CERDAS BIDANG APAKAH KAMU ?

Setiap orang-tua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Banyak yang bertanya tanya cerdas bidang apakah diri mereka? Mereka melakukan berbagai cara supaya anaknya menjadi anak yang cerdas dan melebihi teman-teman sebayanya karena itu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi mereka.

Tidak banyak yang menyadari bahwa setiap anak itu memiliki keunikan masing-masing. Mereka memiliki kecerdasan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya dan tidak ada satupun yang sama.

Cerdas pada hakekatnya adalah sebuah kemampuan mendasar yang dimiliki oleh setiap manusia untuk memproses informasi tertentu.

Kecerdasan tidak melulu berhubungan dengan kecerdasan intelektual yang mencakup kemampuan berhitung matematika atau menjawab sebuah pertanyaan, namun kecerdasan mencakup banyak hal disekitar kita.

Menurut Howard Gardner dalam sebuah bukunya yang berjudul “Multiple Intelegences”, manusia sejak lahir mempunyai 7 kecerdasan yang tersimpan dalam otaknya. Diantara 7 kecerdasan tersebut terdapat lebih dari 2 tipe kecerdasan yang menonjol dan mengalahkan lainnya, ada kalanya hanya satu yang menonjol dan adapula yang 3, 4 dan 5, hanya sedikit orang yang mempunyai kecerdasan lebih dari 5 tipe, namun bukan berarti tidak ada sama sekali.

Berdasarkan teori dari Howard Gardner tersebut, cerdas bidang apakah yang dimiliki seseorang sejak lahir dapat dilihat dalam 7 tipe kecerdasan berikut ini :

  1. Kecerdasan Verbal Linguistik

Kecerdasan ini ditandai dengan kemampuan anak menggunakan bahasa yang baik dalam bertutur kata dan menulis. Seseorang yang memiliki tipe kecerdasan ini sangat mudah menyalurkan ide-ide yang ada pada dirinya lewat kata-kata atau tulisan. Kecerdasan ini menuntut seorang anak untuk menyimpan berbagai informasi yang berarti berkaitan dengan proses berfikir otaknya.

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini diantaranya dapat dilihat dalam tanda-tanda berikut :

  • Mampu membaca dengan baik dan mengerti apa yang dibacanya

Baca juga : Membaca Jendela dunia dengan Membaca

  • Pendengar yang baik dan cepat memberikan respon dalam komunikasi verbal
  • Mampu menirukan suara, mempelajari bahasa asing dan menilai karya orang lain.
  • Bisa menulis dan berbicara secara efektif dan lain sebagainya
 cerdas bidang apakah
Anak-anak yang sibuk menulis dan membaca
  1. Kecerdasan Logical Mathematical

Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan berfikir secara logis dan matematik. Anak-anak dengan kecerdasan ini memperlihatkan minat yang besar terhadap kegiatan eksplorasi dan seting bertanya tentang berbagai fenomena yang dilihatnya. Mereka juga suka mengklasifikasikan benda dan senang sekali berhitung.

cerdas bidang apakah saya
anak-anak yang suka berhitung

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini diantaranya dapat dilihat dari kegiatan berikut :

  • Mengetahui dan menyukai konsep berhitung, prinsip sebab akibat dan menghargai waktu
  • Mampu mengamati objek dan mengerti fungsi dari objek tersebut.
  • Pandai dalam pemecahan masalah yang menuntut pemikiran logis
  • Menikmati pekerjaan yang berhubungan dengan kalkulus, pemrogaman computer, metode riset dan sebagainya.

 

  1. Kecerdasan Musikal

Sesuai dengan namanya, kecerdasan ini berhubungan dengan musik. Seseorang yang mempunyai kecerdasan ini mudah mengenali dan mengingat nada-nada, dapat mengubah kata-kata menjadi lagu, menciptakan permainan musik dan juga pendendang lagu yang baik. Mereka ini mempelajari sesuatu menggunakan panca indra.

Sesorang yang memiliki kecerdasan ini diantaranya terindikasi sebagai berikut :

  • Menyukai alat musik dan selalu tertarik memainkannya.
  • Mudah mengingat lirik lagu dan peka terhadap suara
  • Mengerti emosi dan nuansa dalam sebuah lagu
  • Senang mengumpulkan lagu-lagu dalam berbai media, dan seterusnya
  1. Kecerdasan Bodily Kinesthetic

Kecerdasan ini tidak sepenuhnya dianggap sebagai cerminan anak yang terlihat “sangat aktif”. Kecerdasan ini lebih senang berada di lingkungan dimana ia bisa memahami sesuatu lewat pengalaman nyata, mereka senang bergerak dan menyentuh. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini mampu mengontrol gerakan, keseimbangan, ketangkasan dan keanggunan dalam bergerak. Mereka mengeklsplorasi dunia dengan otot-ototnya dan sangat menyukai penanganan objek secara langsung dan nyata. Permainan atau pekerjaan menggunakan fisik menjadi salah satu ciri orang yang memiliki kecerdasan tipe ini.

DSCN1099
lomba dengan permainan fisik
  1. Kecerdasan Spatial Visual

Kecerdasan ini menekankan pada pembelajaran yang telah dilakukan secara visual lewat pandangan mata. Mereka yang punya kecerdasan ini berfikir secara konsep untuk memahami sesuatu, mereka juga kaya dengan khayalan internal dan cenderung imajinatif dan kreatif.

Baca juga : Keuntungan menjadi penulis

Kecerdasan dalam tipe ini dapat dilihat dalam keseharian mereka yang diantaranya :

  • Senang mencoret-coret, menggambar, melukis dan membuat patung
  • Senang belajar dengan grafik, diagram, peta atau alat bantu visual lainnya.
  • Menyukai poster, gambar, film dan presentasi visual lainnya.
  • dan lain sebagainya
  1. Kecerdasan Intrapersonal

Mereka yang mempunyai kecerdasan tipe ini memiliki kepekaan perasaan dalam situasi yang tengah berlangsung, mampu memahami diri sendiri dan mampu mengendalikan diri sendiri dalam situasi tertentu. Mereka yang memiliki kecerdasan ini juga mengetahui apa yang dapat dilakukan atau tidak dapat dilakukan dalam sebuah lingkungan sosial, mengenal emosi diri sendiri dan orang lain serta mampu menyalurkan pikiran dan perasaan.

  1. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan ini mengutamakan kolaborasi dan kerjasama dengan orang lain. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini yang menonjol memiliki kepekaan perasaan dalam situasi yang tengah berlangsung. Mereka suka mengamati, mengenali, berinteraksi dan peduli dengan objek alam, tanaman atau hewan. Mereka juga antusias dalam berinteraksi dengan sesama manusia.

berinteraksi dengan alam dan sesama
berinteraksi dengan alam dan sesama

Setiap orang mempunyai cara-cara tersendiri dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapinya dengan kecerdasan yang dimilikinya. Apapun kecerdasan yang dimiliki semuanya patut dihargai dan dikembangkan kearah yang lebih baik.

Tipe Cerdas bidang apakah yang anda punya ? Silahkan tinggalkan komentar dibawah atau berikan saran-saran yang baik untuk penulisan blog ini kedepan. Jika berkenan anda bisa membagikan artikel ini di sosial media anda agar lebih banyak orang yang tahu mengenai tipe kecerdasan mereka.

5 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!