Cara Sederhana Untuk Hemat Energi

Dewasa ini pertumbuhan ekonomi di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. Kecanggihan teknologi membuat penggunaan berbagai energi cenderung naik karena kebutuhan yang sangat banyak dan beragam. Hal negative yang ditimbulkannya ialah adanya krisis energi akibat penggunaan sumber energi yang terus menerus tanpa disertai pengadaan sumber energi baru.
Sumber energi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia antara lain adalah Energi listrik, minyak bumi, bensin, batubara, elpiji dan lain-lain.
Kalangan ahli memprediksi pada  tahun 2025 atau paling lambat tahun 2030 di Indonesia akan mengalami suatu krisis energi yang parah.  Gejala awalnya sudah  tampak sejak beberapa tahun belakangan ini, misalnya saja adanya pemadaman listrik bergilir di berbagai wilayah Indonesia, kelangkaan bahan bakar elpiji, keterbatasan minyak tanah dan lain sebagainya, yang paling banyak dirasakan oleh banyak orang adalah adanya kenaikan harga BBM baru baru ini.
Cara sederhana hemat energi
Sebenarnya krisis energi dapat kita  antisipasi dari sekarang sehingga nanti bisa menggunakan sumber energi lebih lama lagi. Caranya adalah melakukan gerakan hemat energi secara nyata dan total.

Jika ada kesadaran dari instansi pemerintah, kelompok industri dan kalangan masyarakat yang mau mengurangi konsumsi energi secara nyata dan menggunakannya dengan efisien tentunya akan lebih baik. Namun jika tidak memungkinkan tentunya bisa dimulai dari diri sendiri sehingga nantinya dapat menular pada yang lain.

Adapun cara sederhana hemat energi yang bisa kita lakukan antara lain adalah :

MEMBIASAKAN JALAN KAKI

Jalan kaki itu menyehatkan. Untuk bepergian ke tempat yang jaraknya ratusan meter, kita bisa membiasakan untuk berjalan kaki saja. Disamping menyehatkan juga dapat mengurangi penggunaan BBM (premium). Jika tubuh sehat tentunya bisa lebih menghemat uang juga untuk berobat.

MELAKUKAN PERMAINAN TRADISIONAL

Permainan modern seperti game dan play stasion tentunya membutuhkan banyak energi listrik dan juga membuat mata lelah. Selain itu banyak sekali dampak yang dihasilkan. Sudah saatnya kita kembali ke permainan tradisional yang tidak mahal dan tidak menghabiskan energi seperti gobag sodor, dakon, kelereng, gasing, kepruk kendil dsb.

MEMAKAI ENERGI ALTERNATIF

Banyak ahli dan peneliti yang berhasil menciptakan sumber energi alternatif baru yang lebih ramah lingkungan untuk menggantikan sumber energi yang telah ada.  contohnya adalah sumber energi matahari, energi dari sampah, energi dari enceng gondok dan sebagainya. Mengenai caranya anda bisa mencarinya di google, jika dijelaskan disini terlalu panjang.
image

BIJAK MENGGUNAKAN ENERGI

Jika mau hemat energi, hal yang paling dasar tentunya adalah menggunakan energi sesuai keperluan, tidak berlebihan. Contoh kecilnya adalah mematikan alat-alat listrik yang tidak digunakan, menggunakan alat hemat energi dan lain lain. Keuntungan bijak menggunakan energi adalah disamping dapat menghemat sumber energi juga dapat memperkecil tagihan listrik serta membuat alat alat yang kita pakai bisa awet tahan lama.

Demikianlah cara sederhana hemat energi yang bisa dipraktekkan bersama. Semoga bermanfaat.

3 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!