Tips Alami Mengatasi Luka Bernanah

Luka pada kulit memang sangat mengganggu, apalagi jika luka tersebut tidak sembuh dan malah tambah bernanah. Salah satu luka yang paling lama sembuh adalah di kaki yaitu lutut. Ketika luka masih belum parah mungkin kita bisa menggunakan plester luka kaki. Namun bagaimana jika luka tersebut malah bernanah? Luka yang bernanah memang tidak bisa dibiarkan karena selain menimbulkan rasa nyeri juga membuat kita tidak nyaman.

Tips Alami Mengatasi Luka Bernanah

Berikut ini ada beberapa tips alami mengatasi luka yang bernanah, diantaranya:

1. Bubuk kopi

Siapa yang sangka bubuk kopi dapat berguna untuk menyembuhkan luka yang bernanah. Tidak hanya itu bubuk kopi juga bisa mengobati luka tergores maupun terbakar. Hal ini dikarenakan kopi mengandung antibakteri yang mampu membunuh bakteri pada luka yang bernanah.

Caranya cukup mudah, yaitu hanya ditaburkan saja pada luka tersebut hingga benar-benar tertutupi semua lukanya. Namun kopi yang digunakan bukanlah kopi dalam kemasan yang tinggal seduh, namun kopi murni yang ditumbuk hingga halus.

2. Garam dan air hangat

Bumbu dapur yang satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya dapat mengobati luka yang terinfeksi seperti luka bernanah. Caranya dengan menyiapkan melarutkan garam dengan air hangat di dalam ember. Kemudian bersihkan luka yang bernanah tersebut dengan air garam hangat tadi. Lakukan selama 3 kali dalam sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Baca juga :

3. Minyak kayu putih

Selain digunakan untuk mengobati masuk angin, minyak kayu putih juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka bernanah secara efektif. Hal ini dikarenakan minyak kayu putih mengandung disinfektan yang mampu mengobati infeksi pada luka juga mengandung analgetik yang mampu mengurangi rasa sakit. Caranya dengan membersihkan luka yang akan diobati kemudian oleskan minyak kayu putih pada luka tersebut. jika terjadi panas, maka pemakaian harus dihentikan.

Itulah beberapa tips alami mengobati luka yang bernanah. Untuk itu pilihlah foot plaster higienis dari Hansaplast sehingga luka anda terlindungi dari berbagai bakteri yang menyebabkan infeksi.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!