Aneka Jajanan Saat Lebaran Yang Legendaris

Moment Hari Raya Idul Fitri tak lengkap rasanya jika tidak ada aneka jajanan yang disuguhkan di meja. Sebagian besar anak-anak menantikan moment idul Fitri karena mereka ingin menyantap aneka jajanan saat lebaran secara gratis. Walaupun animo tamu untuk makan jajanan semakin menurun dewasa ini, namun menyuguhkan jajanan dan cemilan saat lebaran menjadi sebuah kewajiban.

Jajanan Saat lebaran

Diantara sekian banyak jajanan yang beredar di pasaran dan disuguhkan di meja tamu, ada beberapa jajanan yang legendaris. Dari zaman dahulu hingga sekarang, pasti ada jajanan ini. Walaupun tidak semuanya ada, namun satu atau dua jenis jajanan ini pasti ada di meja tamu.

1. Biskuit Khong Guan

Saat lebaran datang, Biskuit Khong Guan menjadi salah satu jajanan saat lebaran yang legendaris. Hampir tiap rumah menyediakan jajanan yang satu ini. Di pasaran sebenarnya ada banyak jenis biskuit lainnya, namun Biskuit Khong Guan seolah menjadi biskuit wajib yang menjadi pelengkap deretan jajanan di meja. Ukurannya yang besar dan desainnya yang legendaris membuat khong guan banyak dipilih sebagai sajian saat lebaran.

2. Kacang Bawang

Kacang Bawang menjadi jajanan sederhana yang banyak disukai orang. Baik anak-anak maupun orang dewasa pasti rebutan untuk mencicipi jajanan satu ini. Bahan dasar Kacang Bawang adalah Kacang Tanah yang dibuang kulit luarnya baik yang kasar maupun yang lembut sehingga kacang tampak putih bersih. Kacang putih ini kemudian dicampur sedikit garam dan irisan bawang putih lalu digoreng hingga matang.

Jajanan Kacang Bawang dan Kuping Gajah yang Legendaris

3. Kuping Gajah

Anak zaman sekarang biasanya langsung tertawa kala diberi tahu nama jajanan legendaris ini. Bentuknya yang kecil tidak sesuai dengan penamaannya. Kuping Gajah adalah makanan ringan yang berbentuk bulat dengan lingkaran hitam-putih selang seling di tengah. Rasanya yang gurih disukai banyak orang.

Kuping Gajah terbuat dari terigu, margarin, gula bubuk, garam, vanili bubuk, telur ayam serta santan kental. Bahan-bahan tersebut diolah dan dibentuk sedemikian rupa menyerupai telinga gajah dalam versi kecil kemudian digoreng. Selain biasa disuguhkan saat lebaran, makanan ini juga laris manis jadi kudapan saat ada hajatan maupun arisan.

Baca juga : Aneka Tradisi Lebaran Yang Unik

4. Rempeyek

Rempeyek atau sering disebut dengan peyek, adalah jajanan tradisional yang legendaris. Saat lebaran, jajanan ini jadi incaran karena rasanya yang gurih dan bikin nagih. Rempeyek terbuat dari adonan tepung, bumbu dan juga santan. Sebagai pelengkap biasanya diberi taburan kacang, kedelai atau kadang teri serta ebi. Untuk menggorengnya harus sedikit punya keahlian khusus karena harus digoreng tipis-tipis. Kalau gorengannya tebal rasanya tidak enak.

Peyek
Rempeyek dan Marning

5. Marning Atau Jagung Goreng

Jajanan saat lebaran bernama marning atau jagung goreng memang sudah tidak tenar lagi. Zaman sekarang mungkin jadi makanan yang langka. Tidak semua orang bisa mengkonsumsinya karena beralasan susah mengunyah. Proses pembuatan jagung goreng yang ribet dan lama membuat banyak ibu-ibu malas untuk membuatnya.

Marning terbuat dari jagung pipilan yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi makanan yang legendaris. Sebelum digoreng, jagung pipilan tersebut dijemur dulu supaya tidak cepat apek. Setelah itu direndam dengan air kapur supaya lunak. Pipilan jagung yang sudah diangkat dari rendaman kemudian diberi bumbu sesuai selera. Bumbu yang digunakan bisa asin, pedas, atau manis tergantung selera masing-masing.

Nah itu tadi aneka jajanan saat lebaran yang Legendaris. Untuk lebaran kali ini, dirumah kalian apakah jajanan tersebut tersedia?? Atau kalian punya cerita tersendiri terkait jajanan legendaris tersebut?? Share ceritanya di kolom komentar za..

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!