tersebut.
  • Berikan air secukupnya pada saat menghaluskan.
  • Oleskan di seluruh rambut kepala
  • Tunggu selama 30 menit.
  • Setelah selesai, silahkan bilas dengan keramas menggunakan air bersih.

5. Menghilangkan ketombe Dengan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang sudah menjadi sahabat setia bagi kesehatan rambut. Selain dapat mengatasi rambut rontok, membuat rambut berkilau, menghitamkan rambut dan menguatkan akar rambut, lidah buaya juga dapat menghilangkan ketombe secara ampuh.

Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya

  • Ambil selembar daun lidah buaya
  • Potong dan ambil gel didalamnya  gel lidah secukupnya
  • Oleskan gel lidah buaya ke permukaan kulit kepala secara merata.
  • Supaya lebih meresap di kulit kepala, lakukan pijatan lembut sambil dioleskan.
  • Diamkan sekitar 30 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih.

Demikian ulasan singkat mengenai cara menghilangkan ketombe membandel dengan bahan alami. Semoga bisa membantu mengusir masalah rambut yang satu ini. Lakukan secara rutin agar hasilnya tidak mengecewakan. Selamat mencoba!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!