Mengikuti Kelas Online Menggunakan Aplikasi Moodle Mobile

Sekarang ini ada banyak sekali tempat – tempat kursus atau pelatihan yang memberi kelas belajar online. Di zaman yang serba canggih saat ini, belajar tidak harus keluar rumah dan mengeluarkan tenaga ekstra, cukup buka laptop atau HP yang terhubung dengan Internet, kita bisa belajar dan mengikuti kelas pembelajaran tertentu secara online.

Awalnya saya mengira kalau mengikuti kelas online itu hanya membuang-buang waktu dan uang. Toh kita bisa belajar secara mandiri melalui situs-situs belajar online yang bertebaran di dunia maya, tanpa perlu membayar biaya apapun, cuma butuh kuota saja. Hasilnya pasti sama saja. Kita juga tinggal cari di mesin pencarian google tentang materi yang kita inginkan dan dapat mempelajarinya kapan saja. Kalau kurang bisa nyari lagi perbandingannya.

Tapi ternyata anggapan ini keliru. Tidak semua informasi yang ada di Internet, datanya valid dan dapat membantu kita. Banyak sekali informasi hoax yang justru menyesatkan kita. Dibutuhkan seorang mentor atau materi berkualitas dari lembaga terpercaya untuk mempelajari suatu ilmu. Kita perlu tempat bertanya jika tidak mengerti tentang suatu materi dan juga butuh teman buat berdiskusi.

Kebetulan beberapa hari yang lalu saya mengikuti pembelajaran jarak yang diadakan oleh sebuah instansi pemerintah. Hal itu memberi pemahaman dan pengalaman baru bagi saya mengenai sistem pembelajaran online jarak jauh. Ini bukan postingan berbayar atau sejenisnya, tapi postingan ini dibuat karena saya murni ingin berbagi. Disini saya ingin membahas dan mengulas sedikit tentang aplikasi Android yang kemarin saya gunakan sebagai tempat belajar jarak jauh sekaligus kelas online.

Aplikasi yang dimaksud bernama Moodle Mobile. Aplikasi ini merupakan sebuah wadah berbasis website yang digunakan oleh banyak universitas di dunia dalam pembelajaran jarak jauh. Salah satunya adalah Universitas Terbuka. Berbagai tempat kursus online juga banyak menggunakan aplikasi ini untuk tempat belajar jarak jauh para siswanya. Aplikasi Moodle Mobile dapat diunduh secara gratis melalui Play Store untuk Android atau App Store untuk IOS.

Moodle Mobile merupakan sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk webzite. Jika kita biasanya harus masuk kedalam kelas dan mendengarkan materi dengan duduk manis didalamnya bersama teman-teman, dengan aplikasi ini kita tidak perlu lagi datang ke kelas, kita hanya perlu terhubung dengan Internet dan masuk ke dalam aplikasi ini, selanjutnya bisa mengikuti kelas pembelajaran pada umumnya.

Baca juga : Konsep Persepsi Sosial

Aplikasi ini memungkinkan para siswa untuk masuk kedalam “ruang kelas” digital dan mengakses materi-materi pembelajaran dimana saja. Untuk waktunya memang tidak bisa kapan saja karena ada pembatasan waktu. Siswa hanya dapat mengakses materi di waktu-waktu tertentu yang sudah ditetapkan, misalnya materi A hanya dapat diakses pada tanggal sekian, materi B diakses tanggal sekian dsb. Oleh karena itu harus disiplin dan tepat waktu agar tidak ketinggalan.

Jika waktunya sudah habis, materi-materi tersebut tidak bisa diakses lagi. Memang ada beberapa yang bisa didownload dan dipelajari sendiri tanpa batasan waktu, tapi waktu downloadnya itu yang dibatasi. Hal tersebut hampir sama dengan pengaturan jam belajar di kelas biasa.

Moodle Mobile biasanya digunakan dalam membangun sistem pembelajaran secara elektronik (E-Learning) dan juga pembelajaran jarak jauh (Distance Learning). Dengan konsep ini, belajar mengajar tidak dibatasi ruang dan waktu. Seorang dosen/guru/pengajar dapat memberikan materi kuliah dari mana saja. Begitu juga seorang mahasiswa/siswa dapat mengikuti kuliah dari mana saja.

Proses ujian atau test juga dapat dilakukan dengan jarak jauh. Seorang dosen/guru/pengajar dapat membuat materi soal ujian secara online dengan sangat mudah. Hasil penilaian juga bisa didapat saat itu juga. Proses ujian atau test dapat dilakukan secara online sehingga tidak membutuhkan kehadiran peserta ujian dalam suatu tempat. Peserta ujian dapat mengikuti ujian di rumah, kantor, warnet bahkan di saat perjalanan dengan dukungan koneksi internet.

Baca juga : Mendapatkan uang dari internet

Berbagai bentuk materi pembelajaran dapat dimasukkan dalam aplikasi Moodle ini. Mulai dari yang berbentuk Microsoft Word, presentasi Microsoft Power Point, pdf, Animasi Flash hingga materi dalam format audio atau video. Semuanya dapat digunakan sebagai materi pembelajaran.

Selain mendapatkan materi pembelajaran dan mengerjakan tugas ujian, siswa yang belajar lewat aplikasi ini juga dapat melakukan chat atau tanya jawab dengan pemateri/pengajarnya. Ada juga fasilitas forum diskusi online yang dapat digunakan untuk membahas suatu materi pembelajaran dengan sesama siswa lainnya dan juga dengan pengajarnya. Jadi tidak perlu bingung sendiri jika tidak paham dengan materinya.

Sama seperti kelas offline, untuk mengikuti sebuah kelas online di Moodle Mobile kita juga harus mendaftar terlebih dahulu pada instansi atau tempat yang menyediakan kelas online/pembelajaran jarak jauh. Setiap orang tidak bisa serta merta ikut dalam kelas online tertentu sesuai keinginan. Ada beberapa tahapan untuk melakukannya. Saat ini aplikasi Moodle Mobile sudah digunakan pada lebih dari 150.000 institusi/lembaga di lebih dari 160 negara didunia.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi Moodle Mobile?

Pertama-tama tentunya kita harus download dan menginstalnya terlebih dahulu. Jika aplikasi sudah terinstal pada gagdet milik kita, langkah selanjutnya selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut. Di halaman depan akan ada isian alamat web/situs yang menyelenggarakan kelas online/kelas jarak jauh.

Jika sudah mendaftar sebelumnya, kita pasti diberikan petunjuk isian alamat situs tersebut di Moodle Mobile. Bila sudah tahu alamat situs yang dimaksud, kita isikan alamatnya dan selanjutnya klik Connect!. Setelah itu kita akan dibawa ke halaman isian Username dan Password. Kita harus mengisikan sama persis seperti petunjuk pendaftaran lalu klik Log In. Setelah sukses log in dan masuk kedalam kelas online, kita bisa mengakses materi-materi pembelajaran didalamnya dan menikmati segala fasilitasnya.

Demikianlah ulasan dan pembahasan singkat tentang kemudahan mengikuti kelas online menggunakan aplikasi Moodle Mobile. Semoga bermanfaat dan dapat membuka wawasan kita tentang konsep pembelajaran jarak jauh yang ngetren saat ini.

(Visited 93 times, 1 visits today)
15 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!