Pesona Wisata Bukit Flora Pasuruan Lengkap Dengan Harga Tiket Masuk

Di akhir tahun kemarin sebenarnya ada banyak sekali destinasi wisata yang saya kunjungi. Namun karena berbagai program kerja di komunitas yang cukup menyita waktu, tidak semua bisa saya posting disini. Baru sekaranglah bisa ditulis. Salah satunya yang ingin saya ceritakan adalah pesona keindahan alam wisata Bukit Flora Pasuruan, lengkap dengan harga tiket masuk dan juga potongan harganya.

Wisata Bukit Flora Pasuruan

Saat pertama kali mendengar kata bukit Flora tentunya yang pertama kali terbesit adalah perbukitan yang dipenuhi dengan bunga-bunga menawan. Pecinta bunga pastinya langsung tertarik dan ingin segera melihat langsung keindahannya. Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, memang ada berbagai bunga yang indah dan cantik yang bisa dinikmati di bukit Flora ini. Namun selain keindahan bunga, ada berbagai panorama dan juga suasana berbeda yang bisa dinikmati disini. Wisata outbound juga ada lho….

Pesona Wisata Bukit Flora Pasuruan

Bukit Flora merupakan salah satu jenis wisata argo yang menawarkan berbagai keindahan alami khas alam pegunungan. Keindahan alam ini dipadukan dengan berbagai keindahan buatan sebagai penunjang lokasi wisatanya. Selain dapat dijadikan tempat rekreasi keluarga, lokasi wisata ini juga bisa dijadikan ajang edukasi untuk anak-anak mengenal aneka flora (tumbuhan) dan juga areal outbound.

Saat pertama kali masuk ke areal Bukit Flora, hawa sejuk langsung menyergap. Kita seakan-akan masuk dalam wilayah ber AC, tapi dalam versi yang alami. Berbeda jauh dengan Wisata Kebun Kurma Pasuruan yang teramat panas seperti jazirah Arab. Setelah membayar tiket masuk, pengunjung akan memasuki areal yang lumayan luas mirip dengan aula. Ada deretan meja kursi yang digunakan untuk istirahat sejenak dan berkumpul dengan rombongan. Di sekitar tempat tersebut terdapat berbagai spot foto yang pastinya instagramhable banget. Berhubung saat itu saya jadi panitia yang mengurusi rombongan, jadinya tidak sempat selfie di sana sini. Padahal tempatnya bagus sekali.

Wisata Bukit Flora Pasuruan
Diantara deretan bunga-bunga Anggrek

Setelah dari aula, deretan bunga-bunga yang berjajar rapi di sebelah kirinya membuai pemandangan. Ada berbagai tanaman bunga seperti anggrek, krisan, teranium, kantong semar, mawar, garbera, dan masih banyak lagi. Saya sendiri tidak hafal dengan nama-nama bunganya, hanya tau beberapa saja diantaranya. Bunga-bunga tersebut ditanam di pot-pot dan disusun sedemikian rupa sehingga tampak sedap di pandang.

Saya sendiri betah berlama lama disini karena terpukau dengan bunga-bunga yang ada disana. Satu-satunya kenangan foto yang ada saya cuma di sini. Foto-foto lain dalam postingan ini adalah foto keponakan dan saudara saya yang ikut dalam rombongan. Saya tidak sempat foto-foto karena sibuk sendiri mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan keperluan rombongan wisata saya ini. Mohon dimaklumi.

Selain bunga, juga tersedia beraneka tanaman toga, sayur-sayuran dan beberapa jenis buah yang menjadi pelengkap ragam tanaman di Bukit Flora. Pengunjung yang datang bisa membeli bunga, sayur atau buah yang diinginkan. Tinggal bilang ke petugas mau yang mana, nanti petugas akan memilihkan mana yang bisa dibeli dan dibawa pulang. Jangan sampai ambil sendiri, tanpa konsultasi dulu. Karena itu bukan perilaku terpuji.

Aneka tanaman bunga dan Toga di Kebun Flora Pasuruan

Tekstur tanah di Bukit Flora Pasuruan cenderung berundak-undak khas perbukitan. Untuk menelusuri spot wisatanya, pengunjung harus turun undakan. Aula adalah spot wisata yang paling tinggi atau bisa disebut puncak bukitnya. Disusul kemudian kebun bunga yang agak menjorok ke bawah dan spot-spot wisata lainnya.

Sejajar dengan kebun bunga ada musholla sebagai tempat ibadah dan juga rumah jamur. Di jam pagi sebelum pukul 11 siang pengunjung dapat menikmati petik jamur dan membawa pulang jamurnya dengan harga Rp. 15.000 per kilogram. Saya dan rombongan sampai di Bukit Flora sekitar pukul 2 siang, jadi tidak bisa menikmati wisata petik jamurnya. Hanya bisa melihat sisa-sisa jamur yang baru dipanen. Yng dimaksud disini itu jamur buat makanan zaaa, bukan Jamur Pada Almari yang merugikan.

Di undakan bawah setelah musholla dan rumah jamur, terlihat kolam renang kecil yang terasa menyegarkan. Anak-anak dalam rombongan saya langsung tergoda menyeburkan diri disana. Mereka ini sebelumnya sudah membawa baju ganti sehingga tidak ragu lagi untuk berenang renang sesuka hati. Airnya sangat jernih dan sejuk. Ada sekitar 50an anak yang ikut berenang, namun mereka tidak terlalu lama bermain air karena hawanya yang memang benar-benar dingin dan tidak sesuai dengan kondisi sehari-hari Kabupaten Lamongan yang cenderung panas.

Spot-spot foto di wisata Bukit Flora banyak sekali. Bagi para pecinta selfie dan fotografi, tempat ini jadi surga. Ada beragam spot foto yang menarik dan tentunya tidak boleh dilewatkan. Ada juga tempat bermain anak-anak, foto bersepeda di udara, foto 3 Dimensi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kebun Flora Pasuruan
Salah satu spot foto di Wisata Kebun Flora Pasuruan

Untuk menikmati sarana outbound, seperti Flying Fox, titian keseimbangan, sarana ketangkasan dan lainnya, harus reservasi terlebih dahulu. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang telah diatur sebelumnya.

Harga Tiket Masuk dan Potongan Harganya

Hal yang membuat saya akhirnya tertarik untuk pergi ke Wisata Bukit Flora adalah harga tiket masuknya yang paling murah dibandingkan dengan tempat wisata lainnya di Pasuruan. Pada akhir tahun lalu hingga per Maret 2019 ini harga tiketnya hanya Rp 25.000,- . Dengan berbagai fasilitas lengkap yang ada didalamnya, harga tiket segini itu paling murah dibandingkan dengan tiket wisata lainnya di sekitar Kabupaten Pasuruan. Apalagi baik untuk weekday maupun weekend, harga tiketnya sama. Tiket masuk bisa ditukar dengan cemilan (makanan ringan) dan minuman di kantin dekat kolam renang.

Baca juga : Melipir ke Kampung Coklat Blitar

Untuk rombongan ada potongan harga 10% dari total tiket yang dibayarkan. Untuk menikmati potongan harga ini tentunya ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Informasi lebih lengkap bisa menghubungi customer servicenya di IG : @Wisatabukitflora.

Jika ingin outbound di tempat ini, tarif rata-rata yang dibebankan adalah sekitar Rp. 80.000 – hingga Rp 125.000. Tergantung paket yang diinginkan. Tarif tersebut sudah termasuk kedalam tiket masuk didalamnya.

Spot foto kebun Flora
Spot foto payung warna warni di Kebun Flora Pasuruan

Lokasi Wisata Bukit Flora Pasuruan

Bukit Flora merupakan salah satu jenis wisata agro yang terletak di Desa Nongkojajar, Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur. Tempat wisata ini terletak 700 meter dari atas permukaan laut sehingga memiliki suasana yang sejuk dan menyenangkan.

Bagi wisatawan areal Jawa Timur tentunya sangat mudah mencapai lokasi ini. Mereka bisa membawa mobil atau motor pribadi untuk sampai kesana. Jalannya sudah mulus beraspal dan terdapat areal parkir yang memadai. Bus-bus besar juga dapat masuk ke lokasi wisata ini.

Wisatawan luar Jawa Timur maupun luar negeri, tidak perlu bingung untuk mendatangi lokasi Wisata Bukit Flora Pasuruan, karena Kabupaten Pasuruan terletak diantara Kota Surabaya dan Kota Malang. Untuk menuju ke Bukit Flora Pasuruan, Wisatawan bisa menggunakan pesawat menuju Bandara Djuanda Surabaya atau Bandara Arif Rahman Shaleh Malang. Wisatawan bisa memanfaatkan fitur pencarian tiket pesawat dari Pegipegi. Terdapat banyak promo dan kemudahan yang didapatkan dengan mengakses situs resminya. Salah satunya adalah tiket promo Air Asia.

Pegipegi sendiri merupakan sebuah situs yang menyediakan layanan booking hotel, tiket pesawat, dan tiket kereta api. Dengan sistem pemesanan berbasis online, Pegipegi dapat diakses kapan saja dan dari mana saja, baik melalui aplikasi smartphone maupun situs desktop dan mobile. Untuk memesan tiket pesawat, anda bisa mengunjungi langsung websitenya di pegipegi.com.

Pegipegi promo
Fitur pencarian Tiket Air Asia Promo di Pegipegi

Di halaman depan website selalu tertera jenis-jenis promo menggiurkan yang bisa jadi cocok untuk anda. Hal ini bisa digunakan sebagai strategi mencari tiket pesawat murah promo untuk menghindari harga tiket yang terlampau tinggi, terutama pada hari libur. Melalui fitur pencarian tiket pesawat, anda bisa memilih rute dan armada yang cocok sesuai keinginan.

Pegipegi sendiri memiliki lebih dari 25.000 rute penerbangan domestik, sehingga memudahkan anda memesan tiket pesawat dengan cepat dan nyaman. Mau memesan tiket pesawat ke Surabaya, Malang, Jogja maupun ke Kota-kota lainnya lebih mudah dilakukan. Ada tiket Air Asia yang bisa digunakan untuk menuju ke tempat yang diinginkan.

Untuk menuju Kebun Flora Pasuruan, wisatawan yang dari bandara Surabaya maupun Malang bisa menyewa kendaraan pribadi maupun naik kendaraan umum umum menuju Desa Nongkojajar Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Pengelola Wisata Kebun Flora Pasuruan juga menyediakan villa di lokasi tersebut. Ada 4 kamar yang bisa digunakan menginap bagi yang luar kota atau yang ingin lebih lama tinggal di areal Kecamatan Tutur Pasuruan.

Jadi, tunggu apalagi? Segera rencanakan untuk pergi berlibur di Bukit Flora Pasuruan. Manfaatkan Tiket Air Asia Promo sekarang juga !!

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!