MANFAAT BAWANG PUTIH UNTUK KULIT & WAJAH

Siapa yang tidak kenal dengan Bawang Putih?. Semua orang pasti tahu dan pernah melihatnya. Bawang putih bisa ditemukan di semua dapur para ibu rumah tangga. Warnanya yang putih menjadi ciri khas dan pembeda dari jenis lainnya. Disamping baunya yang khas yang konon bisa mengusir makhluk halus seperti vampir dan tuyul.
Bawang Putih biasanya digunakan sebagai bumbu dapur yang menyedapkan makanan. Tanpa Bawang Putih, makanan pasti terasa hambar. Bawang Putih menjadi salah satu bahan pokok yang harganya relatif stabil di pasaran.
Siapa sangka dibalik itu semua, Bawang Putih memiliki khasiat bagi kecantikan kulit yang diidam idamkan tiap wanita. Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam Bawang Putih untuk kesehatan. Salah satunya untuk merawat kecantikan wajah. Diantara  contohnya adalah untuk mengatasi jerawat, komedo dan bekas luka.
Kulit wajah yang berjerawat dapat diobati dengan Bawang Putih.  Tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak, kita bisa mengatasi jerawat yang sangat meresahkan hanya bermodal beberapa siung Bawang Putih saja. Kandungan sulfur yang terdapat dalam Bawang Putih mengandung anti biotik yang bisa menghilangkan jerawat dan bekas komedo.
Cara sederhana untuk menghilangkan jerawat dengan Bawang Putih adalah sbb :
1. Bersihkan wajah dengan air bersih.
2. Ambil dua siung Bawang Putih, bersihkan dari kulitnya yang kering.
3. Hancurkan Bawang Putih menggunakan air hangat atau cuka apel untuk mendapatkan cairan yang segar.
4. Oleskan cairan tersebut merata ke seluruh wajah atau di bagian yang dikehendaki. Pastikan jangan sampai terkena mata.
5. Biarkan selama 5 menit, dan bilas dengan air bersih.
Sekedar catatan, jangan membiarkannya terlalu lama karena bisa membakar wajah.
Lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu (jangan setiap hari). Insyaallah wajah yang berjerawat kabur menjauh. Jika jerawat tidak terlalu parah, maka esok hari setelah memakai Bawang Putih, jerawat akan mengempis.
Masalah lain yang cukup sering terjadi pada kulit kita adalah komedo yang biasanya muncul di sekitar hidung, yang tentu saja bisa mengganggu kecantikan penampilan. Dengan Bawang Putih masalah ini bisa diatasi.
Untuk menghilangkan komedo caranya adalah :
1. Ambil beberapa siung Bawang Putih yang sudah bersih dan masih segar.
2. Haluskan dan oleskan Bawang Putih lumat tadi pada bagian wajah yang berkomedo.
3. Gosok-gosok dengan lembut dan perlahan tapi jangan terlalu lama agar kulit tidak pedih.
4. Setelah itu bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

Masalah kecantikan kulit dan wajah lainnya yang sering mengganggu penampilan adalah adanya bekas luka. Terkadang kita punya bekas luka yang didapat karena kecelakaan kecil yang menimpa kita, atau mungkin karena luka bekas jerawat.  Masalah seperti ini juga bisa diatasi dengan Bawang Putih.
Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dalam Bawang Putih ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Caranya sangat mudah, yakni :
1. Siapkan 1 siung Bawang Putih bersih.
2.  Iris/belah Bawang Putih tersebut. Pastikan pisau yang digunakan untuk mengirisnya sudah steril agar bekas luka tidak terkontaminasi bakteri.
3. Oleskan langsung ke atas bekas luka atau bisa menggosokkan irisan Bawang Putih pada bekas luka.

Demikianlah tips kecantikan dari Bawang Putih. Semoga bermanfaat.

One Comment

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!