Sosial Teknologi

Kerugian Masuk Dalam Banyak Grup Whatsapp

Kerugian Masuk Dalam Banyak Grup Whatsapp – Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, aplikasi perpesanan instan yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat dunia adalah Whatsapp. Manfaat Whatsapp yang dapat mengirimkan file, pesan, gambar, video, foto dan obrolan online secara cepat dan mudah membuat aplikasi ini sangat trend di semua kalangan. Dengan adanya Fitur baru Whatsapp Grup, membuat para penggunanya makin dimanjakan.

Banyak Grup Whatsapp

Seiring dengan Manfaat Whatsapp Grup yang begitu banyak, ternyata ikut dalam banyak Grup Whatsapp juga memiliki banyak kerugian didalamnya. Apa saja kerugian tersebut? Simak ulasannya di bawah ini :

1. Menguras Baterai

Saat menerima atau mengirim chat, WhatsApp perlu terhubung dengan internet. Jika tidak ada jaringan maka handphone akan berusaha mencari jaringan internet supaya pesan terkirim/diterima. Dengan demikian otomatis berpengaruh terhadap daya baterai yang memerlukan tenaga ekstra. Sedikit banyaknya Whatsapp Grup yang dimasuki tentunya berpengaruh besar terhadap kapasitas baterai. Semakin banyak grup whatsapp, semakin banyak perpesanan yang dikirim. Akibatnya semakin banyak pula energi baterai yang dikuras.

2. Harus Sering Update

Aplikasi Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang paling sering meminta update. Walaupun dalam setiap versi terbaru yang ditawarkan memberikan fitur-fitur yang lebih inovatif, namun ini cukup merepotkan pengguna. Pengguna harus sering kali update mengikuti saran dari penyedia aplikasi. Jika tidak update dalam waktu tertentu, aplikasi whatsapp otomatis tidak dapat digunakan sama sekali. Dalam hal ini banyak tidaknya Whatsapp Grup yang diikuti memang tidak berpengaruh apa-apa, namun cukup bikin gregetan sendiri.

3. Kinerja HP Semakin Lambat

Semakin gres versi Whatsapp yang digunakan, maka semakin besar pula volume data yang harus disimpan. Tentu saja ini cukup memboroskan kapasitan memori telepon, apalagi jika memori yang tersedia tidak cukup besar dan grup yang diikuti lumayan banyak, kinerja ponsel juga menjadi lebih lambat. Lama kelamaan Hp harus diperbaiki dengan mode aman.

4. Emoticon Kurang

Sejak pertama diluncurkan hingga saat ini emoticon yang digunakan dalam aplikasi Whatsapp masih sederhana. Meskipun sudah tersedia cukup banyak, namun jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis seperti BBM, Line atau WeChat, emotion dalam Whatsapp menjadi kurang menarik. Tapi ini mungkin bisa diperbaiki dengan stiker kece yang bisa dibikin sendiri.

5. Menyita Memori

Walaupun tidak membutuhkan kuota yang banyak dalam melakukan chatting, baik saat menerima maupun mengirim pesan. Namun saat mendownload file seperti foto, video, dan audio kita diharuskan untuk mendownload file-file tersebut dan menyimpannya didalam handphone. Meski ada pengaturan yang membuat kita tidak harus mendownload file tersebut, tapi terkadang rasa penasaran lebih mendominasi, khawatir ada informasi yang terlewat. Mau tidak mau kita harus mendownload file tersebut untuk mengetahui informasi apa yang dikirimkan.

Semakin banyak grup Whatsapp yang diikuti, semakin banyak pula informasi yang diterima. Akibatnya makin banyak memori yang tersita. Kuota juga lebih cepat habis. (Baca juga : Tips Supaya Paket Internet Tidak Cepat Habis)

6. Makin Sering Pegang Hp

Semakin banyak Whatsapp Grup yang diikuti, semakin banyak perpesanan yang diterima. Waktu untuk membaca pesan-pesan tersebut juga menjadi semakin banyak, akibatnya kita jadi lebih sering memegang HP. Tapi Kalau Hpnya secanggih VIVO V9 sih terlihat keren.

7. Kurang Privat

Saat masuk di dalam sebuah grup Whatsapp, nomor kita otomatis dapat diketahui oleh banyak orang yang menjadi anggota grup tersebut. Semua orang juga dapat mengirimkan pesan ke Whatsapp kita asalkan mengetahui nomor kita. Secara tidak langsung adanya Whatsapp Grup membuat privasi jadi tidak ada.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan terkait kekurangan ikut dalam banyak Whatsapp Grup. Menilik dari manfaat dan kekurangannya, selayaknya kita bisa bijak dalam menggunakannya. Jika ada pertanyaan, sanggahan maupun pendapat lain yang bersebrangan, silahkan tulis di komentar. Kita bisa mendiskusikan bersama-sama.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

5 Komentar

  1. Untuk poin 3 & 5, saya rasa ada cara mengakalinya. Yg pertama dg tidak mengizinkan aplikasi WA utk sync otomatis. Yg kedua ya habis donlot hapus saja folder WA di penyimpanan internal / eksternal.

  2. Reiyana says:

    Bener banget mbak, momori HP saya kadang suka penuh-penuh sendiri tanpa sebab.
    Padahal udah banyak yang dihapusin masih tetep begitu.
    Terus kemana-kemana juga harus liatin WA terus, dulu FB, Terus BBM, sekarang WA, abis ini apalagi.

  3. Himawan Sant says:

    Aku juga sependapat.
    Seringkali group di wa malah menyita perhatian lebih.., group membicarakan apa, kitanya lagi sibuk nangani hal lain.
    Sementara notif bunyi terus, kita jadi tambah bingung.
    Tau2 batre jadi drop.

  4. Aji Nursalam says:

    Bener banget tuh, nguras batre, ngelag. Harus pake hp yang Ramnya besar dan batrenya awet kalo banyak masuk grup WA

  5. Semua WAG, saya mute. Berisik kalau gak dimute ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *