10 ALASAN MENGAPA MENULIS ITU PENTING 

​Menulis menjadi sesuatu yang sangat penting di zaman sekarang. Apakah ia seorang penulis atau tidak, keterampilan menulis harus dimiliki oleh setiap orang. Mengapa harus demikian? Berikut adalah 10 alasan mengapa menulis itu penting versi saya.

 

1. Kemampuan Dasar Manusia

 

Menulis itu penting karena merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki sejak masuk sekolah dasar.

3 kemampuan dasar yang harus dipunyai oleh anak-anak saat masuk bangku sekolah adalah membaca, menulis dan berhitung. Jika 3 kemampuan tersebut sudah dikuasai sebelum masuk Sekolah Dasar, predikat anak pintar pasti di dapat. Seiring perjalanan waktu kegiatan belajar anak akan terus berkembang hingga dewasa. Akan tetapi 3 kemampuan tersebut tetap berperan besar terhadap jenis pekerjaan yang digeluti.

2. Menjadi Bukti Sejarah

Menulis itu penting, karena dengan adanya tulisan bisa menjadi sebuah bukti nyata telah terjadi sesuatu hal yang penting di suatu masa. Pengetahuan suatu sejarah bisa diketahui oleh masyarakat berkat adanya tulisan-tulisan yang menjelaskannya. Seperti misalnya Sejarah pertama kali Islam Masuk Indonesia dapat diketahui berkat tulisan dari para penjelajah dunia dan juga ukiran-ukiran tulisan arab yang menjadi bukti nyata.

Begitu juga dengan sejarah Kerajaaan-kerajaan Indonesia dapat diketahui berkat adanya tulisan juga. Seandainya tidak ada tulisan yang diukir dalam prasasti, sejarah negara kita tidak akan pernah diketahui.

Baca juga : Sejarah adanya Perpustakaan di Dunia

3. Memberi Manfaat Pada Orang Lain

Menulis itu penting, karena dengan adanya tulisan kita bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan. Sesederhana apapun kata yang dituliskan, pasti bermanfaat bagi yang sedang membutuhkannya.

Menulis itu penting

Contoh rielnya adalah penulisan nama jalan atau arah yang hanya satu atau dua kata tapi bermanfaat besar bagi orang yang sedang dalam perjalanan. Tulisan-tulisan dalam buku, blog, surat kabar atau yang lainnya juga memberi banyak informasi bagi yang membacanya. Para pembaca pastinya dengan sengaja mencari informasi yang dibutuhkannya dalam tulisan-tulisan tersebut.

 

4. Sarana Komunikasi

Menulis itu penting karena menulis merupakan salah satu sarana komunikasi terpercaya. Komunikasi tertulis berbeda dengan komunikasi lisan yang dilakukan dengan mulut. Dalam komunikasi tertulis, penyampaian informasinya bisa lebih lengkap, sistematis dan terarah. Berbeda dengan komunikasi lisan yang kadang keluar dari koridor dan tidak lengkap.

Walaupun sama-sama kegiatan komunikasi, namun menulis memiliki karakteristik tersendiri. Pasa saat menulis jari-jemari kita dilatih untuk menyusun huruf-huruf menjadi kata, kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf, dan paragraf menjadi karangan. Jika ada yang tidak pas atau tidak dimengerti bisa dihapus atau diganti. Sedangkan dalam komunikasi lisan gerakan mulut saat berbicara tidak bisa diganti dan kadang tidak jelas dan susah dimengerti pendengarnya.

 

5. Bukti Keahlian

Menulis itu penting karena menulis dan menghasilkan sebuah tulisan bisa menjadi sebuah bukti keahlian seseorang. Karya tulisan seseorang (terutama yang diterbitkan baik berupa buku, media cetak, online, dan sebagainya) merupakan alur pemikiran mendalam dan komprehensif atas suatu permasalahan yang dipikirkan atau diteliti.

Seorang doktor misalnya, dia akan teruji keahliannya jika sudah bisa membuat teori baru atau karya baru dan menuliskannya pada sebuah karya tesis atau jurnal. Begitu juga dengan seorang yang lulus perguruan tinggi, dia akan teruji keahliannya dan berhak mendapatkan gelar sarjana jika sudah bisa menuliskan sebuah skripsi sesuai jurusan yang dipilihnya.

 

6. Sarana Untuk Mengembangkan Diri

Menulis itu penting karena bisa menjadi sarana untuk mengembangkan diri. Setiap manusia dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun sayangnya tidak banyak orang yang menyadari kelebihan yang di milikinya, sehingga potensi itu tidak bisa dioptimalkan dengan sebaik mungkin.

Salah satu kecerdasan yang dimiliki oleh manusia adalah kecerdasan Verbal Linguistik. Kecerdasan ini ditandai dengan kemampuan anak menggunakan bahasa yang baik dalam bertutur kata dan menulis. Seseorang yang memiliki tipe kecerdasan ini sangat mudah menyalurkan ide-ide yang ada pada dirinya lewat kata-kata atau tulisan. Tipe kecerdasan lain bisa dibaca di postingan Cerdas Bidang Apakah Kamu?

Dengan menulis, orang yang mempunyai kecerdasan verbal linguistik bisa mengembangkan dirinya dengan baik. Jika kita tidak mempunyai kepercayaan diri untuk berbicara di depan publik, kita bisa menuliskan apa yang ada di pikiran kita dan membacanya tanpa perlu merasa grogi atau takut salah.

 

7. Menjadi Terkenal

Menulis itu penting karena dengan menulis kita bisa terkenal. Tak terhitung orang yang bisa terkenal berkat tulisan yabg dibuatnya. Sebutlah Tere Liye, Radita Dika, Gola Gong, Andrea Hirata, Asma Nadia, Ayu Utami dan lain-lain. Mereka bisa terkenal berkat buku-buku yang dituliskannya. Begitu juga dengan pahlawan Indonesia RA Kartini, Multatuli dan lain lain, mereka dikenal dalam sejarah karena tulisan-tulisannya. Jika mereka tidak menuliskan pemikiran-pemikiran mereka, bisa dipastikan kita tidak akan bisa kenal dengan mereka.

 

8. Menghasilkan Uang

Menulis itu penting karena dengan menulis bisa menghasilkan uang juga. Lihatlah para penulis terkenal yang bukunya menjadi best seller, mereka mendapatkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit dari hasil karyanya. Begitu juga dengan seorang blogger yang awalnya dianggap sebelah mata, tapi kini mulai diminati oleh banyak orang karena berhasil menghidupi dirinya bahkan keluarganya. Lewat tulisan dalam blognya, seorang blogger bisa mendapatkan uang dari para sponsor yang memesan tulisannya.

 

9. Menyalurkan hobi

Menulis itu penting karena dengan menulis bisa menyalurkan hobi. Hobi atau kesukaan manusia bermacam-macam. Menulis adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan dan bisa dijadikan hobi. Dengan menulis, kita bisa mencurahkan segala keluh kesah, cerita suka, duka, bahagia, derita, semangat dan segala rasa. Dengan menulis bisa menguapkan beban meski tak semua. Dengan menulis bisa melipatgandakan kebahagiaan dan energy.

Dengan menjadikan menulis sebagai hobi, kita bisa menyampaikan pendapat dan isi pikiran kita kapan saja dan dimana saja, tanpa perlu halangan. Meskipun pada akhirnya hanya kita yang membacanya, namun dengan menulis dapat memberi semangat dan energi positif pada diri sendiri dan orang lain di sekitar kita.

 

10. Meningkatkan Konsentrasi

Menulis itu penting karena dapat meningkatkan konsentrasi. Dengan menulis, indera kita di ajak untuk fokus pada satu titik tertentu. Kita diajak untuk menyelesaikan satu permasalahan terlebih dahulu kemudian lanjut ke masalah selanjutnya. Dengan menulis kita diajarkan untuk konsisten dalam mencapai apa yang di inginkan, menajamkan semua insting dan indra kita untuk menghasilkan sebuah tulisan. Menulis sama dengan bermeditasi yang hanya fokus pada satu titik dan mengumpulkan energi positif dari sekitar.

Untuk membuat suatu tulisan yang dapat dibaca sebenarnya memang gampang-gampang susah. Gampangnya adalah kita hanya membutuhkan tangan, hati dan otak untuk menghasilkan sebuah tulisan. Susahnya adalah merangkaikan kata demi kata yang tersusun sedemikian rupa hingga menghadirkan kalimat yang bernyawa dan enak untuk dibaca.

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa menulis itu adalah kegiatan yang buang-buang waktu saja, membuat jari keriting, capek, membosankan, perlu teknik tingkat tinggi atau tidak jelas masa depannya. Tapi sebenarnya banyak sekali manfaatnya. Dari 10 alasan diatas, masih banyak alasan-alasan lain yang mendasari pentingnya menulis.

Tulisan ini merupakan tantangan dan kalaborasi dari program Blogger Muslimah Sisterhood yang diadakan oleh grup Blogger Muslimah putaran pertama. Tema Mengapa saya menulis ini diberikan oleh Mbak Arina Mabruroh. Jika ada pertanyaan, sanggahan atau ide lain, silahkan tulis di kolom komentar.

19 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!