IMPLEMENTASI HARI KARTINI BAGI WANITA MASA KINI 

Setiap memasuki bulan april pasti diidentikkan dengan nama seorang pahlawan wanita yang sudah membawa perubahan bagi wanita-wanita di Indonesia. Pada bulan April tepatnya tanggal 21 April seorang pahlawan wanita indonesia bernama Raden Ajeng Kartini telah dilahirkan.

Hari kelahiran Raden Ajeng Kartini diperingati sebagai hari khusus untuk mengenang perjuangan beliau mempelopori kebangkitan wanita Indonesia. Raden Ajeng Kartini atau yang disebut Kartini saja adalah seorang tokoh wanita dijamannya yang memang benar – benar memikirkan nasib bangsa Indonesia pada umumnya, dan juga nasib wanita Indonesia pada khususnya. Tujuannya agar para wanita Indonesia mempunyai hak yang sama dengan kaum lelaki dalam berbagai bidang.

Gambar Raden Ajeng Kartini

Semangat seorang Kartini merupakan manifestasi wanita – wanita Indonesia dalam mengambil perannya di kemajuan bangsa. Semangat Kartini di masa lalu, manfaatnya masih dapat dirasakan oleh wanita – wanita Indonesia saat ini. Diantaranya semangat supaya kaum wanita mendapat pendidikan yang layak, semangat supaya kaum wanita mendapat perlakuan yang adil, dan semangat supaya kaum wanita mendapat tempat yang sejajar dengan kaum lelaki.

Baca juga : Aneka Tanya Di Hari Kartini

Jika kita perhatikan dengan seksama, semangat Kartini bukan karena untuk meninggikan kaum wanita melebihi kaum lelaki. Karena ia memang menyadari fitrahnya. Semangat kartini hanya ingin diwujudkan dengan kesetaraan kedudukan wanita disamping kedudukan lelaki, tanpa garis pembeda.

Raden Ajeng Kartini versi google 

Ide-ide Kartini telah diterima secara luas oleh masyarakat Indonesia dan terus dikembangkan hingga kini. Wanita di masa kini telah banyak berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Seandainya Kartini masih hidup, beliau pasti akan sangat bahagia melihat wanita masa kini yang mandiri, terpelajar dan sejalan dengan keinginannya dulu. Bahkan mungkin melebihi dari apa yang dipikirkannya.

Seiring perjalanan waktu, penafsiran akan nilai dan etos perjuangan yang melandasi Hari Kartini juga menemukan banyak implementasi-implementasi baru. Inilah 4 implementasi Hari Kartini bagi wanita masa kini yang coba saya jabarkan :

 1. Berani Menyuarakan Pendapat

Kemandirian berpikir menjadi salah satu alasan wanita masa kini lebih berani dan tegas dalam menyuarakan pendapat mereka tentang berbagai hal. Mulai dari tatanan sosial politik, pendidikan, sosial, ekonomi, lingkungan dan lain sebagainya.

Keberanian menyuarakan pendapat saat ini tidak hanya didominasi oleh tokoh-tokoh terkenal yang mempunyai jabatan, kekuasaan atau kekayaan saja. Namun keberanian menyuarakan pendapat dapat dilakukan oleh seluruh wanita masa kini tanpa terkecuali, bahkan yang tinggal di pelosok desa sekalipun.

 

Wanita masa kini harus lebih berani berpendapat

Jika wanita-wanita terkenal masa kini dapat menyuarakan pendapat mereka secara gamblang dan langsung di forum lokal hingga internasional berkat kelebihan dan dukungan yang dimilikinya, wanita-wanita lain di masa kini tetap bisa menyuarakan pendapatnya melalui metode lain. Salah satunya adalah dengan menggunakan media website pribadi atau blog.

Peran dari website pribadi bagi kebangkitan wanita masa kini sangatlah besar. Melalui website yang dapat dikelola secara pribadi maupun dikelola secara bersama, wanita masa kini dapat menuliskan berbagai hal-hal menarik seputar kehidupan dan keluh kesahnya. Website juga dapat menyuarakan pendapat para wanita tentang suatu permasalahan melalui sebuah tulisan dan dapat dibaca oleh banyak orang tanpa batas.

Sudah tak terhitung banyaknya wanita-wanita masa kini yang berani menyuarakan pendapat mereka melalui website dan mendapat respon positif dari banyak orang. Indri Lidiawati (Juragan Cipir), Alaika Abdullah (Blogger Perempuan), Novia Syahidah Rais (Blogger Muslimah Indonesia), Wardah Fajri (Blogger Crony), Dian Pelangi, Anne Ahira dan masih banyak nama lainnya adalah nama-nama wanita Indonesia masa kini yang aktif menyuarakan pendapat dan pemikirannya melalui website yang dikelolanya.

Melalui website, para wanita masa kini lebih mudah menyuarakan pendapat, berekspresi dan berbagi dengan semua orang serta dapat mengimplementasikan semangat perjuangan Kartini dengan mudah dan tepat. Anda semua bisa melakukannya. Jika anda belum punya website dan tertarik untuk membuat website, anda bisa coba untuk mengikuti Kursus Website atau Cara Membuat Website.

2. Selalu Berusaha Untuk Menjadi Pribadi Lebih Baik

Semangat Kartini yang ingin menjadi pribadi lebih baik sekarang ini semakin banyak dilakukan oleh wanita-wanita Indonesia di masa kini. Selain tidak pernah berhenti belajar, kualitas pribadi wanita masa kini juga semakin terlihat dengan selalu berusaha membuat kesejahteraan lingkungan sekitarnya menjadi lebih baik melalui berbagai hal yang mereka lakukan.

Wanita yang berprofesi menjadi guru dapat berkontribusi positif bagi lingkungannya

Menjadi wanita karir yang bekerja di luar rumah menjadi pilihan sebagian wanita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Namun sebagian wanita lain justru tidak nyaman jika bekerja di luar rumah dan meninggalkan kewajiban sebagai ibu rumah tangga. Untuk mensiasatinya, beberapa wanita masa kini yang berusaha menjadi pribadi yang lebih baik memanfaatkan dunia maya untuk berkarir. Diantaranya adalah dengan membuka usaha toko online yang dapat dilakukan dari rumah.

Dengan adanya toko online, para wanita tetap bisa menghasilkan uang dengan mudah tanpa harus meninggalkan kewajiban dirumah. Cukup bermodalkan sebuah perangkat yang terhubung langsung dengan internet, para wanita sudah bisa mengimplementasikan salah satu perjuangan kartini yang ingin membuat wanita menjadi pribadi yang lebih baik.

Tak bisa kita pungkiri, toko online sepertinya sudah menjadi tren bagi sebagian masyarakat ndonesia. Banyak pemilik bisnis online adalah wanita. Peluang dari bisnis online ini juga cukup besar serta menggiurkan.

3. Kreatif dan Inovatif

Berkat Kartini, wanita masa kini bisa bebas berkarya dan menuangkan passion mereka dalam segala bidang. Dari bidang politik, olahraga, kesehatan, lingkungan hingga sosial kemasyarakatan, peran wanita teramatlah besar. Karya kreatif dan inovatif dari wanita masa kini telah menginspirasi banyak orang.

Sebutlah Sri Mulyani Indrawati, Susi Budjiastuti, Mari Elka Pangestu, Rini Soemarmo, Martha Tilaar dan masih banyak nama-nama lain yang telah sukses dalam bidang masing-masing berkat karya dan inovatif mereka.

implementasi hari kartini
Wanita-wanita Indonesia yang kreatif dan inovatif

Di tahun 2017 saat ini, dimana semuanya serba instan, mudah dan cepat, semakin banyak wanita yang memulai usaha dengan membuat sesuatu yang kreatif dan inovatif. Tidak sedikit diantara mereka yang meraih kesuksesan berkat hasil karya dan ketekunan yang mereka jalankan. Namun sayangnya tak sedikit pula yang hasil karya dan inovasinya menuai kegagalan di pasaran karena strategi dan pemasaran yang kurang tepat. Akibatnya hasil karya dan inovasi mereka tidak menghasilkan dan tidak diakui.

 4. Multitasking 

RA Kartini mungkin akan takjub dan bangga dengan kemampuan para wanita masa kini. Jika dulunya wanita hanya dianggap sebagai pesuruh yang pekerjaannya hanya di rumah tidak boleh kemana-mana, wanita masa kini sudah sangat multitasking. Selain masih bisa mengurus suami, anak dan keperluan rumah tangga, wanita masa kini juga tetap bisa berkumpul dan sharing dengan teman-temannya, menekuni hobi dan melakukan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan bidangnya.

Baca pula : Partisipasi Wanita Di Segala Bidang

Berkat adanya kecanggihan teknologi masa kini yang menghadirkan aplikasi-aplikasi dalam satu genggaman atau yang dikenal dengan mobile app, wanita masa kini dapat melakukan banyak hal. Dalam satu waktu wanita masa kini dapat berbelanja, bersosialisasi dengan teman-temannya sambil mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan menekuni hobi.

Mobile App memang memiliki banyak sekali peran penting dalam kehidupan masyarakat terutama kaum wanita. Misalnya aplikasi media sosial yang membuat para wanita dapat bersosialasi dan berkumpul dengan teman-temannya, aplikasi toko online yang memudahkan wanita berbelanja segala keperluannya, aplikasi ojek online yang memudahkan para wanita bepergian tanpa merepotkan keluarganya dan masih banyak aplikasi-aplikasi lainnya yang mendukung fungsi multitasking wanita masa kini. Intinya Mobile app telah memberikan peran penting terhadap kebangkitan wanita Indonesia di masa kini.

Bagi wanita masa kini, Hari Kartini bukan lagi soal emansipasi dan kesetaraan wanita. Implementasi Hari Kartini bagi wanita masa kini adalah membuat dunia dan seluruh kehidupan di dalamnya menjadi lebih baik melalui sumbangsih dan kontribusi para wanita. Kecanggihan teknologi yang diantaranya berupa website, toko online, dan mobile app menjadi salah satu jalan untuk tunjukkan kebangkitan wanita-wanita Indonesia masa kini.

7 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!