LOMBA AGUSTUSAN UNIK DAN BRILLIANT

Bulan Agustus merupakan bulan yang spesial bagi bangsa Indonesia, karena bulan agustus merupakan bulan kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang datang setahun sekali, di seluruh pelosok Indonesia dilakukan berbagai kegiatan. Diantara kegiatan tersebut yang wajib dilakukan adalah upacara pengibaran bendera merah putih. 


Selain itu, kegiatan paling umum untuk memperingati HUT RI adalah pentas seni, kompetisi olahraga dan aneka lomba khas agustusan.

Pada bulan Agustus pasti banyak diadakan lomba agustusan unik di tiap daerah. Kebanyakan bertema tradisional dan khas Agustusan.  Yang paling umum dan banyak diminati masyarakat kita adalah lomba balap karung, lomba makan krupuk, lari kelereng dan masih banyak lagi lainnya.

Lomba Agustusan unik
Lomba Makan kerupuk

Perlombaan-perlombaan ini banyak diadakan diberbagai daerah. Hampir seluruh wilayah Indonesia merayakan dan mengadakan perlombaan tersebut. Mulai dari tingkat desa, kota hingga Nasional. mulai instansi sekolah hingga instansi perkantoran. Pesertanya mulai anak-anak TK, SD, SMP, SMA hingga orang dewasa.

 

lomba agustusan unik
Lomba anak-anak

Di desaku tercinta, yakni Desa Pucangro Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan juga tidak mau kalah dengan yang lainnya. Berbagai lomba diadakan baik di lingkungan sekolah seperti SD, MI, maupun TPQ, di lingkungan RT sampai desa yang digerakkan oleh karang taruna. Semuanya mengadakan lomba agustusan unik dengan ciri khas masing-masing namun model-model lombanya tidak jauh berbeda.

Baca juga : Proposal Pentas Seni Agustusan

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan mengadakan perlombaan seperti ini, kita dapat melihat kembali rasa kerukunan dan kerja sama yang masih terjalin harmonis antar warga masyarakat. Perlombaan-perlombaan ini juga dapat menimbulkan semangat untuk meraih kemenangan diantara peserta lomba. disamping itu  ada unsur hiburan didalamnya.

Jika ditilik dari sejarah, sebenarnya tidak ada kaitan yang jelas antara perjuangan pahlawan jaman kemerdekaan dengan lomba agustusan pada masa sekarang. Penulis mencoba mencari asal muasal lomba agustusan ini bagaimana awalnya dan siapa yang memulainya, namun tidak kunjung menemukan. Doktrin yang terpatri saat ini, jika bulan Agustus tiba, selain upacara bendera 17 agustus hal yang wajib ada adalah lomba agustusan.

Baca juga : Mengembangkan pemuda peduli bangsa

Kalau dilihat, hampir semua lomba agustusan mengandalkan kekuatan otot dan ketangkasan badan seperti : tarik tambang, panjat pinang, lari kelereng, sepeda hias, balap karung dan sebagainya. Umumnya perlombaan perlombaan ini tidak ada yang mengandalkan kekuatan otak dan pikiran semuanya mengandalkan kekuatan otot dan badan.

Dalam buku-buku sejarah Indonesia, di jelaskan bahwa perjuangan meraih kemerdekaan Bangsa Indonesia pada masa lampau berhasil dicapai dengan jalan diplomasi. Masa 300 tahun penjajahan di Indonesia dilawan dengan pergolatan fisik dan senjata rakyat di berbagai daerah, namun tidak menghasilkan sebuah kemerdekaan. Tepai hanya dalam kurun waktu 17 tahun (tahun 1928 s/d 1945) perjuangan ide dan fikiran yang dituangkan dalam kertas dan jalan diplomasi, berhasil meraih kemerdekaan Indonesia.

Hal ini membuktikan bahwa kekuatan otak dan fikiran lebih kuat daripada kekuatan otot dan badan.

Menyikapi hal tersebut yang selalu membuat tanda tanya di benak saya adalah mengapa moment merayakan hari kemerdekaan di bulan agustus dirayakan dengan kompetisi fisik lomba agustusan??. Kenapa tidak ada yang mengadakan lomba kekuatan (kompetisi) otak dan fikiran?

baca juga : Cerdas Bidang Apakah Kamu ?

Tahun 2013 saya pernah mengusulkan kepada Karang Taruna Desa Pucangro agar mengadakan lomba agustusan unik yang membutuhkan kinerja otak seperti cerdas cermat dan ranking satu, namun usul tersebut ditentang dan ditolak. Akhirnya dengan modal nekat dan semangat saya mencoba sendiri mengadakan lomba yang berbeda dari yang lain. Lomba tersebut adalah lomba ranking satu yang mengodopsi ide dari kuis di televisi.

Saya dengan TBM BINTANG BRILLIANT yang saya kelola berhasil mengadakan sebuah lomba agustusan unik yang berbeda dengan lomba-lomba lainnya. Antusias masyarakat terutama anak anak dalam lomba ini ternyata sangat besar.

lomba Agustusan unik
Kegiatan Brilliant Lomba Ranking Satu

Pada bulan Agustus di tahun 2014, lomba agustusan yang mengandalkan otak seperti Ranking satu ini sudah ditiru oleh pihak lain yakni pengurus RT 02 RW 03. Lalu ada Agustus 2015, Karang Taruna desa saya juga mengadakan lomba seperti ini.

Kedepan saya berharap lomba sejenis ini bisa terus ditiru dan diadakan oleh berbagai pihak serta lebih dikembangkan agar lebih baik lagi. Apakah anda punya ide lomba Agustusan unik yang lain? Silahkan tulis dikomentar !

9 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!