Review Hotel Kartika Graha Kota Malang

Resolusi saya tiap tahun adalah menjelajahi tempat baru yang belum pernah didatangi sebelumnya. Meski gak tiap saat bisa pergi traveling, namun bepergian sebulan sekali sudah jadi sebuah kesenangan tersendiri. Bagi saya traveling bukan hanya ke tempat wisata, namun bisa pergi ke tempat lain di luar kebiasaan sudah saya anggap traveling juga.

Di bulan Februari kemarin, saya berkesempatan untuk pergi ke Malang dan menginap selama 5 hari di Hotel Kartika Graha Kota Malang. Draf review Hotel Kartika Graha Kota Malang ini sudah lama mengendap di gadget tapi baru sekarang bisa diposting. Ini bukan sponsor post, content placement atau sejenisnya, namun hanya sedikit tulisan mengenai pengalaman saya saat menginap disana. (Baca juga : Tips Menginap di Hotel Untuk Liburan)

Hotel Kartika Graha Kota Malang

Hotel Kartika Graha terletak di tengah pusat kota Malang, tepatnya berada di Jl Jaksa Agung Suprapto Nomer 17 Klojen Malang. Hotel ini lokasinya sangat strategis, dan berada dekat dengan Stasiun Kotabaru Malang, RS SAIFUL ANWAR, Kantor Polisi Sektor Klojen, Kafe Ily, Kantor PLN dan lain-lain. Bagi para pelancong atau wisatawan sangat mudah menemukan hotel ini karena terlihat jelas dari jalur jalan raya.

Saat pertama kali menginjak hotel Kartika Graha Malang, kesan hotel yang berkelas langsung terlihat. Meskipun tidak ada ciri khusus yang terkesan wah dan bikin terperangah, namun penataan tempat dan juga ornamen di depan hotel sudah lumayan megah. Berhubung saat itu cuaca selalu mendung dan hujan, saya tidak berkesempatan memfoto area luar hotel.

Begitu masuk ke dalam, ada meja resepsionis yang berada di sebelah kanan pintu masuk lobi hotel. Sedangkan, di sebelah kiri terdapat beberapa set sofa/kursi tempat tamu hotel bisa duduk-duduk di lobi hotel. Ada juga kios kecil yang menjual beberapa keperluan sehari-hari di areal lobi tersebut. Meskipun tidak selengkap toko pada umumnya, namun cukuplah buat memenuhi kebutuhan bagi mereka yang mendesak dan beli oleh-oleh.

Hotel dengan peringkat Bintang 3 ini memiliki 8 lantai. Setiap lantainya menyajikan pemandangan yang berbeda-beda. Kebetulan saya mendapatkan kamar di lantai 8, di kamar paling pojok pula. Sehingga bisa melihat pemandangan Kota Malang dari dua arah, yakni arah timur dan utara. Untuk menuju ke kamar hotel, bisa menggunakan lift dan tangga. Kebanyakan tamu hotel lebih memilih lift supaya tidak terlalu repot dan capek. Ada 2 lift yang tersedia dan juga tangga darurat di ujung ruangan.

Begitu memasuki kamar, kesan luas dan lapang langsung terasa. Ada satu bed ukuran besar yang tersedia. Cukup untuk 2 orang. Ada satu buah sofa kecil dan satu meja kecil di bagian pinggirnya. Ada pula lemari baju, tea table, kulkas kecil, televisi layar datar, dan meja kerja lengkap dengan kursinya. Fasilitas lain seperti AC, telpon, kamar mandi + air panas juga tersedia.

Yang kurang adalah fasilitas wifi atau Internet gratisnya. Di gadget memang tertulis ada wifi Hotel Kartika Graha, namun tidak bisa digunakan sama sekali. Alhasil saat disana saya tetep pakai paket data langganan saya. Wifi gratis hanya bisa digunakan saat berada di lantai bawah yang merupakan lobi dan ruang makan. Karena saat itu pulsa saya habis, terpaksa saya pinjam hotspot teman untuk Membeli Pulsa Murah secara online.

Karena hawa Kota Malang yang relatif dingin, ditambah dengan cuaca yang terus menerus hujan, pendingin udara (AC) di kamar saya setel ke titik terendah. Alat pengatur AC di kamar yang saya tempati, tidak berupa remot seperti yang biasa saya lihat, tapi mirip dengan pengatur kipas angin. Jadi terkesan agak kuno. Suaranya juga lumayan berisik, tidak halus sama sekali. Sekedar saran untuk anda yang ingin beli AC, Jangan Membeli AC sebelum memperhatikan 3 Hal, yakni kondisikan dengan kebutuhan, Pertimbangkan kesehatan dan cari yang hemat energi.

Lampu penerangan di dalam kamar alhamdulillah cukup baik. Ada dua lampu meja, satu lampu berdiri yang lumayan terang dan satu lampu di depan pintu. Di dalam kamr mandinya juga ada lampu tersendiri. Hal ini tentu membantu sekali dalam segala aktivitas. Tidur juga bisa nyenyak karena lampu bisa diatur sesuai keinginan.

Di kamar saya, kamar mandinya terpisah dengan wastafel. Meski tidak begitu luas, namun nyaman digunakan. Saya awalnya mengira bentuk kamar mandi tiap kamar itu sama, namun ternyata tidak. Saat saya berkunjung ke kamar teman di lantai 6, kamar mandi mereka menyatu dengan wastafel dan hanya dipisahkan oleh satu sekat saja. Di kamar mandi ada bak mandi, shower dan toilet duduk. Sementara di wastafelnya ada cermin yang lumayan gedhe. Disana sudah tersedia sikat gigi, sabun, pasta gigi dan juga plastik penutup rambut.

Seperti hotel pada umumnya, di Hotel Kartika Graha Kota Malang juga tersedia menu sarapan dan juga makan siang serta makan malam. Saat sarapan pilihan menunya lumayan banyak dan lengkap. Disamping ada nasi putih dan nasi goreng beserta lauk pauknya, ada pula pasta, bubur ayam, bubur kacang hijau, roti bakar, salad dan lainnya yang tidak saya teliti satu persatu. Ada tambahan susu, kopi, teh dan juga jus segar.

Menu-menu ini tidak saya temui saat makan siang dan makan malam. Saat makan siang atau makan malam, hanya ada nasi putih beserta lauk pauk dan sayurannya saja. Yang lain tidak ada. Mengenai rasanya lumayan enak sih menurut lidah saya. Hampir mirip dengan rasa masakan rumahan. Ada banyak bumbu dapur yang diracik di dalamnya. Biasanya kalau masakan hotel atau masakan ala kota, saya tidak doyan dan tidak bisa makan. Tapi saat disini semuanya doyan.

Untuk tamu hotel yang doyan merokok disediakan tempat khusus yang tidak bercampur dengan tamu lainnya. Jadinya setelah makan mereka bisa langsung merokok tanpa takut mengganggu tamu yang lain. Hal ini yang saya sukai. Yang tidak merokok, bisa bebas dari asap rokok.

Di sebelah tempat makan ini, ada pintu yang menghubungkan lantai satu dengan kolam renang. Hotel Kartika Graha Kota Malang ini memang memiliki fasilitas kolam renang untuk anak dan dewasa. Saat ada waktu luang, saya sedikit mengeksplor kolam renang ini. Meskipun tidak berenang, namun menjelajahi sudut-sudut kolam renang sudah bikin hati senang. Disana ada banyak meja dan kursi untuk tempat duduk-duduk di kala nyantai.

Demikianlah review saya tentang hotel Kartika Graha Kota Malang. Secara umum penilaian saya tentang hotel ini adalah 7,5 dari 10. Staff hotelnya ramah, kamarnya lumayan luas, makanannya enak, plus ada fasilitas kolam renang pula. Kekurangan fatal terletak pada wifinya yang sangat memprihatinkan. Entahlah mungkin saat itu jaringan mereka bermasalah atau tidak, saya tidak tahu. Di era sekarang, kebutuhan Internet adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi setiap hari. Semoga manajemen tanggap membenahi hal ini dan nantinya tidak ada kekurangan lagi.

(Visited 29 times, 1 visits today)
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!