Sosial

Strategi Pemasaran Lewat Sosial Media

Strategi Pemasaran Lewat Sosial Media – Masyarakat Indonesia sebagian besar merupakan pengguna aktif sosial media. Dari anak-anak, remaja hingga orang tua sudah tidak tabu lagi berselancar di sosial media. Tingginya angka pengguna media sosial (medsos) memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produk atau jasanya. Di postingan sebelumnya yang berjudul Menjaring Banyak Manfaat Lewat Media Sosial telah disebutkan bahwa salah satu manfaat dari media sosial adalah dapat digunakan sebagai media pemasaran.

Melalui berbagai platform sosial media yang telah ada saat ini, pengusaha bisa melakukan pemasaran produk/jasa dengan lebih efisien, cepat dan murah. Namun untuk memasarkan produk di media sosial tidak segampang membuka aplikasinya, harus ada strategi yang jitu supaya pemasaran bisa berjalan efektif, tepat sasaran dan pada akhirnya mendongkrak penjualan.

Strategi Pemasaran Lewat Sosial Media

Bagi pemilik usaha yang ingin produk/jasanya makin laris manis, Blog Munasya.com akan membahas mengenai strategi pemasaran lewat social media yang dapat diterapkan.

1. Pilih Sosial Media yang Akan Digunakan

Tak dapat dipungkiri ada banyak sekali sosial media yang beredar di Indonesia, di antaranya yang populer ada whatsapp, facebook, twitter, dan instagram. Tiap sosial media memiliki karakteristik yang berbeda. Dari karateristik itu terdapat keunggulan dan kelamahan didalamnya. Supaya pemasaran berjalan efektif, harus bisa mengenali karateristik dari masing-masing pengguna sosmed.

Sebagai contoh, pengguna facebook lebih general karena ada di segala usia. Mulai tua hingga muda banyak yang memakai sosmed ini. Berbeda dengan Twitter yang didominasi oleh anak muda. Di facebook pengguna bisa mengunggah foto, berita, atau video dengan lebih leluasa. Di twitterpun sebenarnya sama, namun ada batasan-batasan tertentu seperti jumlah kata yang hanya bisa 140 karakter saja. Pengguna twitter biasanya memberikan link ke website atau sosmed yang lainnya ketika update status.

Manfaat Media Sosial

Selain itu, ada instagram yang lagi ngehits di kalangan anak muda. Pengguna Instagram lebih fokus pada foto dan gambar yang diupload. Bagi yang memiliki kualitas foto yang bagus, media instagram sangat efektif untuk melakukan pemasaran. Dalam melakukan pemasaran produk anda bisa memilih semua sosial media tersebut, tapi akan lebih baik jika memiliki satu sosial media utama yang selalu di update setiap harinya, sedangkan sosial media lainnya dapat digunakan sebagai pendukung.

2.  Membuat Konten Sosial Media Yang Menarik dan Kreatif

Ada yang bilang bahwa “content is king”. Oleh karena itu di dunia digital konten adalah hal utama yang harus diperhatikan. Jika melakukan pemasaran di sosial media harus bisa membuat konten yang menarik dan kreatif untuk menarik minat pembeli. Tanpa adanya konten yang menarik, semua hal yang diupload di sosial media tidak akan ada hasilnya. Postingan atau konten yang monoton akan membuat pelanggan bosan dan tidak mau mengklik produk yang ditawarkan.

Konten yang menarik biasanya didukung oleh pengambilan gambar yang unik dan resolusi yang baik. Jika gambar yang diunggah asal-asalan, bisa dipastikan tidak ada yang tertarik untuk melihat atau bahkan membelinya. Sebaiknya buatlah konten dengan informasi visual yang mudah dikenali dan diingat oleh pelanggan supaya pelanggan merasa familiar dan tertarik membeli. Kalau konten berupa tulisan, bisa menggunakan kata-kata yang kreatif dan diksinya mengena. Jika perlu lakukan riset, kira-kira konten seperti apa yang digemari oleh masyarakat saat ini dan bisa diterapkan pada konten yang dibuat

3. Responsif Terhadap Konsumen

Setelah memposting foto produk di sosial media, strategi pemasaran yang tak boleh dilupakan adalah bersikap responsif terhadap konsumen. Pemilik sosial media atau adminnya harus bisa menjawab berbagai pertanyaan yang muncul di postingan dengan cepat. Ada kalanya pertanyaan yang sama diulang oleh konsumen yang berbeda, disini admin harus bisa sabar dan kreatif dalam menjawabnya supaya calon konsumen merasa diperhatikan dan pada akhirnya tertarik untuk melakukan transaksi. Pertanyaan yang tak kunjung dijawab akan membuat konsumen gregetan dan pada akhirnya beralih pada penjual yang lain.

Jasa logistik e-commerce

4.  Rutin Update Konten

Jika ingin fokus melakukan pemasaran lewat sosial media, hal penting yang harus dilakukan adalah update konten secara rutin. Dengan  update secara rutin pengikut di akun sosial media akan percaya bahwa akun tersebut benar-benar nyata dan aktif, tak tertutup kemungkinan akan banyak pengikut baru yang bermunculan.

Sesekali anda bisa membuat Konten Video Live di sosial media bisa di Instagram, Facebook ataupun Youtube. Konten live atau siaran langsung saat ini cukup popular dan menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif serta digemari banyak kalangan. Dengan siaran langsung pelanggan bisa mengetahui bahwa pemilik usaha masih eksis dan bisa dipercaya.

5. Jalin Kerjasama dengan Influencer

Influencer merupakan tokoh populer yang memiliki banyak pengikut (followers) di sosial media. Mereka memiliki pengaruh besar dalam komunitas atau orang-orang yang menggunakan sosial media. Supaya produk makin dikenal banyak orang, menjalin kerja sama dengan influencer untuk memasarkan produk bisa dijadikan strategi juga. Jasa influencer sangat diminati sebab terbukti efektif mengenalkan produk/jasa sekaligus mendongkrak penjualan.

Para influencer berasal dari berbagai bidang dengan rentang usia serta keahlian yang berbeda-beda. Supaya strategi Pemasaran tepat sasaran, lakukan riset terlebih dahulu untuk memilih sosok influencer yang tepat dan relevan dengan bidang usaha yang di jalankan. Tarif sekali post setiap influencer berbeda-beda tergantung follower yang dimiliki, tetapi umumnya sudah ada kisaran harga yang ditawarkan.

6. Strategi Promosi

Semua orang suka sekali dengan promo dan diskon. Kadang konsumen awalnya tidak mau membeli, tapi karena kepincut promo akhirnya latah untuk melakukan pembelian. Maka dari itu strategi promo sesekali perlu diterapkan untuk mendongkrak penjualan. Pilihlah waktu atau momen yang tepat untuk melakukan promosi. Jangan melakukan promosi setiap hari karena akan membuat konsumen bosan. Supaya lebih aman, promosi bisa dilakukan secara tersirat  dalam sebuah artikel yang menarik atau di dalam postingan yang bermanfaat.

Promo belanja online

Itulah beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk memasarkan produk /jasa di sosial media. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk rutin update konten, melakukan promosi atau tidak bisa membuat konten yang menarik serta strategi lainnya, gak perlu khawatir. Sekarang sudah ada banyak sekali social media agency yang bisa melakukan itu semua. Salah satunya adalah social media agency Jakarta.

Dengan memanfaatkan social media agency, anda tidak hanya terbantu dalam memasarkan produk/jasa, tapi anda juga bisa mengembangkan bisnis dengan cepat serta efektif. Social media agency akan membantu memastikan sosial media yang dimiliki serta digunakan akan memberikan manfaat lebih bagi usaha anda. Ayo segera mendapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan berbagai strategi pemasaran di sosial media!

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

5 Komentar

  1. Tips nya mantab mba Muna.. apalagi tentang konten tuh, kata org don’t worry about follower but worry about content yak. Kalau kita pinter bikin konten bagus, otomatis follower bakal ngikut.

  2. Teknologo jaman now emang merubah semuanya termasuk strategi pemasaran ya mbak.. kudu nemu yang tepat sasaran

  3. Beruntung banget sih kita hidup di jaman serba digital gini. Tinggal pinter-pinternya kita aja memanfaatkan sosial media yaa..

  4. Bicara tentang media sosial memang nggak ada matinya, tetap harus sekreatif mungkin ya mbak. Makasih informasinya ya.

  5. Apalagi sekarang era serba digital ya mbaaa

    terwajib banget sihh untuk paham konten dan strategi pemasaran digital yg tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *