Alpha JWC & Contoh Venture Capital Terkemuka di Indonesia

Alpha JWC dan Contoh Venture Capital Terkemuka di IndonesiaNama Alpha JWC mungkin sudah tidak asing bagi para perusahaan startup di Indonesia. Hal itu dikarenakan perusahaan tersebut adalah salah satu contoh Venture Capital terkemuka di Indonesia. Untuk kamu yang belum tahu, Venture Capital merupakan sebuah bentuk pembiayaan yang sudah disediakan oleh perusahaan modal ventura pada perusahaan rintisan atau sering kita sebut sebagai startup.

 

 

Meskipun begitu, bantuan dari perusahan Venture Capital tidak selalu dalam bentuk uang. terkadang mereka juga memberikan jasa seperti pelatihan atau bahkan kerja sama lainnya. Di Indonesia sendiri, para perusahaan startup sangat terbantu dengan keberadaan Venture Capital tersebut.

Untuk dapat bantuan dari perusahaan Venture Capital, maka perusahaan startup itu harus memiliki perkembangan yang baik. Artinya, tidak sembarangan perusahan bisa dibantu oleh Venture capital.

Contoh Venture Capital Terkemuka di Indonesia

Di Indonesia sendiri, para Venture Capital sudah cukup banyak dan memberikan banyak kontribusi pada perkembangan perusahaan startup. Untuk mengetahui mana saja contoh venture capital terkemuka di Indonesia, simak ulasannya di bawah ini.

1. Alpha JWC Ventures

Pertama ada Alpha JWC Ventures yang sudah disinggung pada poin awal. Perusahaan ini adalah contoh venture capital Indonesia yang terkemuka di daerah Asia Tenggara. Perusahaan Venture Capital ini lebih berfokus pada pemberian dana ke perusahaan yang mempunyai basis teknologi.

Alpha JWC Ventures berdiri pada tahun 2015 oleh Founding Partners Jefrey Joe, Chandra Tjan, dan Will Ongkowidjaja. Bisa dikatakan, Alpha JWC  merupakan salah satu venture capital independen dan institusional yang pertama kali di Indonesia.

Sejak saat itu, salah satu venture capital terbesar di Indonesia ini sudah dapat berinvestasi pada beberapa perusahaan startup terkemuka di Indonesia hingga Asia Tenggara. Contohnya ada Ajaib, Carro, Finaccel, Kopi Kenangan, Lemonilo, hingga Gudang ada. Sampai saat ini, Alpha JWC menjadi salah satu Venture Capital Indonesia yang paling aktif.

2. Convergence

Jika kamu merasa bahwa ini adalah perusahaan asing, maka salah. Sebab, Convergence ini adalah salah satu dari bagian perusahaan dari Bakrie Group yang pastinya kamu sudah tahu.

Perusahan satu ini telah mempersiapkan dana sekitar 333 miliar rupiah. Tujuannya adalah untuk diinvestasikan pada berbagai startup-startup yang ada di seluruh Indonesia. Jika kamu tertarik untuk memperoleh pendanaan dari Venture Capital yang satu ini, ada baiknya cari tahu dulu syarat dan grade pendanaan yang dimiliki oleh perusahaan yang dimaksud.

Kalender online

Dengan begitu, para pengusaha startup bisa mendapatkan dana selama memenuhi persyaratan yang diajukan oleh Convergence.

3. Gree Ventures

Gree Ventures juga termasuk salah satu perusahaan Venture Capital yang cukup aktif dalam melakukan investasi di kawasan Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Seperti Venture Capital lainnya, perusahaan ini juga mempunyai beberapa kategori pendanaan dan masing-masingnya memiliki jumlah dana berbeda-beda.

Hal yang mungkin tidak banyak diketahui adalah perusahaan ini berasal dari Jepang. Para pendirinya antara lain Yusuke Amano, Naoki Aoyagi, dan juga Tatsuo Tsutsumu. Ada cukup banyak perusahaan startup yang sudah memperoleh kucuran dana dari perusahaan Gree Ventures tersebut. Contohnya ada Urbanindo, Berrybenka, Pricearea, Bukalapak, dan masih banyak yang lainnya. Sementara dari negara lain, Gree ventures sempat memberikan investasi  pada startup bernama LuXola. Perusahaan itu merupakan jenis usaha kosmetik asal Singapura.

4. Rebright Partners

Ini adalah salah satu perusahaan Venture Capital yang berinvestasi di kawasan Asia Tenggara. Tentunya itu juga termasuk Indonesia. Perusahaan ini berasal dari Jepang dan didirikan oleh Takeshi Ebihara.  

Fokus utama pada Rebright Partners adalah perusahaan startup di bidang internet dan mobile. Mereka menyebarkan investasinya pada 6 negara besar yang ada di kawasan Asia. Salah satunya adalah tanah air kita sendiri.

Paket internet murah

 

Sebelum mendirikan perusahaan Venture Capital, Takeshi pernah bekerja di Batavia Incubator, Fortune Institute, dan juga GMO Venture partners. Hingga saat ini Rebright Partners atau yang disingkat jadi RP sudah menyediakan beberapa macam seri pendanaaan dengan jumlah yang berbeda-beda.

Beberapa perusahaan startup yang sudah memperoleh dana dari Rebright antara lain Aturduit, indotrading, aplikasi pemesanan restoran Qraved, dan masih banyak lagi.

5. Qualgro

Qualgro adalah salah satu perusahaan venture capital terbaik yang ada di Asia. Lokasi Qualgro sendiri berbasis di Singapura dan sudah dikenal oleh para investor. Perusahaan ini juga mendukung setiap pengusaha startup berbakat yang tertarik pada pertumbuhan regional maupun global. Qualgro juga sempat berinvestasi pada negara-negara daerah Asia Tenggara, Australia,Selandia Baru, dan fokus berinvestasi dalam tahapan seed, Seri A, hingga Seri B.

Fokus perusahaan ini adalah dalam data B2B, SaaS, dan perusahaan artificial intelligence (kecerdasan buatan). Contoh perusahaan yang menggunakan jasa dari Qualgro antara lain Ralali, Funding Societies, Engage Rocket, Edmicro, dan juga Shopback.

6. SGInnovate

Terakhir ada SGInnovate yang juga salah satu contoh venture capital terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini adalah venture catalyst dengan fokus pada perusahaan Deep Tech. Tujuannya adalah dapat mengatasi masalah global yang menantang.

 

Didirikan sejak tahun 2016 oleh Steve Leonard, SGInnovate, perusahaan venture capital ini sudah memiliki lebih dari 80 perusahaan rekanan. Mereka bahkan sudah  bekerja dengan para ilmuwan wirausaha di Asia, khususnya Asia Tenggara. Tujuannya adalah untuk membantu dalam pembangunan dan mengukur produk teknologi mendalam dari penelitian sains.

Demikian contoh Venture Capital terkemuka di Indonesia. Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa keberadaan venture capital sukses membangun para perusahaan rintisan menjadi berkembang pesat seperti saat ini. Semoga informasi ini bermanfaat.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher Contact Person : email : sy4r0h@gmail.com Twitter : @Munasyaroh_fadh IG. : @Muns_Fadh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas
error: Content is protected !!