TIPS JITU MENGHILANGKAN JAMUR PADA ALMARI

Kala musim hujan seperti sekarang ini, ada beberapa hal yang menjengkelkan terjadi di rumah kita. Meskipun tidak ada banjir yang datang dan masuk rumah, tapi sesuatu di dalam rumah telah terjadi tanpa disadari. Lihatlah di dalam almari pakaian kita, periksa dengan sesama. Apakah bersih atau ada sesuatu yang mengganggu?.

Tanpa disadari pada musim hujan, di dalam almari terkadang terlihat ada jamur yang lengket, menjijikkan dan kadang-kadang membuat gatal jika tersentuh tangan.  Padahal kita sudah rajin membersihkannya.

Mengapa demikian? 

Keadaan udara yang lembab saat musim hujan membuat jamur-jamur tumbuh dengan subur. Jamur-jamur tersebut tumbuh dimana saja, tak terkecuali di peralatan furniture yang berbahan dasar partikel board. Tidak adanya cahaya yang masuk dalam ruangan menjadi salah satu faktor pendukung tumbuhnya jamur di dalam almari. Walaupun jamur tersebut sudah dibersihkan berulangkali, namun keberadaannya selalu muncul dan ada di dinding-dinding almari pakaian.

menghilangkan jamur pada almari
Almari pakaian (sumber : pixabay)

Bagi anda yang bingung dan resah dengan keberadaan jamur-jamur di dalam almari dan ingin mengenyahkannya, berikut ini cara mudah menghilangkan jamur pada almari yang dapat dipraktekkan langsung :

1. Membuka Jendela

Adanya jamur di suatu tempat disebabkan karena adanya udara yang lembab di sekitarnya. Untuk mengatasinya bukanlah jendela ruangan atau jendela kamar yang terdapat almarinya. Dengan membuka jendela setiap hari, udara lembab akan keluar secara berangsur-angsur dan cahaya sinar matahari akan masuk menghangatkan ruangan. Dengan begitu jamur akan enggan bersarang. Sinar matahari memang Sumber Energi utama yang tak tertanding.

 

2. Memberi Alas Dengan Kayu

Cara kedua menghilangkan jamur pada almari yang bisa dilakukan adalah dengan mengalasi almari dengan kayu. Alas kayu dapat mencegah tumbuhnya jamur pada almari karena dapat menahan udara lembab yang masuk ke dalam lapisan almari pakaian dan mencegah datangnya jamur.

3. Memakai Alkohol

Menghilangkan jamur pada almari almarhum juga dengan memakai alkohol. Caranya ambil kain yang tidak dipakai dan tetesi dengan alkohol lalu oleskan pada almari. Tapi sebaiknya cara ini dilakukan di luar ruangan supaya alkohol cepat kering dan baunya cepat hilang. Alkohol yang digunakan adalah yang mempunyai kadar 70 hingga 80 %. Jika jamur sudah menghilang, gunakan beberapa kapur barus pada bagian sudut dan bagian dalam almari supaya jamur tidak balik lagi.

4. Gunakan Melamin

Melapisi almari dengan melamin adalah salah satu cara jitu menghilangkan jamur pada almari Gunakanlah melamin yang bening atau tidak mempunyai warna untuk menutupi atau melapisi almari. Sebelum digunakan almari harus dibersihkan terlebih dahulu. Bisa juga dengan mencampurkan melamin dengan tiner atau hardener. Setelah diaduk merata langsung oleskan dengan kuas ke seluruh bagian luar maupun dalam almari.

5. Menggunakan Lampu TL

Udara yang lembab dalam kamar atau ruangan biasanya terjadi karena didalamnya minim cahaya sehingga jamur merajalela. Lampu TL bisa jadi solusi mendapatkan cahaya dan mengusir jamur pada dinding almari. Tapi penggunaannya jangan berlebihan karena itu pemborosan dan merusak bumi.  Baca :  Cara Menyelamatkan Bumi Dari Kerusakan

Demikianlah cara mudah menghilangkan jamur pada lemari, Semoga bisa membantu mengatasi permasalahan anda. Jika anda punya cara lain atau sudah melakukan cara diatas silahkan tulis pengalaman anda di kolom komentar.

4 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!