Idea Pendidikan

Cara Mudah Mengetahui dan Mengembangkan Potensi Diri

​Setiap orang memiliki sesuatu yang unik dan menarik serta tidak dimiliki oleh orang lain. Sesuatu tersebut menjadi ciri khas yang dapat ditonjolkan ke orang lain sekaligus dapat menjadi potensi diri yang dapat diandalkan. Namun terkadang banyak yang tidak menyadarinya sehingga merasa minder dan tidak pede.

Menurut pandangan saya, siapapun diri kita, apapun profesi kita, pasti mempunyai potensi diri yang dapat dikembangkan. Walaupun tinggal di tempat berbeda atau berada di usia berbeda, semua orang bisa mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya. Hanya saja tidak mengetahui dan memahami dengan benar akan apa yang ada di dalam dirinya.

Tidak ada dalam sejarah, seorang manusia yang lahir ke dunia langsung bisa menjadi ahli di bidang tertentu. Semua pasti butuh proses yang panjang. Jika seseorang sudah mengetahui potensi dirinya dan bisa mengembangkan potensi menjadi prestasi, kesuksesan dan kebahagiaan sudah di depan mata.

Mengembangkan potensi diri

Untuk mengetahui dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri sendiri sebenarnya sangat mudah, asalkan ada niat dan tekad yang kuat pasti bisa dilakukan. Berikut ini adalah cara mudah mengenali dan mengembangkan potensi diri :

KENALI DIRI SENDIRI

Mengenal diri sendiri sangat penting dalam pengembangan potensi diri. Sebab orang yang mengenal dirinya sendiri akan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Ia akan pandai menempatkan diri dalam pergaulan dan dapat mengelola potensi (kelebihan) dirinya untuk meraih keberhasilan hidup di masa depan.
Banyak orang yang berpikir bahwa dengan mengenal lebih banyak orang, nantinya akan memberikan peluang yang lebih besar dalam karir dan dapat membuka jaringan yang lebih luas. Hal ini memang ada benarnya juga, namun terkadang kita malah lupa mengenali diri sendiri sehingga potensi dan kelemahan diri tidak teridentifikasi dengan baik.

Kita cenderung terpaku dan menggantungkan diri pada orang lain tanpa bisa memaksimalkan kelebihan kita dan menutup kekurangan kita. Oleh karena itu itu cobalah kenali diri sendiri, buatlah daftar pertanyaan untuk diri sendiri dan jawab dengan jujur. Misalnya : Apa yang membuat kita bahagia? Apa yang diinginkan dalam hidup ? Apa kelebihan dan kekuatan yang dipunya ? Apa kelemahan dan kekurangan yang dimiliki ? dan sebagainya.

Baca juga  : Cerdas Bidang Apakah Kamu?

TENTUKAN TUJUAN HIDUP

Pikiran memiliki kekuatan dasyat yang dapat mengubah apapun. Banyak motivator mengatakan bahwa kunci dari kesuksesan adalah pikiran. The Secret Power Of  The Think.  Untuk mengembangkan potensi yang kita miliki jejali pikiran dengan tujuan-tujuan hidup yang ingin diraih, baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Tentukan tujuan sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki sehingga lambat laun potensi akan terlihat dengan sendirinya.

KENALI MOTIVASI HIDUP 

Setiap individu pasti mempunyai motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Kenali lebih dekat motivasi tersebut dan konsisten dalam menjalani. Jika perlu cari dan terapkan kata-kata motivasi yang inspiratif untuk lebih memotivasi kita dalam menjalani hidup. 

HILANGKAN NEGATIF THINGKING

Pikiran-pikiran negatif bisa menghambat langkah kita dalam mencapai tujuan, oleh karenanya hilangkan pikiran-pikiran negatif tersebut dan ganti dengan rasa optimisme yang tinggi.

Jangan pernah bilang “susah” atau “saya tidak bisa” jika ingin mencapai sesuatu, tapi ubahlah menjadi “itu mudah”  atau “saya pasti bisa“. Hal itu akan menjadi penyemangat dalam mengenali dan mengembangkan potensi diri.

Potensi diri di masa depan

BELAJAR DARI PENGALAMAN 

Setiap kali menghadapi hambatan atau kegagalan, jangan pernah menyalahkan orang lain atau menyesali dan mengadili diri sendiri hingga berlarut-larut. Lebih baik mencoba evaluasi kembali langkah yang ditempuh karena pasti ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju. Jika telah menemukan jalan yang mantap, cobalah lagi.

BANYAK MEMBACA, MELIHAT, dan MERASAKAN

Membaca banyak sekali manfaatnya, selain menambah ilmu dan pengetahuan, dengan membaca kita juga bisa mengetahui potensi apa yang kita miliki. Jenis bacaan yang kita sukai adalah salah satu tanda potensi diri yang dimiliki. Jika kita suka membaca tentang artikel/buku musik, bisa jadi potensi terbesar kita adalah di bidang musik. Begitu pula jika kita suka baca mengenai dunia bisnis, bisa jadi potensi diri kita ada di bisnis.

Baca pula Membaca Adalah Bagian Hidupku


Perhatikan pula apa yang kita lihat dan sering kita jumpai. Bila kita merasakan sesuatu yang cocok dengan hati dan kita cenderung merasa nyaman dapat dipastikan disitulah potensi kita bersarang. Kita harus belajar mengembangkan potensi tersebut.

Demikianlah cara mudah mengenali dan mengembangkan potensi diri, semoga kita semua bisa mendapatkan apa yang kita impikan dan meraih kesuksesan kelak. Jika ada tambahan, saran maupun sanggahan silahkan tulis di komentar. Dengan senang hati saya akan menerimanya.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

15 Komentar

  1. Vety Fakhrudin says:

    Saya dulu meskipun tau teorinya ini masih sering bingung dan kehilangan arah, terutama untuk mencari potensi diri sendiri. Namun, setelah merenung berpikir dan melakukan segalanya tanpa beban plus dapat support dari suami akhirnya saya menemukan jati diri sendiri. Dan setuju dengan tahapan diatas 🙂

  2. Saya sedang getol-getolnya ngesounding diri sendiri pikiran positif, dan juga membaca agar wawasan saya semakin kaya 🙂

  3. Tujuan hidup hmmm, iya sih mba, ibarat org jalan kudu tau tujuan biar jalannya di lajur yg bener TFS

    1. kalau gak ada tujuan, ntar malah putar2 gak karuan

  4. Nita Lana Faera says:

    Walau nggak sampai detail banget, tapi tujuan hidup kalau saya memang harus ada di tiap tahunnya. Entah untuk pribadi atau karier.

  5. cumilebay.com says:

    Eh kalo manusia lahir trus bisa ngomong atau bisa jalan mah ini serem yaaaa hahaha, semua nya butuh proses

    1. Iya….. Betul banget

  6. Yap betul, positive thinking malah akan semakin mengembangkan potensi diri, karena ga sibuk ngurusin orang lain…

    1. Sepakat…..

  7. Saya suka baca novel tapi gak suka nulis novel hahaha

    1. Gak perlu nulis novel, review atau resensi kan juga bisa atau nulis di blog

  8. Satu lagi tmbahnnya mbak, SEMANGAT. Dengan adanya semngat semua bisa dikembangkan, tentunya semangat juang dalam pengembangan potensi diri.

    1. Bener banget….. Tanpa semangat semua hal tidak akan berhasil

  9. Membaca bener banget. Kita bisa dpt inspirasi buat nulis ^^

    1. Membaca emang banyak manfaatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *