KHASIAT AIR KELAPA UNTUK IBU HAMIL

Kehamilan merupakan sebuah anugerah besar dari Tuhan yang diberikan pada sepasang Suami istri yang berumah tangga. Proses kehamilan adalah proses penantian yang ditunggu. Sebelum berburu baju hamil dan mencari perlengkapan kehamilan dan kelahiran sang jabang bayi. Alangkah baiknya calon orang tua fokus menjaga kehamilan agar berjalan dengan baik dan tanpa kendala. Salah satu caranya adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil. 

Banyak mitos yang menyebutkan bahwa ibu hamil tidak boleh minum air kelapa karena dapat mengganggu proses kehamilannya. Namun sebenarnya mitos ini tidak benar, justru air kelapa muda sangat baik untuk ibu hamil dan menyusui. Selain menyegarkan dan dapat melepas dahaga, air kelapa juga mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi ibu hamil. 

Khasiat air kelapa
Sumber gambar : pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa khasiat air kelapa bagi ibu hamil :

1. Mengganti Cairan Tubuh

Seiring banyaknya aktifitas dan kegiatan yang dilakukan, kebanyakan ibu hamil akan kekurangan cairan atau dehidrasi. Jika ibu hamil sampai mengalami dehidrasi, ibu tersebut akan mengalami sakit kepala, pusing, panas demam, kram dan kejang otot. Disinilah khasiat air kelapa diperlukan, karena air kelapa mengandung zat Elektrolit alami yang dapat mengembalikan fungsi cairan tubuh yang hilang selama melakukan aktifitas. 

2. Mengurangi Kontraksi Otot

Zat ektrolit dalam air kelapa juga dapat berguna mengurangi kontraksi otot yang biasanya terjadi pada saat proses kehamilan dan persalinan.

3. Sebagai Diuretik Alami

Air kelapa mempunyai sifat diuretik alami, yang sangat baik dan aman diminum oleh ibu hamil. Diuretik alami yang terdapat dalam air kelapa berkhasiat untuk memperlancar proses pembuangan urin dan membersihkan saluran kemih ibu hamil. Zat Diuretik juga dapat membantu mengeluarkan zat-zat racun di dalam tubuh. 

Baca juga : Anyang-anyangan Dan Cara Mengatasinya

4. Mencegah Macam-macam Penyakit

Di dalam Air kelapa terdapat kandungan asam laurat yang berfungsi untuk mencegah datangnya penyakit dan dapat membantu melawannya. Bagi ibu hamil muda kandungan asam laurat dalam air kelapa dapat digunakan untuk anti bakteri dan anti virus sehingga dapat menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus berbahaya. 

Baca juga : Penyebab Alergi Pada Anak

5. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Biasanya fungsi pencernaan ibu hamil muda sering mengalami gangguan seperti lambat mencerna makanan dan susah buang air besar, diare, sembelit dan sebagainya. Khasiat lain dari air kelapa untuk ibu hamil adalah dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan sehingga gangguan gangguan fungsi pencernaan dapat diantisipasi. 

6. Meningkatkan HDL

Air kelapa ternyata memiliki banyak khasiat dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh. Dengan meningkatnya HDL otomatis juga dapat menekan kehadiran kolesterol jahat di dalam tubuh atau LDL. Kadar Kolestrol jahat yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis. Jika ibu hamil cenderung mempunyai kadar kolestrol jahat yang tinggi, dapat dipastikan akan mengalami berbagai gangguan kehamilan. 

7. Menurunkan Tekanan Darah

Ibu hamil tidak boleh memiliki tekanan darah tinggi karena akan berpengaruh pada kondisi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Air kelapa mengandung potassium yang ada dapat menurunkan tekanan darah sehingga ibu hamil dianjurkan untuk minum air kelapa. 

Menimbang banyaknya khasiat air kelapa untuk ibu hamil, tidak ada salahnya jika mengganti kopi dan minuman ringan dengan air kelapa saat menjalani masa kehamilan.

Khasiat air kelapa
Ibu hamil dan air kelapa

Pantangan Saat Mengonsumsi Air Kelapa

Seperti yang dijelaskan diatas, air kelapa memiliki sejumlah khasiat, namun jika hendak mengonsumsinya anda harus memperhatikan pantangan berikut ini : 

Jangan berlebihan

Sesuatu yang berlebihan memang selalu tidak baik. Meski enak dan mengandung banyak khasiat, jangan sampai air kelapa menggantikan posisi air putih. Air putih adalah minuman utama dan air kelapa hanya selingan saja. Jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsi air kelapa. 

Baca juga :Hubungan Antara Gula dan Tebu

Harus Alami

Saat ini banyak minuman kemasan yang mengandung banyak manfaat dari air kelapa. Bahkan ada yang mengklaim sebagai minuman hidrasi super. Jika Anda atau keluarga anda sedang hamil dan ingin mengonsumsi air kelapa, pastikan untuk meminum air kelapa asli, bukan air yang memiliki rasa kelapa. Pastikan juga air kelapa tersebut berasal langsung dari buah kelapa yang muda dan segar, bukan air kelapa yang disimpan di kulkas atau tempat penyimpanan lainnya. 

Langsung Berhenti Konsumsi

Jika ibu hamil tidak menyukai rasa dari air kelapa atau setelah meminum air kelapa malah membuatnya tidak nyaman, segera hentikan mengkonsumsi air kelapa. 

Itulah beberapa khasiat air kelapa bagi ibu hamil. Jika ada tambahan, pertanyaan atau sanggahan, bisa di tulis di kolom komentar. Bagikan informasi ini jika memang bermanfaat bagi anda dan orang-orang di sekitar anda. 

4 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!