KOPDAR BLOGGER JATIM DI BOJONEGORO 

Ketika ada pemberitahuan Blogger Bojonegoro mengadakan Kopdar Blogger se-Jatim, saya sangat antusias untuk mengikutinya apalagi tanggalnya juga pas,  tanggal 20 November. Pada tanggal tersebut tidak ada tugas atau kesibukan yang menghadang sehingga langsung mengisi formulirnya. Jarak antara Lamongan dan Bojonegoro lumayan dekat, bahkan termasuk tetangga kabupaten. Sehingga aksesnya juga gampang.

Sehari sebelum pelaksanaan Kopdar, saya sudah dapat konfirmasi bisa ikut acara tersebut lewat twitter juga email. Saya juga sudah dimasukkan ke dalam grup massenger facebook peserta Kopdar sehingga komunikasi dengan para peserta lain dan juga panitia lancar. Acara Kopdar Blogger Jatim ini menurut jadwal dilaksanakan hari minggu tanggal 20 November dan start pukul 13.00 WIB di pendopo Malwopati Bojonegoro.

Sekitar pukul 10.00 WIB saya sudah bersiap-siap berangkat ke Bojonegoro. Awalnya mau naik Bis saja, namun akhirnya diurungkan karena pengen naik kereta api.  Jadwal kereta api Sidoarjo-Bojonegoro juga mendukung dan pas lewat Lamongan di jam tersebut. Kereta api lewat sekitar Pukul 11 dan sayapun beli karcis dan segera menaikinya.

Saya sampai di Terminal Bojonegoro sekitar pukul 12.30 WIB. Tak disangka ternyata ada 2 peserta Kopdar Blogger Jatim lain yang naik kereta dan turun di Stasiun Bojonegoro juga. Kamipun berkenalan dan saling menyapa. Mereka berasal dari Sidoarjo. Tak berapa lama panitia penjemput sudah datang dan kamipun diantar ke lokasi Kopdar.

Di lokasi kopdar kami mengisi daftar hadir dan tanda tangan. Tak lupa pula foto-foto dengan kotak photobhot yang disediakan. Berhubung acara belum dimulai, saya dan teman baru yang bernama Enno memutuskan untuk sholat Dhuhur terlebih dahulu di Musholla belakang Pendopo Bojonegoro.

 

Kopdar Blogger Jatim
Kopdar Blogger Jatim di Bojonegoro

Seusai Sholat, terlihat sudah banyak peserta Kopdar Blogger Jatim yang memenuhi pendopo.  Acarapun dimulai oleh pembawa acara dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan serta perkenalan. Dalam acara ini ada live tweet untuk peserta Kopdar Blogger Jatim tagarnya #kopdarbloggerjatim, #duniagofun dan #jatimproduktif. Bagi yang beruntung akan mendapatkan hadiah uang tunai. 1 juta rupiah untuk juara pertama dan 500 ribu rupiah untuk juara 3.

 

Seusai sambutan dan ramah tamah, peserta kopdar Blogger Jatim diarahkan ke gedung baru Pemkab Bojonegoro yang bangunannya menjulang tinggi hingga 8 lantai. Meski Gedung tersebut belum 100% beroperasi karena ada beberapa spot yg masih dalam perbaikan, namun para Blogger Jatim diberi kesempatan pertama untuk menjelajahi area-area penting di gedung tersebut.

Dengan dipandu oleh ibu Rizki dari Dishub Kominfo Pemkab Bojonegoro, para peserta kopdar blogger jatim diberikan banyak penjelasan dan juga pengetahuan baru mengenai Open Government yang dilaksanakan oleh Pemkab Bojonegoro. Hampir semua dinding di lantai 1 dan 2 gedung tersebut terpampang pamflet dan poster mengenai perkembangan Kabupaten Bojonegoro masa lampau, kini dan masa sekarang.  Juga mengenai program-program kedepan yang akan dilaksanakan serta terobosan-terobosan yang telah dilakukan.

Jatim Produktif
Poster dan pamflet di kantor baru Pemkab Bojonegoro

Banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan dan kesemuanya bikin ngiri,  kapan zaa Kabupaten saya atau minimal desa saya bisa seperti itu. Yang terbuka, melayani dengan sungguh-sungguh dan ditunjang dengan teknologi informasi yang memudahkan masyarakat mengakses informasi maupun data yang dibutuhkan.

Setelah berkeliling di lantai 1 dan 2, peserta diajak naik ke lantai 7. Di lantai ini adalah tempat Bupati Bojonegoro berkantor dan menyusun berbagai strategi perencanaan daerah dan juga tempat pengambilan keputusan. Di lantai 7 juga terdapat Meeting Room yang digunakan Bupati Bojonegoro melakukan rapat dan kordinasi dengan bawahannya. Peserta Kopdar Blogger Jatim diberi kesempatan untuk duduk di kursi -kursi rapat dan bertindak seolah-olah menjadi pejabat daerah yang sedang rapat.

Kopdar Blogger Jatim
Suasana rapat Blogger di Meeting Room Kantor Pemkab Bojonegoro

Sayangnya rapat pejabat ala Blogger ini tidak berlangsung lama karena para peserta Kopdar Blogger Jatim sudah ditunggu oleh Bupati Bojonegoro atau yang akrab dipanggil kang Yoto di pendopo pemkab.  Para Blogger kembali turun ke lantai 1 dan menuju pendopo kembali.

Ini adalah acara kedua yang saya ikuti di Bojonegoro dan berkesempatan bertemu dengan Bupati Bojonegoro. Pertemuan pertama pernah saya publish di blog ini dan diberi titel : Njungok Bareng Netizen Bojonegoro

Seperti pertemuan di acara pertama, dalam pertemuan hari itu juga meninggalkan kesan yang luar biasa.  Tidak ada prosedur berbelit maupun protokoler resmi menyambut kedatangan Bupati. Bupati datang di tengah Para Blogger dan menyapa dengan akrabnya. Pada kesempatan tersebut Kang Yoto memberi apresiasi tinggi pada acara Kopdar Blogger Jatim ini.

Dalam pidatonya Kang Yoto memberikan banyak motivasi yang membangun pada peserta. Salah satu yang teringat dan membekas adalah “Apapun situasinya,  jangan lupa Bahagia”. Intinya bahagia itu penting bagi diri kita dan orang lain.
Bukan Blogger namanya jika tidak ada sesi foto narsis bersama. Bupati Bojonegoro Kang Yoto dengan senang hati melayani sesi foto narsis para peserta. Ada pula yang ingin mewancarai secara privat dan beliaupun menurutinya.

Bupati Bojonegoro dan para Blogger
Bupati Bojonegoro foto bersama para Blogger dan juga wawancara

Sekitar pukul 5 sore, peserta Kopdar Blogger Jatim diarahkan ke lantai 8 gedung Pemkab Bojonegoro. Disini merupakan tempat tertinggi di seluruh Bojonegoro dan merupakan area terbuka dengan hamparan rumput sintetis yang menyejukkan mata.

Dari atas gedung ini dapat terlihat pemandangan luas daratan wilayah Kota Bojonegoro. Sungai Bengawan Solo juga terlihat dari sana. Pemandangan matahari yang terbenam di arah barat juga menjadi panorama indah dari atas gedung. Para pesertapun tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Para Blogger memanfaatkan momen ini dengan foto-foto dan juga membuat video atau Nge-Vlog bersama di atas gedung.

Kopdar Blogger Jatim
Pemandangan di lantai 8 Kantor Pemkab Bojonegoro

 

Kala terdengar suara adzan maghrib berkumandang,  para peserta turun dari lantai 8 untuk makan, sholat dan juga pembagian tiket nonton konser Raisa di Go Fun Bojonegoro. Para peserta kemudian diantar ke GoFun dan bersenang-senang disana. Kegiatan di GoFun Bojonegoro bisa dibaca di postingan saya lainnya di blog lain yakni Gemerlap Cahaya Malam di GoFun Bojonegoro.

Kopdar Blogger Jatim di Bojonegoro telah memberi saya banyak pengetahuan dan pengalaman yang luar biasa. Teman-teman baru yang seide dan sevisi juga banyak saya, temui disana.  Semoga diberi kesempatan untuk bertemu lagi dan bisa MELAMPAUI BATAS MAKSIMALMU

9 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!