Properti

Mau Cari Kost Murah? Cermati Tips Berikut

Saat mulai menginjak usia dewasa, merantau menjadi salah satu fase yang harus dilewati sebagian orang. Ada berbagai alasan yang membuat seseorang harus merantau. Mulai dari melanjutkan sekolah, kuliah, hingga alasan pekerjaan. Jika sudah ada niat untuk merantau, yang pertama kali dipikirkan pastinya adalah cari kost murah. Walau ada juga yang tidak terlalu memikirkannya. Biasanya yang begini adalah mereka yang merantau karena ikut famili atau kenalan. 

Pembahasan kali ini khusus mengenai perantauan yang ngekos sendiri, bukan yang tinggal di apartemen ataupun numpang di rumah famili. Karena menjadi anak kos itu ada plus minusnya, jadi harus ekstra hati-hati. Plusnya itu bisa mandiri dan melakukan banyak hal tanpa ada yang melarang. Minusnya tentu saja harus bisa jaga diri sendiri, jaga kesehatan, dan mengatur keuangan sendiri. Kalau lagi sedih, sakit atau kekurangan harus berfikir kreatif sendiri

Cari kost murah

Bagi yang sebentar lagi menjadi anak kos, harga kost murah pasti menjadi incaran. Namun sebelum eksekusi dan memutuskan tempat kost yang digunakan, ada beberapa tips memilih kos-kosan yang perlu diperhatikan. Apa saja tipsnya? Simak ulasannya di sini : 

1. Fasilitas yang Ditawarkan

Saat mencari kos-kosan, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah fasilitas yang ditawarkan oleh tempat kos tersebut. Setiap tempat kost memiliki fasilitas yang berbeda dengan tempat kost lainnya. Walaupun ada beberapa kesamaan, namun selalu ada ciri khas yang menjadi andalan tempat kosnya. 

Sebelum cari tempat ngekost, ada baiknya mencatat terlebih dahulu apa yang dibutuhkan saat ngekost nanti. Misalnya jika di tempat baru entah itu sekolah, kampus atau kantor membutuhkan banyak pekerjaan yang dibawa pulang dan mengharuskan terhubung dengan internet, maka carilah kos-kosan yang memiliki fasilitas Wi-Fi. 

Atau jika di tempat baru nanti, berencana membawa kendaraan baik roda dua maupun roda empat, carilah kos-kosan yang memiliki lahan parkir untuk kendaraan. Pastikan fasilitas yang ditawarkan dapat mendukung kegiatan sehari-hari nanti. 

Biasanya semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan, semakin mahal harga sewanya. Jika ingin cari kost murah, harus siap tidak mendapatkan fasilitas yang memadai dan lengkap seperti yang diinginkan. 

2. Dekat dengan Tempat Kerja/kuliah 

Kost yang letaknya dekat dengan tempat kerja atau kuliah bisa menjadi pilihan yang baik. Untuk harga memang kadang lebih mahal, namun letak yang dekat dengan tempat kerja atau tempat kuliah membuat ongkos transportasi dapat ditekan seminimal mungkin. Biaya transportasi akhirnya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. 

Jika lokasi kost dekat dengan tempat kerja/kuliah kalau mau pergi atau pulang bisa dengan berjalan kaki. Selain itu, juga bisa pulang balik dengan cepat jika ada barang yang ketinggalan. 

Biasanya kos-kosan yang dekat dengan area kampus lebih mahal daripada kos-kosan yang letaknya jauh dari kampus. Jika memang ingin tinggal di dekat lingkungan kampus, maka harus siap membayar harga yang lebih mahal ya. 

3. Cermati Keadaan di Sekitar Lokasi Kost

Mengetahui keadaan lingkungan di sekitar tempat kost menjadi hal yang tak kalah penting. Bagaimanapun juga kita nanti tinggal disana dalam kurun waktu yang lama, sehingga keamanan disana harus jadi prioritas. Jangan sampai nanti menyesal karena menjadi korban kejahatan atau hal-hal lain yang kurang menyenangkan. 

Baca juga : Tips Menghindari Pengembang Nakal

Jika ingin mencari lokasi dengan keadaan lingkungan yang baik, sebelum menempatinya harus meluangkan waktu untuk mencari segala informasi disana. Informasi bisa didapatkan dari teman maupun keluarga yang tahu lokasi tersebut. Bisa juga mencari informasi di sosial media mengenai lingkungan kost. Kira-kira pernah ada kejadian kriminal atau kejadian lainnya disana. 

Hal ini memang menyita waktu dan tenaga. Namun harus diperhatikan karena menyangkut ketenangan dan keamanan diri sendiri. 

4. Tetapkan Budget dari Awal 

Biaya sewa kamar kost merupakan pengeluaran rutin yang harus disiapkan. Untuk mencari kost terbaik estimasikan anggaran berdasarkan gaji yang diterima atau kiriman ortu tiap bulannya supaya keuangan bisa terus berputar

kredit kpr bri

Tiap tempat kost memiliki harga sewa yang berbeda beda. Tergantung dengan fasilitas dan keadaan lingkungannya. Misalnya kost murah di Jakarta Selatan yang menawarkan harga perbulan mulai dari 300ribu hingga jutaan rupiah. Semakin lengkap fasilitasnya, harga yang ditawarkan biasanya semakin mahal. Oleh karenanya, tetapkan dulu budgetnya sebelum melakukan pencarian.  Untuk hasil terbaik jangan lupa untuk membandingkan antara harga kosan yang satu dengan yang lainnya.

 

Itulah tadi beberapa tips mencari dan memilih kost ala Coretan Dari DesaCoretan Dari Desa. Semoga bermanfaat dan tidak hanya berpaku pada pencarian harga kost yang murah. 

 

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *