Selain Menjanjikan, 5 Lowongan Kerja Sampingan ini Cocok Untuk Mahasiswa

Memang mahasiswa sambil kerja merupakan fenomena yang lumrah di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Banyak mahasiswa mencari lowongan kerja sampingan yang tepat untuk mengisi waktu luang mereka. Biasanya pekerjaan yang diambil mahasiswa adalah jenis part time yang dapat dikerjakan di sela sela kesibukan kuliah, atau pekerjaan yang hanya dilakukan pada libur semester saja, sehingga tak heran penghasilan dari pekerjaan part time tersebut hanya bisa untuk menambah uang saku atau keperluan kuliah lainnya. 

Menanggapi hal itu admin Coretan Dari Desa akan berbagi informasi terkait peluang kerja yang tidak hanya cocok, namun juga menjanjikan khusus untuk anda para mahasiswa. Berikut ulasannya:

1. Bisnis Online Shop

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi saat ini, membuat dunia menjadi tanpa batas. Melalui internet setiap orang di berbagai belahan bumi dapat berkomunikasi bahkan melakukan jual beli. Peluang inilah yang dapat anda manfaatkan untuk mencari penghasilan. 

Dengan menjadi pembisnis Online, mahasiswa tidak harus memerlukan modal yang besar dalam memulainya. Cukup dengan modal jaringan internet, laptop atau Smartphone yang tentunya sudah anda miliki, anda dapat memulai bisnis ini baik sebagai reseller maupun dropshipper. 

Dari sebuah penjualan online shop anda bisa mendapatkan keuntungan 10 – 20 %. Selain tidak memerlukan modal yang besar bisnis ini sangat menguntungkan dan menjanjikan. Di samping itu, yang paling terpenting bisnis ini tidak akan mengganggu kuliah anda, karena anda dapat menjalankannya di sela – sela waktu senggang.

Baca juga :Pengalaman Kerja Online Bersama Projects.co.id

2. Bisnis Makanan dan Minuman

Bagi anda para mahasiswa yang kreatif dan ingin mengasah kemampuan wirausaha. Salah satu yang dapat anda lakukan adalah menjadi pengusaha makanan atau minuman. Anda dapat membuka stand minuman, seperti jus buah misalnya atau membuat suatu makanan yang dapat anda pasarkan kepada teman kuliah anda. Agak sulit memang menjadi wirausaha sambil berkuliah, namun jika anda tekun dan ulet yakinlah usaha tersebut sangatlah menjanjikan. 

Dalam usaha makanan dan minuman kreatifitas dapat anda bubuhkan, anda dapat berinovasi terhadap makanan dan minuman yang anda tawarkan. Sehingga orang akan tertarik dengan makanan dan minuman anda. 

Jika kuliah terganggu dengan usaha ini, solusinya adalah anda dapat menjalankan usaha ini dengan sistem waralaba. Sistem ini sangat mudah dan praktis di jalankan dan pastinya tidak mengganggu aktifitas anda dalam berkuliah serta anda tetap mendapatkan keuntungan yang besar dari usaha ini.

3. Menjadi Tutor atau Privat

Jika anda memiliki kemampuan dalam menyampaikan suatu materi kepada orang lain, maka menjadi tutor atau jasa privat patut anda coba guna mendapatkan penghasilan disamping kesibukan menjadi mahasiswa. Baik membuka jasa privat sendiri atau bergabung pada jasa privat yang sudah terkenal, keduanya tentu akan menjadi lahan yang menjanjikan. Pasalnya pada saat ini jasa privat sangat diperlukan dalam menunjang pelajaran anak didik di sekolah. Rata – rata fee yang akan anda dapatkan sekitar Rp. 25. 000 – Rp.30.000 per jam. Bagaimana menguntungkan bukan?

Atau anda mahir dalam suatu keahlian seperti komputer atau servis elektronik bagi anda mahasiswa teknik, anda dapat membuka sebuah kursus pada bidang tersebut. Jasa seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Untungnya lagi bagi mahasiswa jasa ini tidaklah membutuhkan modal besar. Cukup dengan keahlian yang dimiliki,  maka dari kursus ini dapat dijadikan sebagai penghasilan yang menjanjikan.

4. Jasa Penerjemah, Tulis Artikel, dan Pengetikan



Pengetahuan yang luas pastinya dimiliki oleh mahasiswa. Hal ini mengingat jenjang pendidikan tinggi yang ditempuhnya. Sehingga tidaklah sulit jika anda para mahasiswa meraup penghasilan dari jasa penerjemah, menulis artikel bebas atau bahkan jasa pengetikan makalah, skripsi dan lain sebagainya. Konsumen jasa ini pun cukup banyak, asal gencar mempromosikan baik lewat dunia maya maupun nyata. Selain itu modal yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha inipun tidak besar, cukup dengan sebuah komputer atau laptop, serta jaringan internet saja anda dapat memulai melakukan usaha ini. Yang terpenting dari ini semua adalah kemampuan intelektual dan keahlian anda menulis. 

Baca juga : 10 Alasan Mengapa Keahlian Menulis Itu Penting

5. Jual Beli Gadget

Saat ini gadget merupakan salah satu hal yang tak dapat dilepaskan dari dunia anak muda, terutama kalangan Mahasiswa. Peluang inilah yang dapat anda manfaatkan dalam usaha mendapatkan penghasilan sampingan selain sebagai mahasiswa. Teman kuliah anda merupakan konsumen potensial dari bisnis jual beli gadget ini. Sehingga dalam menjalankan bisnis ini anda tidak perlu lagi mempersiapkan konter khusus. Cukup menawarkan gadget kepada teman anda saat kuliah atau saat kumpul dengan mereka. Bagaimana mudah bukan?. Kemudian jika anda sudah mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis ini, maka bolehlah anda membuka konter guna memperluas usaha anda.

Itulah 5 lowongan kerja sampingan yang dapat anda para mahasiswa jalankan sambil kuliah. Hal yang terpenting dari usaha – usaha tersebut adalah kesabaran, ketekunan, optimistik dan juga doa dalam menjalankan usaha. Menginagt status mahasiswa yang masih anda sandang, jangan sampai dengan menjalankan usaha tersebut kuliah yang merupakan pekerjaan utama anda terganggu, sehingga anda harus pandai mengatur waktu antara kewajiban anda sebagai mahasiswa dan usaha yang anda jalankan. Selamat mencoba, dan sukses selalu. 

4 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!