Kebun Flora Pasuruan
Coret-coret

5 Hal Yang Membuat Bahagia Versi Saya

5 Hal Yang Membuat Bahagia Versi Saya – Hidup penuh lika-liku. Ada tawa, ada tangis, dan ada yang cinta. Ada juga bahagia, sedih dan kecewa. Dunia selalu berputar. Tidak selamanya kita merasakan sedih dan kehampaan. Ada kalanya kita merasakan kebahagiaan yang menentramkan hati. Saya selalu percaya bahwa Dibalik Derita Selalu ada Bahagia

Bahagia menjadi salah satu tujuan hidup yang ingin selalu didapatkan. Namun terkadang sulit untuk di dapatkan. Bahagia sifatnya abstrak dan setiap orang memiliki standar tersendiri dalam merasakannya. Ada kalanya sesuatu yang dianggap biasa saja oleh orang lain justru menjadikan kebahagiaan buat diri kita. Sebaliknya, apa yang membuat kita bahagia justru menjadi kesedihan bagi orang lain.

Membahas tentang kosa kata bahagia, 3 bulan kebelakang kebahagiaan nyaris tidak pernah saya rasakan. Ujian hidup bertubi-tubi membuat rasa nyeri di hati. Bukan status pandemi yang memporak-porandakan ekonomi yang membuat sedih, bukan pula genangan air yang masuk membahasahi rumah namun kondisi keluargalah yang membuat air mata membanjiri. Saat ini, saat ini saya mencoba untuk bangkit dan mencoba merengkuh kata bahagia.

Hidup tak melulu tentang kesedihan dan keterpukuran saja. Namun, pasti ada momen bahagia yang dirasakan. Tantangan menulis dari Grup Nong Blogger Surabaya membuat saya mencoba menulis beberapa hal yang membuat bahagia sepanjang hari versi saya.

1. Berkumpul Bersama Keluarga

Keluarga saya termasuk keluarga besar, kalau sudah berkumpul keramaian di rumah serasa pasar. Berkumpul bersama keluarga menjadi momen paling membahagiakan yang saya rasakan. Bagi yang biasa hidup bersama keluarganya, mungkin hal ini terasa biasa saja, tapi bagi saya yang baru kehilangan Ibu tercinta, momen ini sungguh istimewa.

Keluargaku
Kebersamaan keluarga

Saat berkumpul bersama keluarga, ada cerita-cerita seru yang saling diceritakan. Sesama anggota keluarga saling menimpali dan memberikan dukungan. Kalau ada makanan, semua berebutan. Meskipun makanannya kadang tidak enak, tapi jika makan bersama dan saling berebutan seperti itu rasanya seru dan menyenangkan.

2. Liburan

Liburan menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres dan kesedihan. Dengan berlibur menapaki keindahan alam, mencicipi beragam kuliner, melihat suasana baru ada banyak kebahagiaan yang dirasakan. Saat berlibur kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang baru dan merasakan sesuatu yang baru juga merupakan hal yang menyenangkan.

Wisata Alam Gosari
Foto di Wisata Alam Gosari

3. Membaca Buku Berkualitas

Salah satu hobi saya adalah membaca buku. Aktivis membaca buku membuat rasa bahagia kerap menghampiri. Saat gundah gulana menerpa, membaca buku menjadi pelarian paling mudah. Saat santai, membaca bisa menjadi teman yang murah. Saat bingung butuh sesuatu, membaca juga bisa jadi sumber inspirasi. Pokoknya ada banyak manfaat membaca yang saya rasakan dan itu membuat bahagia.

Buku di BBW Surabaya
Buku yang jadi incaran saat di BBW

Kadang saat membaca buku fiksi yang seru, saya sampai lupa dengan dunia sekitar. Saya seolah masuk kedalam dunia di buku tersebut dan menjadi salah satu pemeran didalamnya. Kapanpun waktunya, kalau sudah membaca buku kesukaan, aktivitas membaca tidak akan berhenti dan akan terus lanjut sampai akhir halaman. Cerita di dalam buku tersebut akan terus terbayang hingga beberapa waktu kedepan. Hal itu tentu bisa memalingkan diri dari permasalahan dan kesedihan. Baca juga : Membaca Buku Mengalihkan Duniaku

4. Mencapai Target Yang Diinginkan

Salah satu hal yang membuat bahagia versi saya adalah dapat mencapai target/tujuan yang diinginkan. Saya termasuk orang yang punya banyak rencana dan keinginan. Jika salah satu rencana saya tersebut berhasil terselesaikan dengan baik, pasti ada kebahagiaan yang menyeruak.

Contoh misalnya saya ingin menyelesaikan sebuah tulisan tertentu di blog Coretan Dari Desa ini, saya akan merasa bahagia jika sudah berhasil menyelesaikan tersebut. Sebaliknya saya akan merasa ada yang kurang jika tidak berhasil menyelesaikannya. Saya selalu menuliskan pencapaian-pencapaian saya untuk penyemangat diri dan mendatangkan kebahagiaan di tahun-tahun mendatang.

Pencapaian blog di tahun 2018

Saat sekolah dan kuliah dulu, saya berusaha sebisa mungkin mendapatkan nilai terbaik. Jika hal tersebut tercapai, rasa bahagia pasti langsung terasa. Tapi jika tidak tercapai, rasanya ada bongkahan batu kecil di dalam dada.

5. Melihat Saldo Rekening Bertambah

Tak dapat dipungkiri kalau keuangan juga bisa memberi sumbangsih pada kebahagiaan. Karena setiap orang pastinya seneng dengan uang. Sebagai pekerja online yang menggantungkan penghasilan dari internet, saya jarang menerima cash. Semua langsung terkirim ke rekening tabungan. Sayangnya waktu penerimaannya tidak pasti, kadang cepat dan kadang lama sekali.

Mendapatkan tawaran pekerjaan lewat email, WA atau media sosial merupakan langkah awal buat kebahagiaan. Prosesnya kemudian terus berlanjut hingga mencapai kesepakatan. Setelah tugas dijalankan sesuai kesepakatan, maka pundi-pundi uang akan didapatkan. Kalau kebetulan ngecek rekening dan saldonya bertambah, tentu ada rasa bahagia. Tapi kalau ngecek rekening, tapi saldonya tetap bahkan cenderung turun karena biaya admin, kata bahagia susah dirasakan.

Itulah 5 hal yang membuat bahagia versi saya. Bahagia itu sebenarnya sederhana, jadi kalau anda suka dengan kebahagiaan versi saya silahkan dijadikan referensi. Tapi kalau tidak suka dan tidak setuju juga tidak apa-apa. Tulisan ini dibuat suka-suka saya, yang penting saya bisa bahagia.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

2 Komentar

  1. Nomor 5 itu saya banget Mba, mau juga dong, apalagi nambahnya tiap hari, berkurangnya seminggu sekali juga nggak apa, asal banyakan nambahnya 😀

    Gimana ya caranya biar saldo rekening kita nambah terus? 😀

    Btw yang target tercapai juga bener ya, rasanya itu puasss assss asss banget kalau apa yang kita targetkan itu bisa tercapai dengan baik 😀

    1. Saldo rekening tentunya berkaitan dengan rejeki, dan masalah rejeki Tuhan yang mengatur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *