CARA MENJADI BLOGGER YANG BISA DIPERCAYA

Menulis di dunia maya seperti blog sangat digandrungi saat ini. Penulis blog atau yang biasa disebut blogger, sekarang ini jumlahnya juga semakin banyak dan merajalela. Pada awalnya sebuah blog digunakan sebagai sarana bagi penulisnya untuk mencurahkan isi hati dan pikirannya seperti halnya menulis buku harian, novel dll tapi dalam bentuk situs.

Namun seiring perkembangan zaman, isi dari blog makin berkembang dan bisa bermacam-macam. Bisa berupa informasi, tutorial hingga iklan. Aktivitas menjadi blogger yang awalnya hanya sekedar iseng dan hobi sekarang ini juga bisa dijadikan ladang penghasilan dan monetisasi.

Di kalangan blogger, sekarang ini sedang ramai dibicarakan tentang Blogger bodong, Blogger bodrek, Blogger karbitan dan lain sebagainya. Tingkah laku blogger juga kerap dijadikan sindiran dan gunjingan antar sesamanya. Semua itu mungkin tidak terlepas karena adanya kemudahan untuk menjadi seorang blogger dan juga perilaku dari blogger sendiri yang tidak bisa dipercaya.

Membahas mengenai perilaku dan kelakuan blogger, mbak Ade Delina Putri dalam program Blogger Muslimah Sisterhood minggu ketiga telah menuliskan sebuah ulasan menarik mengenai Menjadi Blogger yang Bisa Dipercaya. Menurut mbak Ade, apapun profesi yang digeluti kita harus bisa menjadi orang yang bisa dipercaya, termasuk profesi blogger yang saat ini sudah tidak bisa diremehkan lagi keberadaannya.

Tak dapat dipungkiri dalam dinamika kehidupan, memang ada yang  baik dan ada yang buruk. Ada yang suka dan ada yang tidak menyukai. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Begitu juga dalam dunia perbloggingan. Agar dapat menjadi blogger yang bisa dipercaya berikut beberapa hal yang harus dilakukan :

1. Tentukan Tujuan Ngeblog 

Sebelum memasuki dunia blogging, alangkah baiknya kita menentukan terlebih dahulu tujuan kita ingin terjun ke dunia blog? apakah hanya ingin menuangkan tulisan saja, karena hoby atau karena ingin menghasilkan uang. Dengan menentukan tujuan yang jelas, maka kita akan memiliki motivasi untuk mengembangkan blog dan akhirnya bisa menjadi blogger yang bisa dipercaya. Kalau hanya sekedar ikut-ikutan saja tanpa punya tujuan yang jelas, atau untuk pamer alangkah baiknya jika niat jadi Blogger diurungkan karena itu menciderai citra blogger secara keseluruhan.

Baca juga : Cara Membuat Konten Lebih Kreatif


2. Menentukan Topik yang Tepat

Setelah menentukan tujuan, hal berikutnya yang penting adalah menentukan topik pembahasan dalam blog. Tidak peduli kegiatan blogging hanya untuk sekedar kesenangan ataupun untuk mencari uang, menentukan topik yang dibahas juga sama pentingnya.

Kita bisa memilih topik campuran maupun topik yang fokus. Jika memilih topik campuran berarti nanti harus membahas banyak topik pada satu blog. Tapi yang paling bagus adalah memilih topik yang fokus artinya menentukan satu topik saja dalam satu blog.

Tentukanlah topik tertentu yang sekiranya kita pahami atau kuasai dengan baik. Jika kita ahli bidang masakan, kita bisa menulis tentang topik masakan, atau jika kita suka jalan-jalan kita bisa menulis tentang traveling. Topik-topik lain bisa kita ciptakan berdasarkan pengalaman, minat, kesukaan maupun keahlian kita. Hal itu bukan berarti kita harus mengetahui ‘segalanya’ tentang topik tersebut, tapi paling tidak kita harus lebih mengetahui dibandingkan rata-rata pengunjung blog kita.

Memang tidak salah jika kita membahas topik campuran di blog kita, namun setidaknya kita paham dengan topik-topik tersebut dan ada garis merah yang menghubungkan antar topik. Jika kita membahas sesuatu yang tidak kita pahami sama sekali atau membahas topik yang bertolak belakang dalam satu blog, tentu akan menjadi bumerang bagi diri sendiri. Predikat blogger yang bisa dipercaya pasti sulit untuk didapatkan.

3. Kemampuan menulis

Dunia menulis kini bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dengan metode yang berbeda-beda. Ada yang masih di atas kertas, di komputer, dan juga di dunia maya seperti blog, media sosial dan lain-lain. Dengan menulis seseorang bisa menuangkan ide, uneg-uneg dan juga karyanya dengan leluasa. Seorang blogger hakekatnya adalah penulis di blog yang dikelolanya.

Baca juga  : Keuntungan Menjadi Freelance Penulis


Sebagai seorang penulis yang karyanya dibaca orang di seluruh penjuru dunia, seorang blogger tentunya harus memiliki kemampuan menulis yang baik. Dimulai dari struktur kata, tanda baca hingga tata bahasa harus dikuasai dengan baik. Kalau misalnya kita sendiri membaca blog yang banyak typo didalam tulisannya atau terdapat struktur kata yang susah dipahami tentunya kita sendiri malas untuk melanjutkan membacanya. Apalagi kalau terdapat banyak bahasa alay, penuh singkatan dan lain sebagainya. Oleh karena itu agar dapat menjadi blogger yang bisa dipercaya kemampuan menulis harus diperbaiki dan ditingkatkan.

4. Menjaga etika 

Seorang Blogger adalah salah satu pihak yang ikut berjasa dalam memberikan informasi sekaligus menyebarkannya secara online. Dalam mencari informasi dan menyebarkannya lewat tulisan, seorang blogger mau tidak mau harus berhubungan /bersentuhan dengan pihak lain. Oleh karena itu agar dapat dipercaya, seorang blogger juga harus bisa menjaga etika dalam pergaulannya. Hal ini dilakukan agar tidak menciderai predikat blogger secara keseluruhan dan menimbulkan cemoohan.

Menjadi blogger yang bisa dipercaya

Agar dapat menjadi blogger yang bisa dipercaya, etika yang harus dimiliki oleh seorang blogger diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Tidak mencopas isi blog lain secara keseluruhan baik kata, gambar maupun alur ceritanya. 
  • Memberikan informasi yang jelas kebenarannya, sesuai fakta dan pengalaman sendiri. Tidak ada unsur hoak atau menipu. Atau setidaknya mencari referensi dari sumber yang terpercaya. 
  • Menepati syarat dan ketentuan dalam hubungan kerja sama, baik job review, content placement, maupun sponsor post lain. 
  • Tidak menunda-nunda postingan, apalagi sampai melewati masa deadline. 
  • Tidak membawa pasangan, anak atau anggota keluarga dalam suatu undangan/event yang diperuntukkan untuk blogger kecuali sudah ada izin/persetujuan dari panitia penyelenggara. 
  • Tidak menjelek-jelekkan orang atau pihak lain yang tidak disukai dalam postingan blog.  
  • Tidak menggunakan kalimat yang bernada SARA, perjudian dan pornografi. 
  • Bersedia meralat informasi yang telah ditulis dalam blog jika di kemudian hari terdapat kesalahan dalam memuat tulisan di blog.
  • Terdapat identitas pemilik blog yang bisa dihubungi, minimal nama dan kontak email 

5. Memiliki jaringan (network)

Agar menjadi blogger yang bisa dipercaya, seorang blogger harus memiliki jaringan /network yang baik. Minimal blogger harus memiliki hubungan baik dengan blogger lain. Dengan memiliki jaringan, seorang blogger akan mendapatkan banyak manfaat didalamnya. Selain bisa lebih dipercaya pihak lain, Blogger juga bisa mendapatkan ilmu,  wawasan, teman baru dan juga ide-ide segar dalam tulisan.

Jaringan atau network bagi blogger ini penting karena dari sesama teman seprofesilah kita bisa mendapatkan penilaian apakah kita blogger yang bisa dipercaya atau tidak.

Demikianlah cara menjadi blogger yang bisa dipercaya yang dapat saya tuliskan. Saya sendiri masih tahap belajar dan terus belajar untuk menjadi blogger.Jika ada sanggahan, kritikan, pertanyaan atau tambahan bisa ditulis di kolom komentar. Dengan senang hati saya akan menerimanya.

15 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!