WASPADAI HOAK DI DUNIA MAYA 

​Kemajuan teknologi yang semakin meningkat dalam kehidupan saat ini mendorong masyarakat untuk terus mengikutinya. Kehadiran ponsel pintar semacam ipad, iphone dan android membawa kita untuk semakin mudah berinteraksi dengan siapapun.

Hoak di dunia Maya
Hoak di dunia maya

Kehadiran teknologi informasi juga semakin memudahkan kita menyampaikan berbagai informasi dan berita kepada siapapun dan kapanpun tanpa terkendala jarak dan waktu.

Dengan adanya internet, informasi yang ada dalam artikel, berita, karya tulis dan lain sebagainya sangat mudah dipublikasikan. Informasi tersebut dapat dibaca oleh banyak orang secara bebas dan dibagikan secara bebas pula kepada orang lain. Namun tak dapat dipungkiri jika informasi yang dipublis, dibaca dan dibagikan dalam dunia maya kadang-kadang belum tentu kebenarannya dan masuk dalam kategori hoak. Kita patut waspadai hoak di dunia maya.

Informasi palsu yang belum tentu kebenarannya atau yang disebut hoak dewasa ini semakin merajalela. Di Indonesia sendiri banyak sekali situs/website di dunia maya yang menyebarkan berita palsu atau hoax dan sayangnya banyak juga masyarakat yang percaya akan berita hoax tersebut dan menyebarkannya ke kolega serta daftar kontaknya. Mudahnya akses media sosial seperti facebook,whatsapp, BBM dan sebagainya menjadi salah satu pemicu merajalelanya berita hoak/palsu serta memberi dampak besar terhadap kehidupan masyarakat.

Baca juga : Pengalaman Kerja Online

Berita hoak biasanya dibuat dengan tujuan-tujuan tertentu. Disamping mengejar trafik website, berita hoak kadang sengaja dibuat untuk meresahkan masyarakat dan tak sedikit pula yang dibuat untuk tujuan politik. Oleh karenanya waspadai berita hak di dunia maya yang kadang kita percayai dan mensharenya. Semakin banyak orang yang terpancing untuk share dan klik link berita hoak, pembuat berita hoak akan semakin untung. Namun masyarakat akan semakin dirugikan.

Salah satu berita hoak yang meresahkan akhir-akhir ini adalah berita tentang penculikan anak. Berita tersebut sangat heboh dan meresahkan masyarakat. Tidak sedikit yang menjadi korban kekerasan massa karena dianggap sebagai penculik, padahal orang tersebut hanyalah orang gila yang kebetulan lewat atau orang yang sedang mencari alamat. (Baca juga : Isu Penculikan Anak)

hoak di dunia maya
sumber gambar : Pixabay.com

Apa sebenarnya Hoak itu?  Berikut sedikit ulasannya.

Apa Itu Hoak ?

Kata Hoak bukanlah singkatan tetapi satu kata serapan dari bahasa inggris yang punya arti sendiri. Hoak berasal dari kata Hoax (Inggris) yang artinya tipuan, menipu, berita bohong, berita palsu atau kabar burung.

Definisi Hoak menurut wikipedia adalah : “Sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk  menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut palsu.”

Dari pengertian diatas, hoak dapat dikatakan sebagai ketidakbenaran suatu informasi dan merupakan sebuah kebohongan atau informasi sesat yang sengaja disamarkan agar terlihat benar. Sedangkan Berita Hoak adalah sebuah publikasi yang terlihat seperti berita faktual, namun ternyata berisi kebohongan dan fitnah.

Biasanya berita hoak sengaja dibuat untuk menyebarkan propaganda atau pesan kebencian atas seseorang atau instansi tertentu. Masyarakat anehnya sangat mudah tertipu oleh berita hoak seperti ini dan kadang lebih menyukainya dengan berbagai alasan. Dibuktikan dengan tingginya angka share atas berita hoak di sebuah web/situs.

Internet memang menyajikan kebebasan, kebebasan yang diatur undang-undang. Akan tetapi kebebasan tersebut justru disalahkan gunakan sebagian orang dengan menyebarkan berita hoak yang merugikan orang lain.  Sebagai seorang muslimah,  hendaknya kita bisa bijak menyikapi adanya berita hoak di dunia maya.

One Comment

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!