CARA MEMPERBAIKI PONSEL DENGAN MODE AMAN

Seiring dengan waktu yang terus berjalan, peralatan dan barang barang yang kita punya akan mengalami kerusakan. Salah satunya adalah Ponsel. Ponsel adalah barang wajib yang setiap hari di bawa dan diotak atik. Jika bermasalah akan sangat merugikan diri sendiri. 

Seperti kepunyaan saya ponsel Android yang mulai bermasalah dan bertingkah tidak semestinya.  Tiba-tiba saja aplikasi dalam ponsel Android saya tiba-tiba tidak bisa dibuka dan kadang berjalan lebih lambat dari biasanya. Ponsel saya juga sering tiba-tiba menutup sendiri, atau muncul iklan pop up entah dari mana datangnya, serta terdapat hal-hal aneh lainnya. 

Saya yang gaptek mulai mencari tahu penyebabnya. Tentu saja cari tahunya dari Mbah Google. Setelah menelusuri dari sana sini, ternyata kondisi ponsel Android saya yang demikian tersebut bisa disebabkan oleh sesuatu yang salah seperti aplikasi pihak ketiga yang gak bener, adanya virus dan juga hal-hal lain yang ada didalamnya. 

Kondisi ini hampir sama dengan sistem operasi lain seperti halnya dalam Windows.  Semakin banyak aplikasi yang diinstal,  semakin banyak beban yang dibawa oleh sistem android, sehingga kemungkinan terjadi kesalahan atau error juga jadi lebih besar. Sistem kerja juga menjadi semakin lambat dan pada akhirnya bermasalah seperti yang saya alami. 

Memperbaiki Ponsel dengan Mode Aman

Hal yang kemudian saya lakukan untuk memperbaiki sendiri ponsel Android saya adalah dengan memeriksa aplikasi-aplikasi dalam ponsel yang telah saya instal. Apakah bermasalah atau tidak. Oleh karenanya saya mengeceknya perlu dengan masuk ke dalam Safe Mode atau Mode aman. Seperti yang saya baca di panduan mbah googke, Tekniknya ternyata hampir sama dengan safe mode dalam sistem Windows.

memperbaiki ponsel dengan mode aman


Untuk masuk, mengaktifkan dan memperbaiki ponsel dengan Mode Aman, begini cara yang saya lakukan : 


Pertama-tama
, saya tahan tombol power pada ponsel Android seperti akan mematikannya. Saat muncul beberapa pilihan menu pada jendela,  jari saya tahan sebentar pada menu “Power off” atau “Daya mati” dan hingga muncul sebuah pesan yang memberitahukan bahwa ponsel akan masuk kedalam menu “Safe Mode” atau dalam bahasa Indonesia disebut mode aman.

Cara ini dapat  dilakukan pada ponsel Android merek Samsung seperti yang saya punya sebelumnya. Atau bisa juga dipraktekkan pada ponsel merek Sony, LG, HTC, Motorola, Huawei serta beberapa ponsel android merek lainnya yang setara. Dan ini lumayan berhasil.

Baca juga : Asyiknya memiliki Asuspro P2430

Agar hasil yang didapat lebih oke, saya juga mencoba Cara lain seperti panduan lainnya, yakni  dengan benar-benar mematikan ponsel android saya. Kemudian saya hidupkan lagi. Saat logo dari pabrikan muncul, saya segera tekan tombol volume bawah. Sama seperti sebelumnya, saya tunggu hingga ada sebuah pesan pemberitahuan bahwa ponsel masuk dalam menu mode aman (safe mode).

Cara kedua ini dapat dilakukan juga pada ponsel android merek Samsung, LG, HTC, serta ponsel Nokia X.

Perlu diketahui bahwa mengaktifkan fitur “Safe Mode” pada beberapa ponsel android versi lama, mungkin hanya bisa dilakukan dengan menggunakan cara yang berbeda. Bisa dengan tombol pintas tertentu atau kombinasi tombol-tombol. Di beberapa ponsel Motorola keluaran lama, safe mode bisa diaktifkan dengan menekan kedua tombol volume selama power up. Sedangkan pada beberapa ponsel Samsung Galaxy versi lama, safe mode hanya dapat dilakukan dengan menekan tombol menu kapasitif saat telepon booting. 

Itulah cara yang sudah saya praktekkan saat memperbaiki ponsel dengan mode aman karena ponsel Android yang lemot dan tidak merespon. Saat sudah selesai memperbaiki perangkat Android yang bermasalah, saya tak lupa untuk mematikan ponsel dan menghidupkan kembali guna masuk kedalam modus normal. Ponselpun kembali bekerja normal dan tidak lemot lagi.

Baca tips dan trik lainnya

1. Cara Mengolah Daging menjadi Sosis

2. Cara Agar Menonton DVD tidak mengganggu kesehatan

Silahkan berikan saran dan komentar jika Anda punya pengalaman lain memperbaiki ponsel dengan mode aman, atau anda bisa bagikan informasi ini jika dirasa bermanfaat bagi anda dan orang-orang disekeliling Anda. Jangan lupa follow Twitter @Munasyaroh_fadh untuk mendapatkan update terbaru blog ini.

9 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!