Mencari Rumah Dijual di Bogor? Inilah Pilihan Hunian Yang Sejuk dan Asri

Rumah dijual di Bogor
Salah satu sudut Bogor (sumber gambar : sportourism.id)

Siapa yang tidak mengenal Kota Bogor? Yup, Bogor adalah salah satu kota penyangga ibukota Jakarta. Sebagai salah satu daerah yang namanya meroket bersanding dengan Jakarta, banyak kemajuan yang dialami Bogor, terutama dari segi infrastruktur dan propertinya. Jaraknya yang dekat dari Jakarta membuat banyak orang yang bekerja di Jakarta justru mencari rumah dijual di Bogor.

Dengan jarak tempuh kurang dari satu jam dari Ibukota Jakarta, banyak yang kemudian menjadikan Bogor sebagai solusi hunian, mengingat harga hunian di Jakarta yang makin hari semakin tak terjangkau.

Mencari Rumah Dijual di Bogor

Jika mencari rumah dijual di Bogor, Salah satu kawasan yang banyak diminati adalah Cibinong. Kawasan ini menjadi primadona tidak hanya di Bogor tapi juga di Jabodetabek. Jaraknya yang dekat dari Depok menambah harga jualnya. Sebagai Ibukota Kabupaten Bogor, Cibinong telah berkembang pesat khususnya dalam segi infrastruktur. Bahkan kini akses ke Jakarta hanya butuh waktu tempuh kurang dari 30 menit saja.

Secara umum, yang membuat Bogor berkembang adalah banyaknya pembangunan infrastruktur. Misalnya saja kehadiran KRL jurusan Bogor – Jakarta, perencanaan LRT (Light Rail Transit) rute Bogor–Cawang yang sedang dikembangkan pemerintah dan masih ada beberapa lagi yang lainnya.

Pembangunan LRT sekaligus diprediksi akan jadi faktor utama yang akan membuat harga properti di kawasan Bogor nantinya melesat. Lalu ada pula pembangunan Bogor Outer Ring Road (BORR), yang dari 3 tahapan pembangunan, dua di antaranya kini telah rampung. Yang tidak bisa ditinggalkan juga adanya jalur Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dimana seksi 1 yakni jalur Ciawi – Cigombong sudah mulai beroperasi, dan menariknya bisa memangkas waktu hingga 1,5 jam perjalanan menuju ibukota Jakarta.

Banyak yang yakin, termasuk para developer bahwa keberadaan Tol Bocimi ini bisa mendongkrak sektor ekonomi dan properti di Bogor. Ditambah lagi dimulainya pembangunan jalur ganda rel kereta api Bogor-Sukabumi. Sehingga tak berlebihan rasanya jika ada yang menilai kawasan Bogor-Sukabumi akan berubah jadi kawasan perekonomian baru dalam beberapa tahun mendatang.

Mengingat akses transportasi dan infrastruktur jadi pertimbangan utama para konsumen properti, wajar saja jika Bogor dengan segala perkembangannya seperti yang dijelaskan di atas jadi salah satu pilihan hunian favorit.

Alasan Beli Rumah Dijual di Bogor

Selain akses yang sangat mudah ke ibukota dan daerah di sekitarnya, masih banyak daya tarik Bogor yang bisa jadi alasan untuk mencari rumah dijual di Bogor

1. Cuaca dan suasana yang nyaman

Dibanding daerah penyangga ibukota lainnya seperti Bekasi dan Depok, Bogor dirasa jauh lebih asri. Kota hujan ini dikenal dengan iklimnya yang sejuk dan area hijau yang luas sehingga udaranya juga relatif bersih.

Kesejukan Bogor bisa jadi juga karena keberadaan Kebun Raya Bogor di tengah kota yang merupakan sebuah kawasan konservasi seluas 80 hektar. Dihiasi oleh pepohonan berukuran besar yang dinilai bisa memasok oksigen dalam jumlah banyak.

Selain memasok udara bersih, keberadaan Kebun Raya ini juga bisa sekaligus jadi area resapan air sehingga membuat Bogor bebas banjir, di samping memang kawasannya sendiri terletak di dataran tinggi. Suasana nyaman Bogor juga bisa disebabkan oleh kondisi penduduknya yang tidak sepadat Jakarta.

2. Banyak pilihan tempat rekreasi

Sumber gambar : pixabay.com

Bicara Kebun Raya Bogor, selain membawa kesejukan bagi lingkungan, ini juga sekaligus menjadi salah satu tempat rekreasi favorit masyarakat Bogor. Selain wisata bernuansa alam, Anda juga bisa rekreasi seru ke wahana seperti The Jungle Water Adventure yang mirip dengan Wisata Gowet Water Adventure di Bekasi atau bisa ke tempat pemandian air panas Bogor.

Selain itu, Bogor juga dekat ke kawasan Puncak yang seperti kita ketahui selalu ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan, dengan berbagai pilihan wisata. (Baca juga : Beberapa Wisata Alam di Jakarta Yang Wajib Dikunjungi )

Oya, Pemerintah Daerah Bogor saat ini juga sudah menetapkan lima zona untuk mengembangkan bisnis pariwisata. Terdiri dari wisata perkotaan meliputi daerah Cibinong dan sekitarnya, lalu eko-wisata dari Nanggung hingga Palasari, rekreasi dan ekonomi kreatif yakni Gunung Putri sampai Jonggol, serta wisata pendidikan dan kebudayaan di Kecamatan Dramaga dan sekitarnya.

3. Pilihan kuliner yang beragam

Jika Anda tinggal di Bogor akan sangat mudah untuk mencari makanan karena banyak tempat kuliner dengan sajian yang nikmat. Pilihannya pun mulai dari kaki lima, hingga ala restoran atau cafe. Makanan khas Bogor juga banyak lho, yang akan memanjakan lidah Anda, seperti doclang, tauge goreng, soto kuning dan masih banyak lagi.

Baca juga : Pengolahan Sayur Bayam Yang Benar

4. Transportasi umum (angkot) yang memadai

Selain dapat julukan kota hujan, Bogor juga dikenal sebagai kota sejuta angkot. Sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan banyaknya angkutan umum di sini. Terbukti, trayek angkot saja jumlahnya lebih dari 20, jadi hampir semua kawasan di Bogor terjangkau oleh angkot.

Nah, bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi tak perlu risau, karena bisa tetap kemana saja karena angkutan umum ini beroperasi 24 jam. Tapi meski jumlah angkutan umumnya banyak sekali, Bogor tidak selalu macet, alias hanya pada waktu-waktu tertentu saja.

Deretan Angkot (sumber gambar : Jabar.pojoksatu.ud

5. Infrastruktur dan fasilitas yang terus berkembang

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa Bogor mengalami kemajuan di berbagai bidang, utamanya dari segi infrastruktur. Dimana akses dari dan menuju Bogor dirasa semakin hari semakin mudah saja, khususnya dari ibukota.

Seperti yang diungkapkan oleh tempo.co, bahwa daya tarik utama Bogor salah satunya karena memiliki akses yang cukup lengkap untuk menuju Jakarta, yang meliputi Tol Jagorawi, commuter line, hingga nantinya ada Light Rail Transit (LRT). Transportasi menuju dan dari Kota Bogor memang terus mengalami peningkatan baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Ini khususnya sangat membantu mereka yang beraktivitas sehari-harinya di Jakarta dan sekitarnya, dan bertempat tinggal di Bogor.

Tak hanya infrastruktur, dari segi fasilitas, Bogor juga tak kalah dibanding kawasan seperti Depok dan yang lainnya, mulai dari pusat perbelanjaan, sarana pendidikan hingga kesehatan.

Beberapa Pilihan Rumah Dijual di Bogor

Banyak alasan yang membuat Bogor jadi hunian nyaman, tapi lebih dari itu daerah ini juga potensial untuk Anda yang ingin investasi properti.

Menurut data, harga rumah di Bogor bisa meningkat lebih dari Rp 4 juta per meter persegi hanya dalam kurun satu tahun. Jadi terlepas dari Anda mencari rumah dijual di Bogor untuk hunian maupun investasi, keduanya sama-sama menguntungkan.

Yuk, simak beberapa contoh rumah dijual di Bogor berikut :

Ada Mutiara Platinum Bogor, yang berada di lahan seluas 1.200 hektar dan ditawarkan dengan harga Rp1,2 miliar. Proyek dari PT Permata Sakti Mandiri ini menawarkan hunian dengan suasana yang sejuk dan asri dengan pemandangan langsung Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango.

Unit yang tersedia semuanya terdiri dari 2 lantai dan 3 kamar tidur, dengan luas bangunan antara 82 m2 hingga 88 m2. Kelebihan lainnya, perumahan ini juga dekat ke pusat wisata air seperti The Jungle Water Adventure, The Jungle Fest, Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor.

Ada pula The Anggana Village persembahan PT Adhi Persada Properti dan dikembangkan di atas lahan seluas 8,35 hektar.

Beberapa pilihan rumah dijual di Bogor (sumber gambar:theangganavillage.com)

Hadir dengan berbagai tipe mulai dari 36/84, 54/105 hingga 72/105, dimana harganya dibanderol mulai dari Rp 665 juta.

Nah, kalau Anda mencari rumah dijual di Bogor 500 juta ke bawah misalnya, bisa coba perumahan Villa Bogor Indah. Hunian ini berluas 60 m2 dengan 2 kamar tidur, kamar mandi, carport, daya listrik 1300W dan bisa didapatkan dengan harga Rp 420 juta. Atau mau lebih murah lagi? coba perumahan Harvest City, yang berada di kawasan Cileungsi, Kabupaten Bogor dan berdiri di atas lahan seluas 1.350 hektar dengan tipe bervariasi, mulai tipe kecil, menengah hingga mewah.

Dari situs jual beli properti www.99.co /id, Salah satu unit sekunder di perumahan ini ditawarkan dengan harga Rp 300 juta saja. Hunian ini memiliki luas lahan 78m2 dan luas banguan 29m2, dilengkapi dengan 2 kamar tidur dan kamar mandi.

Jadi, sudah siap berburu info rumah dijual di Bogor?  Selamat mencoba ya!

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!