INVESTASI REKSADANA UNTUK MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK

Semenjak dulu saya sudah ditanamkan kebiasaan menabung oleh orang tua. Entah itu menabung di celengan, atau menabung di sekolah selalu rutin saya lakukan. Bahkan hingga kini, kebiasaan tersebut masih saya lakukan. Tujuan menabung tersebut tentunya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk persiapan dana di masa depan. Jika ada keadaan darurat atau kepentingan yang mendesak, tabungan tersebut bisa digunakan.

Namun setelah saya pikir lebih dalam dengan mempertimbangkan berbagai aspek, ternyata menabung konvensional di celengan maupun menabung di bank, keduanya memiliki kekurangan yang sangat mencolok. Satu diantaranya adalah karena tabungan yang disimpan tidak bisa mengimbangi laju inflasi. Berapapun jumlah rupiah dalam tabungan tidak bisa mengimbangi laju inflasi yang tiap tahun selalu meningkat.

Investasi Reksadana

Inflasi mengakibatkan nilai mata uang yang saya miliki, menurun secara sistematis. Contohnya saat ini, uang sebesar Rp. 10.000,- jika dibelikan gorengan bisa mendapatkan 10 buah gorengan. Namun di tahun depan, dengan uang yang sama, yakni Rp. 10.000,- jika kita belikan gorengan yang sama, mungkin hanya akan mendapat 5 atau bahkan 2 buah gorengan saja. Demikian halnya dengan uang tabungan saya di bank. Setiap tahun pasti nilainya kalah dengan laju inflasi yang terjadi.

Baca juga : Mencintai Rupiah Tidak Sekedar Ingin Memilikinya

Mencermati hal tersebut, saya kemudian kepikiran untuk berinvestasi untuk persiapan perekonomian di masa depan. Berhubung modalnya cuma sedikit, saya sadar gak mungkin bisa berinvestasi tanah atau investasi emas seperti orang kaya yang berlebihan uang. Kalau investasi tanah minimal harus punya uang Rp 50 juta, investasi emas juga membutuhkan modal yang tak sedikit. Risikonya juga terlalu besar. Setelah nyari dan baca-baca berbagai referensi tentang investasi terbaik, Rencana pilihan saya akhirnya jatuh pada investasi reksadana. (Baca juga : Mari Berinvestasi Dengan Reksadana)

Mengapa Harus Reksadana?

Investasi jenis ini cocok bagi pemula seperti saya. Untuk berinvestasi di Reksadana tidak memerlukan modal yang besar. Dengan uang Rp100.000 saja bisa berinvestasi di Reksadana. Modal dana yang disetorkan akan digabungkan dengan dana dari investor-investor lainnya oleh Manajer Investasi.

Manajer Investasi sendiri merupakan institusi professional yang berpengalaman dalam mengelola investasi. Oleh Manajer Investasi, semua dana yang terkumpul akan diinvestasikan ke beberapa jenis investasi lain seperti saham, obligasi dan deposito. Metode investasinya sendiri dilakukan dengan strategi khusus yang jitu.

Selain itu, Investasi Reksadana juga memiliki berbagai kelebihan, diantaranya :

  1. Kemudahan bertransaksi.
    Pembukaan rekening, pembelian hingga penjualan reksadana dapat mudah dilakukan dengan bantuan dari Manajer Investasi.
  2. Pengelolaan Dananya Professional
    Manajer Investasi tentunya akan membantu dalam mengelola dana yang kita miliki agar berkembang secara optimal, berdasarkan keahlian dan pengalaman yang mereka punyai.
  3. Biaya Terjangkau
    Saat ini cukup dengan uang Rp. 100.000,- saja, kita sudah dapat membuka rekening investasi reksadana.
  4. Keuntungan Diversifikasi
    Dana yang disetorkan tentunya akan dikelola oleh Manajer Investasi dengan sebaik-baiknya. Manajer Investasi akan senantiasa berupaya untuk mencapai target ideal pengembangan dana, dengan meminimalkan kerugian dan memaksimalkan keuntungan.

Karena investasi Reksadana bergantung pada Manajer Investasi, sebelum bergabung tentunya harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai profil manajer investasi yang akan diajak kerja sama. Memang ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dan dicermati betul-betul, seperti ijin dari OJK, jumlah aset yang dikelola, jumlah nasabah yang dimiliki, kinerja historis/performa dari dana yang dikelola, biaya yang muncul selama investasi, kualitas layanan dari Manajer Investasi dan masih banyak yang lainnya. Semoga saya tidak salah pilih orang nantinya.

Baca juga : Cara Mudah Mendapatkan Modal Dengan Cepat

Dimana Bisa Investasi Reksadana?

Di zaman now yang perkembangan internetnya sudah sedemikian pesat, tentunya tidak perlu bingung lagi bingung mencari tempat untuk berinvestasi reksadana. Tidak perlu pergi ke kota dan mencari bank-bank besar hanya untuk mendaftar jadi investor reksadana. Karena sekarang ini sudah marak penyedia jasa investasi yang berpromosi di dunia maya. Salah satunya adalah POEMS ProFunds.

POEMS ProFunds merupakan supermarket reksadana online yang dirancang untuk memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin memulai investasinya di reksadana. POEMS ProFunds merupakan produk reksadana online milik Phillip Sekuritas Indonesia yang sudah teruji di Asia Tenggara. Semua orang bisa berinvestasi reksadana di manapun dan kapanpun melalui POEMS ProFunds ini. POEMS ProFunds dapat diakses melalui website, atau dengan menginstall mobile apps pada smartphone.

Dengan menggunakan aplikasi POEMS di berbagai platform tersebut, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi reksadana seperti membeli, menjual atau sekedar memantau perkembangan investasi yang sedang dikelola oleh Manajer Investasi. Dengan POEMS, nasabah dapat membeli reksadana dan saham dalam satu platform dengan mudah. Informasi yang mendukung investasi reksadana seperti prospektus, kinerja, fund fact sheet, ditampilkan secara online dengan cepat.

Selain kemudahan dan kecepatan akses informasi reksadana, melalui POEMS ProFunds nasabah juga tidak perlu kuatir mengenai keamanan setiap transaksi yang dilakukan. Hal ini karena setiap transaksi sudah dilindungi dengan teknologi enkripsi SSL (Secure Socket Layer) 256 bit yang sudah diverifikasi dan diakui keamanannya.

Banyak yang bilang, investasi reksadana itu mahal? Nyatanya dengan POEMS ProFunds, mayoritas reksadana harganya cuma Rp 100.000,- saja. Produk dari PT Eastspring Investments Indonesia contohnya, terdapat 3 produk reksadana milik PT Eastspring Investment Indonesia di POEMS Profunds yang berharga mulai dari Rp 100.000,-. Produk tersebut antara lain Eastspring Investments Alpha Navigator, Eastspring Investments IDR High Grade dan Eastspring Investments Value Discovery. Murah kan?

Atau masih kurang murah? Tenang…. ada produk reksadana dari PT Phillip Asset Management, yang bisa dimulai dari Rp 50.000,- saja. Ada 4 produk reksadana PT Phillip Asset Management di POEMS ProFunds antara lain Phillip Money Market Fund, Phillip Rupiah Balanced Fund, Phillip Government Bond, Phillip Equity Extra. Untuk melihat daftar reksa dana lainnya bisa kunjungi link : http://www.poems.co.id/supermarketreksadanaonline/

Untuk teman-teman yang baru mulai dalam investasi reksadana, ada 2 fitur cerdas yang tersedia di POEMS Profunds, yakni fitur SmartStart dan juga fitur SmartPlan. Masing-masing penjelasannya adalah sebagai berikut :

Fitur SmartStart adalah fitur Paket rekomendasi berisi pilihan reksadana, yang sudah dipilih oleh tim analisis Phillip Sekuritas Indonesia. Tersedia 3 paket rekomendasi sesuai dengan profil risiko konservatif, moderat dan agresif. Paket-paket dalam SmartStart di-review kembali setelah 3 bulan agar terus memberikan performa pertumbuhan yang baik. Jadi investor tidak perlu ragu-ragu untuk memulai Investasi reksa dana.

Sedang Fitur SmartPlan adalah fitur untuk disiplin berinvestasi. Pada dasarnya kunci keberhasilan dalam berinvestasi reksa dana adalah Disiplin. Fitur SmartPlan akan memudahkan kita dalam disiplin berinvestasi reksadana. Dengan fitur ini Kita bisa melakukan pembelian reksa dana pilihan secara otomatis setiap bulannya dengan jumlah dan pada tanggal yang telah kita tentukan sendiri.

Satu hal yang wajib diketahui, bahwa untuk berinvestasi reksa dana online, kita akan dibuatkan rekening efek (rekening khusus untuk investasi reksa dana), rekening ini dibuat atas nama kita sendiri jadi aman. Untuk memulai investasi reksadana melalui POEMS Profunds caranya mudah. Tata caranya bisa dilihat dalam gambar berikut:

Untuk kenal lebih lanjut tentang POEMS ProFunds, kunjungi Instagram @Talktophillip, dan untuk belajar reksadana kunjungi @Reksadanakucom. Yang mau langsung mendaftar dan membuka akun baru silahkan langsung klik http://phillip.co.id/Personal/GetStarted. Ayo segera investasi reksadana untuk masa depan yang lebih baik.

11 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!