PLUS MINUS TINGGAL DI APARTEMEN

Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang melaju cepat, tanah sebagai tempat hunian terasa makin sempit. Saat ini bangunan rumah bukan lagi satu-satunya pilihan sebagai tempat tinggal. Ada banyak pilihan lain yang bisa dijadikan hunian atau tempat tinggal. Salah satunya adalah apartemen.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta telah banyak dibangun apartemen sebagai alternatif tempat tinggal bagi warganya baik untuk sementara maupun untuk selamanya.

Terbatasnya lahan untuk mendirikan pemukiman horizontal atau rumah di daerah perkotaan dan harga tanah yang relatif mahal membuat para pengembang industri perumahan berlomba-lomba membangun apartemen dengan harga yang lebih terjangkau.

Apartemen
Ilustrasi apartemen (sumber : pixabay)

Saat ini apartemen telah menjadi alternatif pilihan tempat tinggal yang sedang trend di masyarakat.Banyak sekali apartemen dijual di kota-kota besar yang bisa menjadi pilihan. Agar tidak menderita kerugian dan menyesal di kemudian hari, masyarakat harus bisa memilih apartemen yang tepat yang sesuai dengan budget dan kebutuhannya.

Jika kebutuhan apartemen tidak terlalu mendesak atau hanya membutuhkan tempat tinggal untuk beberapa waktu saja, ada banyak juga apartemen disewakan yang bisa memenuhi kebutuhan tempat tinggal sementara bagi masyarakat.

Pilihan menjadikan bangunan berbentuk vertikal seperti apartemen tentu memiliki plus minus tersendiri. Tinggal bagaimana kita dengan bijak menyikapinya. Berikut adalah plus minus atau kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen.


NILAI PLUS TINGGAL DI APARTEMEN

  1. Akses dalam kota relatif cepat karen apartemen biasanya dibangun di lokasi-lokasi strategis, yang dekat dengan pusat bisnis atau perkantoran.
  2. Lebih praktis karena tidak perlu direpotkan mengurus segala sesuatu di lingkungan wilayahnya seperti kebersihan, sarana pembuangan, air, atau sirkulasi udara karena sudah ada pengelola yang bertanggung jawab akan hal itu.
  3. Tingkat keamanan lebih tinggi karena adanya penjagaan 24 jam dan CCTV yang memantau. 
  4. Lingkungan nyaman karena bebas kebisingan dan kegaduhan.
  5. Fasilitas di dalam komplek apartemen relatif lengkap. Biasanya sudah ada sarana kebugaran seperti fitness center, kolam renang, taman bermain, minimarket, restoran, cafe, dan fasilitas lainnya di dalam bangunan apartemen sehingga membuat penghuninya tidak perlu pergi terlalu jauh untuk memenuhi kebutuhannya.

 

NILAI MINUS TINGGAL DI APARTEMEN

  1. Adanya biaya perawatan ruang lingkup apartemen yang harus dibayar setiap bulan. Biaya ini digunakan untuk membayar penggunaan listrik di tempat umum, lift, kebersihan tempat umum, biaya petugas keamanan, kebersihan dan lain lainnya.
  2. Adanya aturan yang mengikat dan harus dipatuhi. Peraturan ini dibuat untuk kepentingan bersama para penghuni apartemen, jika tidak mematuhi harus siap dengan konsekuensinya. 
  3. Luas apartemen sangat terbatas dan hanya terdiri dari beberapa ruangan saja.
  4. Tingkat sosialisasi penghuni apartemen sangat sedikit, sikap tolong menolong dalam hunian hampir tidak ada. 
  5. Nilai investasi apartemen untuk jangka panjang lebih rendah dibandingkan dengan investasi rumah. 

Demikianlah plus minus tinggal di apartemen yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, sanggahan atau saran silahkan tinggalkan komentar dibawah.

One Comment

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!