Festival Millenial Berkarya, Yang Muda Yang Berkarya

Konsep Millenial Berkarya yang digagas oleh PT Semen Indonesia patut mendapatkan apresiasi yang tinggi. PT Semen Gresik pada Festival Millenial Berkarya yang diadakan di Wisma Djendral Ahmad Yani Gresik hari Jumat 23 November kemarin, telah berhasil mengumpulkan banyak sekali generasi milenial yang memiliki ide, karya dan prestasi yang membanggakan. Mereka ini bukan hanya mencetuskan ide saja, namun sudah melakukan banyak hal positif untuk lingkungan dan masyarakat sekitar.

Festival Millenial Berkarya

Pada event Festival Millenial Berkarya tersebut, saya sendiri menjadi saksi betapa ada banyak generasi muda Indonesia yang sudah berkiprah luar biasa untuk kehidupan mereka dan juga untuk orang-orang di sekitarnya. Mereka tidak segan membagi ilmu dan pengalamannya. Mereka juga berhasil dalam menciptakan karya-karya yang luar biasa dan berkontribusi pada Negara Indonesia.

Disamping ada Fico Fachriza (Komika Kenamaan), Vikra Ijas (Co Founder Kitabisa.com) dan juga Kevin Hendrawan (Youtuber) yang menjadi pembicara utama dalam festival tersebut. Ada juga Aini Hanifa (Founder Surabaya Youth), AgoesSam (Owner Coffee Talk Surabaya), Nuri Fauziah (Psikolog Trainer & Founder Komunitas Jomblo Beriman, dan Aditya Abdurrahman (Founder Better YouthFoundation, Founder Main ke Masjid & Pembina Punk Muslim) yang mengisi berbagai kelas interaktif buat kaum milenial.

Setelah acara sambutan dari Direktur Marketing dan Sales Semen Indonesia, Adi Munandir, pembicara pertama yang naik panggung dalam Festival Millenial Berkarya 2018 adalah Fico Fachriza. Awalnya Fico menceritakan perjalanannya dari orang biasa yang baru lulus sekolah dan tidak terkenal sama sekali hingga akhirnya bisa masuk ke dalam jajaran Komika terkenal yang keluar masuk TV. Bahkan dia juga sudah pernah main film dengan aktor-aktor kenamaan yang biasanya hanya dilihat di Televisi.

Festival Millenial Berkarya
Fico Fachriza dalam Festival Millenial Berkarya

Perjalanan Fico hingga seperti ini tentu tidak semulus yang dilihat. Ada masa-masa keterpurukan yang dialami. Fico pernah mengalami masa-masa sulit saat menggunakan narkoba. Alhamdulillah berkat motivasinya yang tinggi dan dukungan keluarga, akhirnya dia bisa lepas dari Narkoba dan bisa terus berprestasi.

Fico menjadikan media sosial YouTube sebagai tempat curhatnya sekaligus penyemangat buat orang-orang yang terjerumus kedalam Narkoba. Nico berharap supaya orang-orang yang terjerat Narkoba bisa terlepas sepenuhnya dan menciptakan karya-karya positif. Bagaimanapun juga pemakaian Narkoba tidak akan menghasilkan apa-apa justru malah merugikan diri sendiri.

Baca juga : Peran Generasi Muda Dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Setelah Fico, pemateri kedua yang naik keatas panggung adalah Vikra Ijaz. Pria yang memiliki rambut gondrong ini adalah Co-Founder Kitabisa.com yang merupakan platform penggalangan dana sosial yang sangat hits di dunia digital. Pada kesempatan tersebut, Vikra menceritakan perjalanan hidupnya yang tidak mulus seperti kelihatannya.

Festival Millenial Berkarya
Fikra Ijaz Dalam Panggung Festival Millenial Berkarya

Sebelum berhasil dengan platform KitaBisa.com, Vikra sempat membuat platform lain yang berhasil di perencanaan namun ternyata gagal di hasil akhirnya. Sampai akhirnya dia bertemu dengan seorang teman dan berhasil Mengembangkan pemuda peduli bangsa dengan berbagi melalui platform Kitabisa.com yang sangat sukses hingga saat ini.

Di sesi ketiga Festival Millenial Berkarya, ada Kevin Hendrawan yang lebih dikenal sebagai Host TV dan Youtuber kondang yang menceritakan berbagai pengalaman dan motivasi hidupnya. Pada kesempatan tersebut Kevin menceritakan segala kepahitan hidupnya sebelum menjadi terkenal seperti sekarang ini.

Kevin bercerita kalau dulunya dia hanyalah orang biasa yang kerja membanting tulang dengan berjualan martabak dan membuka usaha laundri untuk mencukupi kebutuhan dirinya dan keluarganya. Sampai akhirnya bisa menjadi terkenal, ada banyak usaha dan kerja keras yang dilakukannya. Untuk menjadi Youtuber terkenal saja, Kevin harus berusaha keras dengan mengunggah lebih 126 video di YouTube. Kesemuanya tidak mendapatkan hasil yang gemilang, baru pada video ke-127 yang bertemakan pokemon, nama Kevin mulai terkenal dan videonya ditonton banyak orang.

Festival Millenial Berkarya
Kevin Hendrawan bersama para Blogger sebelum naik panggung Festival Millenial Berkarya

Dari ketiga pemateri Festival Millenial Berkarya kemarin, bisa diambil kesimpulan bahwasanya untuk mencapai sebuah kesuksesan perlu adanya kerja keras dan kekonsistenan. Kesuksesan itu tidak bisa didapatkan secara instan, harus melewati banyak proses. Oleh karena itu bagi para millenial, daripada cuma melototin kehidupan orang lain yang sukses atau bahagia di dunia maya, lebih baik berkarya dan terus berkarya.

Selain menghadirkan talenta talenta muda yang luar biasa, Festival Millenial Berkarya juga dimeriahkan oleh berbagai both yang luar biasa pula. Komunitas-komunitas yang anggotanya adalah kaum millenial muda memamerkan aneka kreativitas dan inovasi mereka dalam both-both yang keren.

Ada both Kelas Inspirasi Gresik, Polyglot Indonesia, P!yc, marching band Semen Indonesia, Gresik Fit Squad, dan Swelagiri. Kesemuanya keren dan bikin decak kagum. Yang paling menarik adalah both foto180 derajat yang super keren. Mumpung ada kesempatan, saya ikutan foto-foto disana. Inilah hasilnya :

Semoga kedepan, Festival Millenial Berkarya lebih sering diadakan dan ada lebih banyak lagi kaum muda yang berkarya serta dapat menciptakan hal-hal yang luar biasa.

(Visited 34 times, 1 visits today)
7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!