PARTISIPASI PEREMPUAN DI SEGALA BIDANG

Kata partisipasi merupakan kata serapan dari bahasa inggris “participation” yang dapat diartikan sebagai mengambil bagian. Dari kata partisipasi tersebut mengarah kepada peran aktif dalam suatu kegiatan. Partisipasi masyarakat dalam teori teori negara terbagi menjadi 3 bentuk yakni partisipasi dalam kegiatan pembangunan, partisipasi dalam kegiatan sosial dan partisipasi dalam kegiatan politik (pengambilan keputusan atau pemerintahan). Salah satu pokok bahasan yang gencar didiskusikan oleh banyak orang adalah mengenai partisipasi perempuan di segala bidang.

image
Partisipasi perempuan tidak terbatas di dalam rumah

Sejak didengungkan kuota 30% untuk perempuan dalam bidang politik, kiprah dan keberadaan seorang perempuan layak untuk diperhitungkan Sehingga partisipasi mereka dalam segala bidang sangat diperlukan. Kartini merupakan simbol kebangkitan emansipasi perempuan yang hari lahirnya terus dikenang sampai zaman sekarang. Dari Kartinilah kata partisipasi perempuan sangat diagungkan.

Perempuan di zaman modern sekarang ini sangat populer dan sibuk. Peran dan fungsinya tidak lagi terbentur hanya pada urusan memasak di dapur. Strata dan posisi perempuan saat ini, telah mengisi bagian penting dalam institusi dan tatanan kehidupan. Mulai dari jabatan sebagai Kepala Negara, Kepala Daerah, Mentri dan lembaga-lembaga pemerintahan lainnya. Juga ada di Institusi pemerintah lokal maupun internasional, pengusaha, atlit, artis maupun jabatan-jabatan lain semuanya menuntut adanya partisipasi perempuan didalamnya.

Sosok perempuan yang tangguh dan cerdas dalam politik pemerintahan dapat dilihat dari Megawati, presiden pertama di Indonesia dari kaum perempuan. Walikota Surabaya Bu Risma juga telah menampilkan sosok pemimpin perempuan yang enerjik dan bisa diandalkan. Bisa jadi salah satu contoh partisipasi perempuan di bidang politik.

Perempuan masa kini memiliki posisi yang sangat urgen dalam segala bidang. Melalui dunia pendidikan, sosok perempuan adalah guru pertama bagi anaknya yang sangat ulet dan tabah. Mereka dapat berpartisipasi didalamnya.

Bagi kehidupan rumah tangga, partisipasi perempuan adalah pekerja nomer satu dalam mengelola kebutuhan rumah. Dalam keluarga, perempuan menjadi pendamping yang siap sedia dan menjadi penentu perkembangan kehidupan anak dan suaminya.

Di bidang Ekonomi tak terhitung banyaknya pengusaha perempuan dan wanita karir yang sukses. Industri rumah tangga yang kebanyakan pekerjanya adalah wanita telah menyumbangkan hasil yang tidak sedikit bagi penghasilan negara. Wujud Partisipasi perempuan bidang ekonomi.

Disisi lain, perempuan sekarang juga digunakan sebagai hiasan dan pajangan yang ditata sedemikian rupa agar menarik perhatian untuk dikonsumsi mata. Di dunia bisnis dan  hiburan, perempuan dipasang sebagai ikon produk sehingga laris manis di pasaran. Segala sisi yang ada pada perempuan dikupas habis habisan untuk memenuhi selera konsumen. Mulai dari ujung jari hingga ujung rambut semuanya diekspos tanpa batas. Norma dan ajaran agama tak mampu memberi batasan atas dalih dan tuntutan kreatifitas seni. Partisipasi perempuan dalam bidang ini sangat mendominasi.

Bulu Mata
Bulu Mata Panjang

Belahan dunia banyak yang berdecak kagum atas kiprah perempuan di segala bidang, namun tak jarang pula yang memendam simpati sekaligus ngeri melihat prestasi perempuan yang diliput media massa. Lihatlah Syahrini yang dipuja sebagai selebriti penuh sensasi, atau Si Nini penjual getuk yang diekspos sedemikian rupa hingga hidupnya berubah drastis dari yang sederhana menjadi selebritis. Semuanya tidak lepas dari dunia perempuan

Organisasi-organisasi khusus perempuan saat ini juga mengalami perkembangan yang sangat memuaskan. Organisasi seperti PKK, Dharma Wanita, KADER GIZI, posyandu dan sebagainya menjadi wadah yang nyata bagi perempuan untuk mengaktualisasikan diri tanpa mau kalah dengan kaum lelaki. Melalui kegiatan dialog bersama, arisan, pengajian, aneka kursus dan lain-lain sangat menunjang pengetahuan dan kreatifitas perempuan.

Jumlah perempuan yang lebih banyak dari kaum laki-laki menjadi salah satu daya pendorong yang kuat bagi partisipasi perempuan di segala bidang.

One Comment

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!