5 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih

Jerawat merupakan penyakit umum yang sepele namun menjengkelkan. Puluhan juta orang diseluruh dunia dari segala usia pernah mengalaminya setiap tahun. Berbagai macam jenis jerawat  mulai yang ringan hingga berat kerap dikeluhkan banyak orang. Jerawat memang menyebabkan rasa sakit pada kulit, namun rasa sakitnya tidak sebanding dengan efek yang ditimbulkan, baik saat mengalami jerawat maupun sesudahnya.

Penyakit jerawat terutama yang tumbuh di wajah akan menyebabkan berkurangnya rasa kepercayaan diri bagi penderitanya. Hal itu dikarenakan dapat membuat wajah tampak kurang menarik dan meninggalkan bekas berlubang pada kulit. Berbagai cara ditempuh untuk mengobati penyakit yang satu ini, mulai dari obat-obatan modern hingga obat tradisional yang alami. Salah satu obat alami penghilang jerawat yang mudah didapatkan dan murah harganya adalah Bawang Putih.

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih
Bawang Putih (sumber gambar : pixabay.com)

Manfaat bawang putih untuk mengobati jerawat sudah terbukti sedari dulu. Hal itu dikarenakan umbi Bawang Putih mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Anti oksidan tersebut sangat membantu dalam mencegah munculnya jerawat, dan juga dapat dimanfaatkan sebagai anti bakteri alami.

Berikut ini adalah 5 cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan Bawang Putih yang bisa anda praktekkan.

1. Mengiris dan menempelkan ke tempat tumbuhnya jerawat

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih yang paling mudah dan simpel adalah dengan cara mengiris bawang putih. Caranya adalah dengan mengiris dan memotong 2 – 3 siung bawang putih, lalu Ambil beberapa irisan atau potongan bawang putih tersebut dan tempelkan serta gosok-gosokkan bagian wajah yang mengalami jerawat. Diamkan selama 5 – 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan sabun pembersih wajah jika diperlukan dan tidak tahan dengan baunya. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari, sampai jerawat menghilang dan bersih.

2. Masker Bawang Putih

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih yang kedua adalah dengan membuat masker bawang putih. Masker bawang putih ini dapat digunakan sebelum tidur untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi kulit wajah. Caranya, Ambil 2 – 4 siung bawang putih, Blender atau haluskan bawang putih dengan mencampurkan sedikit air. Lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Oleskan tipis saja, jangan terlalu tebal dan hati hati jangan terlalu dekat dengan bagian mata. Tunggu 10 sampai 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih hingga wajah benar – benar bersih.

Baca juga : 4 Langkah Tepat Memakai Masker

3. Mencampur dengan cuka dapur

Mencampurkan bawang putih dengan cuka dapur juga bisa digunakan sebagai penghilang jerawat. Cuka dapur memiliki kandungan yang dapat membunuh bakteri dan kuman penyebab jerawat. Caranya adalah dengan menghaluskan 2 – 3 siung bawang putih, lalu tambahkan cuka putih atau yang sering kita kenal dengan cuka dapur ½ sendok makan atau 1 sendok teh. Campuran bawang putih dan cuka dapur tersebut kemudian dioleskan pada bagian wajah yang mengalami jerawat. Tunggu hingga beberapa menit. Setelah mengering, bilaslah dengan menggunakan air bersih dan bila perlu menggunakan sabun pembersih wajah. Lakukan secara rutin setiap hari sampai jerawat mengering.

4. Campuran bawang putih dengan putih telur

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan putih telur juga sama mujarabnya dengan bawang putih. Kedua bahan ini memang memiliki manfaat alami untuk menghilangkan jerawat. Campuran antara bawang putih dan putih telur akan membuat jerawat cepat sembuh. Caranya adalah dengan menghaluskan 2 – 3 siung bawang putih dan mencampurkannya dengan putih telur. Aduk hingga rata. Lalu oleskan campuran tersebut pada bagian wajah yang berjerawat. Tunggu hingga 30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan menggunakan air dan sabun pembersih wajah.

5. Campuran bawang putih dengan lidah buaya

Lidah buaya mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kulit serta wajah. Lidah buaya dapat menjadi pembasmi komedo, jerawat dan juga mencerahkan wajah sekaligus. Lidah buaya sebagai tanaman obat telah terbukti khasiatnya sedari dulu. Jika digabungkan dengan bawang putih, manfaat lidah buaya hasilnya akan lebih maksimal.

Caranya adalah : Haluskan 2 – 4 siung bawang putih, ambil getah lidah buaya dan campurkan pada bawang putih yang sudah dihaluskan. Campuran tersebut kemudian dioleskan pada bagian kulit yang berjerawat, tunggu hingga 10 menit. Lalu bilas dengan air hingga benar-benar bersih.

Itulah 5 cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih yang bisa saya tuliskan. Anda dapat memilih dan mencoba salah satu dari 5 pilihan cara diatas sesuai dengan kebutuhan atau keinginan. Perlu diingat, agar efek yang diperoleh menjadi lebih optimal, anda harus melakukan hal tersebut secara rutin. Tidak hanya sesekali saja.

(Visited 27 times, 1 visits today)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!