Momen Terbaik Ramadhan Tahun Ini : Satu Sore di Alun-alun Lamongan

Momen terbaik Ramadhan tahun ini versi saya tercipta saat berada di alun-alun Lamongan. Setiap hari selama Ramadhan sebenarnya selalu ada moment-moment berkesan yang di jalani. Namun diantara semua moment tersebut, moment terbaik menurut saya adalah saat berada di Alun-alun Lamongan pada hari Rabu tanggal 28 Mei 2019.

Saat itu, saya bersama anak-anak dampingan saya di TBM Bintang Brilliant melakukan berbagai aktivitas bersama. Mulai dari bermain kesana kemari, belajar Eco-activity hingga berbuka bersama di Alun-alun Lamongan. Tak cukup disitu saja, kami juga mampir ke GOR Lamongan untuk melihat sejenak festival Ramadan yang diadakan disana. Saya tidak sendirian mengurusi, namun ada saudara dan juga satu ibu-ibu yang membantu.

Momen terbaik Ramadhan

Sebenarnya kegiatan yang dilaksanakan di alun-alun tersebut perencanaannya tergolong dadakan. Anak-anak yang biasanya datang dan belajar dirumah ingin melakukan kegiatan buka bersama. Tahun lalu kegiatan buka bersama kami lakukan di Masjid Namira Lamongan. Tahun ini ingin mencari suasana yang berbeda dari sebelumnya. Akhirnya diputuskan untuk buka bersama di alun-alun Lamongan.

Pertimbangannya karena di Alun-alun Lamongan baru saja dibangun. Beberapa anak ada yang belum tahu penampakan Alun-alun Lamongan yang baru sehingga penasaran ingin kesana. Dulu di alun-alun tidak ada lampu kelap kelip dan air mancur, sekarang sudah ada. Disamping itu letak Alun-alun yang dekat masjid membuat semuanya tidak kesulitan menunaikan ibadah sholat Maghrib.

Dengan mengendarai 2 mobil sewaan berisi sekitar 30 anak. Kami berangkat dari Desa Pucangro menuju Alun-alun Lamongan pada Pukul 16.00 WIB. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sampai di Alun-alun, anak-anak langsung berhamburan keluar dan bermain sesuka hati mereka. Menjelang waktu berbuka puasa, anak-anak saya ajak berkumpul dan melakukan game edukatif bertema Eco-activity.


Momen terbaik Ramadhan terukir karena saat disini ada keseriusan, ada canda dan ada tawa di dalamnya. Ada cerita dan juga kegiatan belajar bersama yang bermanfaat bagi semua. Disamping itu semua yang paling penting ada nuansa kebersamaan yang tercipta. Saya senang bisa berbagi dan melakukan banyak hal dengan anak-anak ini.

Kala Bedug Maghrib berkumandang, dilakukan pembacaan doa buka puasa bersama. Setelah itu anak-anak dengan lahapnya berbuka bersama dengan menu sederhana di alun-alun Lamongan. Selesai berbuka langsung ke masjid agung lamongan untuk menunaikan shalat Maghrib.

Turun dari Masjid Agung Lamongan, anak-anak masih menyempatkan untuk bercengkrama dan bermain bersama. Senyum sumringah terpancar dari raut muka mereka. Hal inilah yang membuat ada rasa kebahagiaan tersendiri bagi saya. Walaupun terlihat sederhana namun terasa indah.

Karena hari mulai larut, saya ajak anak-anak untuk pulang. Namun mereka masih belum puas juga. Beberapa anak ada yang ingin mampir ke GOR Lamongan. Mumpung masih di area Kota Lamongan, akhirnya keinginan tersebut saya turuti juga. Yang penting mereka senang dan bahagia. Mungkin dengan menyenangkan hati anak-anak ini bisa menjadi amal sedekah saya.

Baca juga : Berbuka Puasa Bersama Teman Sesama PTPS

Sekitar pukul 20.30 WIB anak-anak saya ajak pulang. Petualangan hari ini cukup sudah, insyaallah lain kali akan ada kegiatan seperti ini lagi. Kegiatan hari ini akan jadi Momen Terbaik Ramadhan Tahun Ini yang tak terlupakan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!