Kecantikan

Cara Menghilangkan Rambut Bercabang Berdasar Penyebabnya

Rambut bercabang menjadi permasalahan yang sering dialami para wanita. Bagaimanapun juga rambut adalah mahkota yang harus dijaga. Oleh karenanya kesehatan rambut perlu diperhatikan. Saat rambut terlihat kering dan bercabang, berbagai cara menghilangkan rambut bercabang langsung dilakukan. Tindakan paling umum dilakukan adalah dengan memotongnya.

Memotong rambut yang bercabang memang cukup praktis dan gampang. Namun itu bukan solusi yang menyenangkan. Disamping rambut kita akan lebih pendek akibat dipotong, permasalahan rambut yang bercabang akan muncul lagi beberapa hari kemudian. Semakin sering dipotong semakin pendek rambut kita.

Rambut bercabang

Hampir semua orang yang memiliki rambut pasti pernah mengalami rambut yang kering dan ujungnya bercabang. Rambut yang bercabang biasanya terlihat kering, rapuh, dan ada belahan di ujungnya. Berbeda dengan gaya rambut belah tengah yang ngetrend rambut yang punya belahan di ujung rasanya tentu tidak nyaman, karena tekstur rambut cenderung kering karena banyaknya cabang di ujungnya. Bagi wanita yang tidak berhijab, rambut yang bercabang juga mengganggu penampilan.

Penyebab Rambut Bercabang

Penyebab rambut bercabang di satu orang bisa berbeda dengan yang lainnya. Karena kondisi rambut yang kering dan bercabang ada banyak sekali penyebabnya. Diantara penyebabnya adalah sebagai berikut :

  1. Cuaca yang panas
  2. Rambut sering terkena sinar matahari langsung
  3. Penggunaan hair dryer yang terlalu sering
  4. Penggunaan ikat rambut dengan model yang sama atau dengan pengikatan di tempat yang sama dalam jangka waktu yang lama
  5. Penggunaan bahan kimia yang berlebihan. Biasanya bahan kimia tersebut masuk ke dalam rambut melalui proses pewarnaan rambut.
  6. Sampo yang tidak cocok dengan jenis rambut
  7. Masalah Kesehatan

Mengatasi Rambut Yang Bercabang

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, berkilau dan bebas masalah, tentu harus ada usaha yang harus dilakukan. Berikut ini adalah beberapa menghilangkan rambut bercabang yang bisa dicoba.

1. Hindari Penggunaan Bahan Kimia

Seperti yang ditulis diatas, salah satu penyebab kerusakan rambut adalah penggunaan bahan kimia. Bahan kimia yang mengandung minyak mineral dan petrolatum sebaiknya dihindari karena dapat mencegah penyerapan kelembaban pada lapisan rambut.

Baca juga : Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami

2. Tidak Mengikat Rambut Terus menerus

Mengikat rambut terus menerus bisa menyebabkan kerusakan rambut. Oleh karena itu disarankan untuk sesekali menggerai rambut supaya rambut bisa sedikit rileks. Saat mengikatnya juga jangan terlalu ketat.

3. Jangan menyisir rambut terlalu sering

Gesekan yang ditimbulkan saat menyisir rambut berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Menyisir rambut secara berlebihan akan membuat rambut sering tergesek dan mengakibatkan kerusakan rambut. Penyisiran rambut dilakukan sewajarnya saja. Tapi jangan sampai juga tidak disisir sama sekali.

Rambut Sahrul Gunawan

4. Hindari memanaskan rambut

Menggunakan alat pemanas untuk rambut seperti blow drying (alat pengering rambut), alat catok, atau alat pengeriting rambut sebaiknya dihindari. Karena bisa merusak elastisitas rambut. Sesekali menata rambut dengan alat-alat tersebut masih boleh, tetapi disarankan jangan terlalu sering atau tidak tiap hari.

5. Menggunakan serum atau spray pelindung panas

Tidak hanya wajah dan tubuh yang membutuhkan serum pemutih, rambut juga memerlukannya. Jika tiap hari terpaksa menggunakan alat pemanas rambut, entah karena tuntunan pekerjaan atau faktor lainnya, sebaiknya menggunakan serum atau sepray khusus pelindung panas. Bahan dalam serum tersebut dapat di gunakan sebelum menggunakan alat pengering rambut atau sebelum menata rambut. Tujuannya supaya rambut terhindar dari kerusakan.

6. Stop bleaching

Teknik mewarnai rambut dengan bleaching atau memutihkan rambut sebelum diwarnai, dapat merusak elastisitas rambut. Teknik bleaching dapat mengubah struktur rambut dan membuatnya rentan rusak. Hal itu dikarenakan adanya zat kimia yang diresapkan ke dalam kutikula untuk menyingkirkan pigmen alami pada rambut. Jika melakukan blow drying pada rambut yang sudah dibleaching, rambut menjadi cepat rusak.

7. Memakai conditioner rambut sebelum tidur malam

Conditioner dapat melindungi rambut dari kerusakan. Gunakan conditioner pada malam hari sebelum tidur. Setelah mengaplikasikan conditioner pada rambut, jangan lupa menggunakan penutup rambut atau lapisi bantal dengan handuk supaya conditioner tidak mengotori tempat tidur. Memakai conditioner pada rambut untuk mengatasi rambut bercabang dapat dilakukan seminggu sekali.

8. Keringkan rambut dengan handuk secara lembut

Supaya rambut tidak bercabang dan terhindar dari kerusakan lainnya, setelah keramas keringkan rambut dengan handuk. Gosok rambut dengan lembut jangan grusa grusu. Jika memungkinkan, bungkus rambut dengan handuk hingga kering.

9. Menggunakan produk perawatan rambut khusus

Jika rambut sudah terlanjur bercabang parah, gunakan produk perawatan rambut khusus yang mengandung minyak zaitun, gliserin, shea butter, atau sorbitol. Bahan-bahan ini dipercaya dapat mengatasi rambut yang bercabang.

Memilih produk perawatan rambut yang dapat memberikan perlindungan dari sinar matahari juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan rambut bercabang.

10. Memakai Pelindung Rambut

Sinar matahari yang terik terbukti dapat membuat rambut cepat rusak dan bercabang. Oleh karena itu jika keluar rumah di siang hari yang terik disarankan untuk memakai topi atau tudung kepala untuk melindungi rambut kepala dari sinar matahari langsung.

11. Cukupi kebutuhan nutrisi rambut

Kekurangan nutrisi berpengaruh terhadap seluruh tubuh, tak terkecuali pada rambut. Cakupan nutrisi yang kurang dapat membuat rambut terlihat kusam, kering dan juga rontok.
Konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral dapat membantu rambut serta kulit kepala tetap sehat.

Terkadang, kerusakan rambut seperti rambut bercabang atau kering dapat menjadi pertanda masalah kesehatan. Jika rambut masih rusak padahal sudah dirawat dengan baik tanpa menggunakan bahan kimia untuk rambut, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Barangkali ada kondisi medis tertentu yang menjadi penyebabnya.

Demikianlah cara menghilangkan rambut bercabang yang bisa disampaikan blog Coretan Dari Desa. Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasinya.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *