Anak Hebat Tumbuh Dengan Pendidikan Karakter Yang Kuat dan Memiliki Tanggap Yang Lengkap

Siapa yang tidak ingin memiliki anak hebat? Semua orang tua pasti menginginkannya. Anak hebat yang dimaksud disini bukanlah anak yang super jenius, paling pintar atau bahkan bisa jadi super hero seperti tokoh dalam televisi. Namun anak hebat yang dimaksud adalah anak yang tumbuh dengan pendidikan karakter yang kuat dan memiliki tanggap yang lengkap.

Kecerdasan akademis sendiri memang hal yang penting, namun bukan menjadi prioritas utama. Di era global seperti saat ini, menjadikan anak cerdas bidang akademis saja tidaklah cukup, mereka juga butuh nalar, daya pikir dan budi pekerti yang baik supaya dapat bersosialisasi dengan teman-temannya dan juga orang-orang di sekitarnya. Untuk bisa menjadi anak yang hebat, anak harus mendapatkan pendidikan karakter yang kuat dan perlu memiliki tanggap yang lengkap yakni cepat tanggap, punya rasa peduli dan tanggap bersosialisasi.

Pendidikan karakter

Tahap pekembangan anak dimulai pada usia 0-6 tahun. Pada usia ini, anak – anak berada pada fase golden age atau masa emas perkembangan anak. Di usia tersebut perkembangan otak anak juga mencapai tahap yang sangat peka, artinya anak akan menyerap informasi dari segala sesuatu di sekelilingnya yang dia lihat sehari – hari dengan cepat.

Kualitas kepribadian anak di masa depan dipengaruhi oleh keberhasilan pendidikan pada usia ini. Jika pada masa golden age ini anak selalu diberi stimulasi yang bisa mengoptimalkan kinerja otaknya, serta ditanamkan pendidikan karakter yang positif, maka di masa depan ia akan menjadi anak hebat dengan pribadi yang positif dan memiliki tanggap yang lengkap. Hal itu akan sangat mendukung perkembangan sosial anak di masa dewasanya.

Pembentukan karakter untuk tumbuh kembang anak dimulai dari lingkungannya. Disinilah peran orang tua diperlukan, karena orang tua adalah lingkungan terdekat bagi anak. Orang tua mempunyai peranan yang penting dalam memberikan stimulasi yang tepat pada anak dan juga memberikan pendidikan karakter yang kuat.

Baca juga : Metode Belajar Yang Efektif

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memberikan stimulasi pada anak diantaranya adalah dengan mengajak bercakap-cakap, membacakan buku cerita berulang-ulang, diajak menyanyi lagu anak-anak, bermain bersama dan masih banyak lagi yang lainnya. Stimulasi dapat dilakukan secara kontinyu dan tidak hanya sesekali saja. Dengan stimulasi-stimulasi tersebut, tentunya sangat berguna bagi perkembangan anak dan menumbuhkan mereka menjadi pribadi yang memiliki tanggap yang lengkap.

Sementara dalam hal pendidikan karakter, perlu adanya penanaman nilai yang berkelanjutan dari orang tua. Artinya orang tua tidak hanya mengajarkan atau mendidik hanya pada satu waktu saja, tetapi secara terus menerus dan berkesinambungan sesuai dengan usia anak. Penting untuk diperhatikan, Orang tua harus konsisten dengan setiap ucapan dan tingkah lakunya. Konsisten dalam arti menerapkan hal yang sama terus menerus kepada anak dan memberi contoh kepada anak. Jangan sampai memberi contoh yang berbeda dengan apa yang diajarkan pada anak.

Baca juga : Belajar Sejarah Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik

Pada pertumbuhan dan perkembangan anak di usia emasnya nutrisi anak juga harus diperhatikan. Nutrisi berperan sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Oleh karena itu orang tua perlu memberikan nutrisi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak. Nutrisi tersebut akan membuat mereka tumbuh sehat, ceria dan mudah dalam menyerap informasi atau stimulasi yang diterima.

Untuk kebutuhan si kecil, pemberian nutrisi tambahan yang berupa susu formula sangat diperlukan. Mencari susu yang tepat memang agak sulit, namun sebagai orang tua mesti cerdas dan bijak. Sebelum membeli baca dulu kandungan nutrisi gizi pada kemasannya. Bebelac baru yang telah disempurnakan dari sebelumnya mengandung minyak ikan, omega 6, omega 3, FOS : GOS ; 1:9 yang dipatenkan, serta mengandung 13 vitamin dan 9 mineral yang mendukung tumbuh kembang dan daya tanggap anak, agar tumbuh menjadi anak hebat dengan tanggap yang lengkap: cepat tanggap, punya rasa peduli, dan tanggap bersosialisasi.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai tanggap yang lengkap bisa klik tautan http://bit.ly/ArticleTanggap2. Disana sudah diberikan penjelasan yang lengkap dan akurat mengenai anak yang hebat tumbuh dengan tanggap yang lengkap. Semoga kita para Orangtua bisa memunculkan anak-anak hebat yang memiliki pendidikan karakter kuat dan memiliki tanggap yang lengkap, sehingga dapat membanggakan bangsa, agama dan orang tua.

(Visited 12 times, 1 visits today)
11 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!