Barang Wajib Buat Liburan Bayi Tanpa Drama Ruam Popok

Liburan akhir tahun 2022 gak kerasa sudah tiba. Ini berarti waktunya liburan bersama keluarga tercinta. Termasuk si kecil juga. Banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat liburan. Mulai kebun binatang, taman bermain, pantai hingga kampung halaman tercinta. Semuanya bisa didatangi, disesuaikan dengan budgetnya saja.

Bawaan saat liburan

Sebelum berangkat liburan, berbagai hal perlu dipersiapkan. Bagi Ayah Bunda yang memiliki balita, perlu persiapan matang supaya liburannya aman dan nyaman tanpa resah. Ayah bunda tentunya tidak ingin si kecil terkena ruam popok yang mengganggu aktivitasnya selama liburan. 

Ruam pada kulit bayi tentunya tidak boleh disepelekan. Selain dapat membuat kulit merah-merah, Ruam juga menyebabkan rasa gatal yang mengganggu. Akibatnya, Si Kecil bisa jadi rewel karena merasa tidak nyaman. Alih-alih liburan menyenangkan, justru jadi bumerang.

Supaya gak ada drama ruam popok maupun drama lainnya yang bikin pusing, Bunda harus mempersiapkan dengan baik semua barang bawaan yang harus dibawa saat liburan. Karena kebutuhan bayi selama bepergian atau liburan, berbeda dengan kebutuhan anggota keluarga lainnya yang usianya lebih tua. 

Barang Kebutuhan Bayi Saat Liburan 

Kali ini Blog Coretan Dari Desa akan membantu Ayah Bunda untuk menentukan barang kebutuhan yang wajib dibawa selama liburan. Meskipun cukup ribet, tapi yakin deh bakal membuat si kecil senang selama perjalanan maupun ketika sampai di tempat tujuan. 

Barang kebutuhan yang mesti dibawa saat liburan bareng si kecil adalah :

1. Mainan Kesukaan Si Kecil

Bagi orang dewasa, perjalanan untuk liburan mungkin terasa menyenangkan. Namun tidak demikian untuk si kecil. Bisa jadi, si buah hati merasa bosan karena harus dikungkung dalam kendaraan atau tidak dibiarkan bebas berkeliaran seperti biasanya. Oleh karena itu jangan lupa untuk membawa mainan kesukaan si kecil supaya dia tidak merasa bosan. 

Tapi ingat ya…..  Bawa mainannya secukupnya saja. Jangan terlalu banyak, bisa-bisa barang bawaan Bunda jadi gak muat karena isinya mainan saja. Bawa mainan yang disukainya saja.

2. Persiapan Makanan dan Cemilan

Meskipun dalam perjalanan, jangan abaikan waktu makan si kecil. Karena jika dia kelaparan akan rewel dan menangis sepanjang perjalanan. Pastikan sebelum berangkat si kecil sudah makan terlebih dahulu. Persiapkan juga makanan dan cemilan untuk dimakan selama perjalanan supaya buah hati anda tidak kelaparan.

Jika bepergian dengan kendaraan umum, sediakan ASI dalam botol. Jangan lupa juga persiapkan MPASI yang praktis agar si Kecil bisa makan sewaktu-waktu.

3. Topi/Penutup Kepala

Bayi laki-laki

Perlengkapan wajib bagi si kecil saat bepergian adalah topi atau penutup kepala. Cuaca yang panas dan tiupan angin dalam perjalanan rentan membuat si kecil sakit. Topi dapat digunakan sebagai antisipasi sekaligus penghalang udara di area kepala, terutama lubang telinga. 

Pilihlah topi/penutup kepala dari bahan kain yang nyaman dan tidak menyerap panas.

4. Baju Ganti

Walaupun liburan bersama keluarga dilakukan satu hari saja, namun jika membawa balita harus siap sedia baju ganti. Tingkah polah mereka yang aktif, membuat bajunya cepat kotor sehingga harus diganti. Terkadang ada hal-hal lain yang tak terduga sehingga mengharuskan si kecil untuk ganti baju yang lebih bersih. Jika liburannya berhari-hari, penyiapan baju ganti juga harus lebih banyak lagi.

5. Perlengkapan Portable Untuk Bayi

Saat ini sudah banyak tersedia perlengkapan portable untuk bayi di pasaran. Supaya liburan liburan tetap asyik dan menyenangkan, Ayah Bunda sebaiknya menyiapkan beberapa peralatan portable untuk si kecil selama perjalanan liburan. 

Perlengkapan portable yang dimaksud contohnya : cooler bag, untuk menyimpan ASI perah, Stroller atau kereta bayi yang mudah dilipat dan termos portable untuk penyimpanan air panas.

6. Perlengkapan Mandi

Tubuh dan kulit masih sangat rentan dan sensitif. Oleh karena itu harus selalu bersih. Meskipun dalam perjalanan orang dewasa tidak mandi, tapi si kecil harus tetap dimandikan. Sabun dan sampo yang digunakan juga tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan usianya. Perlengkapan Mandinya ditambah dengan bedak bayi juga. 

7. Obat-obatan dan Tisu Basah

Saat berlibur bareng si kecil, obat-obatan sederhana seperti minyak kayu putih, obat anti mabuk, plester penutup luka dsb, harus dibawa. Dalam perjalanan, belum tentu bisa menemukan toko yang menjual obat-obatan penting seperti ini. Jika bayi kedinginan, baluran minyak kayu putih dapat mencegah si kecil masuk angin. Jika gak sengaja kepleset, plester luka pastinya bermanfaat sekali.

8. Diapers /Popok Bayi

Perlengkapan bayi yang tak kalah pentingnya dan harus dibawa kemanapun termasuk untuk liburan adalah diapers/popok bayi. Sebaiknya menggunakan popok sekali pakai supaya tidak perlu repot mencuci atau menyimpan bekas pipisnya selama perjalanan. 

Makuku Diapers

Tips Memilih Diapers Untuk Si Kecil 

Selama di tempat liburan, biasanya si kecil lebih banyak bergerak kesana kemari. Makan dan minumnya juga lebih banyak. Supaya terasa nyaman, tentunya harus menggunakan diapers berkualitas yang tidak membatasi ruang geraknya. Diapers yang bagus tuh yang gak bikin ruam popok. Jadi bayi mudah liburan tanpa drama masalah ruam popok. 

Berikut tips-tips pemilihan diapers untuk kebutuhan si kecil :

1. Memiliki daya serap yang tinggi dan daya tampung besar

Pemakaian popok menjadi salah satu kunci dalam perawatan bayi. Dalam sehari, bayi baru lahir usia di bawah satu bulan mengeluarkan urine 1-3 ml/kg/jam. Sedangkan bayi usia 1 bulan sd 12 bulan: 1 ml/kg/jam. Anak usia 1 Tahun hingga sepuluh tahun rata-rata 1-2 ml/kg/jam. 

Untuk kebutuhan si kecil sehari-hari, pilihlah popok yang memiliki daya serap tinggi dan daya tampung yang cukup supaya terhindar dari risiko ruam popok. Ruam popok dapat menimbulkan rasa gatal, iritasi dan bahkan demam. Jika kondisi ruam tidak berangsur pulih dalam 2 hari, segera konsultasi dengan dokter.

2. Bahan lembut

Kulit bayi pada umumnya sangat tipis dan sensitif. Lapisan pelindung kulitnya masih belum matang dan sangat rapuh. Oleh karena itu pilihlah popok bayi yang berbahan lembut sehingga dapat menyesuaikan dengan kondisi kulit sensitif bayi. Bahan yang lembut juga dapat mengurangi gesekan yang dapat menyebabkan iritasi kulit ataupun ruam popok.

3. Tipis

Si kecil membutuhkan popok yang dapat mendukung kenyamanannya setiap saat. Popok tipis dengan model yang mengikuti postur tubuh dapat membantu proses pertumbuhan si kecil.

MAKUKU SAP Diapers Slim Untuk Kenyamanan Si Kecil 

Pemilihan popok bayi atau istilahnya diapers sangat penting untuk kebutuhan si kecil dan juga Ayah Bunda sendiri. Pemilihan diapers sama pentingnya dengan perawatan bayi karena digunakan untuk kebutuhan kesehatan si kecil. Jika bayi merasa nyaman dan tubuhnya sehat, Ayah Bunda tentu ikut senang. 

Seperti yang dikatakan oleh dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak yang pada sebuah kesempatan, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun.

Oleh karena itu, salah satu rekomendasi diapers yang bisa digunakan untuk buah hati tercinta adalah : MAKUKU SAP Diapers Slim. Produk berkualitas untuk bayi ini, menjadi pelopor popok di Indonesia yang memiliki kemampuan penyerapan cepat dan merata. Struktur inti Super Absorbent Polymer (SAP) generasi terbaru didalamnya membuat popok tidak mudah menggumpal dan jatuh.

Makuku SAP Diapers Slim

Karena bahannya yang lembut dan mudah menyerap cairan, Produk MAKUKU SAP Diapers Slim sangat nyaman dipakai si kecil di keseharian maupun saat liburan. Teknologi modern dari SAP memiliki daya serap yang baik dan maksimal. Kulit si kecil akan selalu nyaman dan kering walaupun pipis berkali-kali atau dalam jumlah banyak.

Berbagai Keunggulan MAKUKU SAP Diapers Slim:

Memiliki Daya Serap Tinggi

Teknologi mutakhir bernama SAP atau Super Absorbent Polymer menjadi daya tarik utama dari MAKUKU. Teknologi ini berada di lapisan dalam MAKUKU dan memiliki kemampuan super dalam menyerap cairan. Kontak antara urine dan bokong tidak akan berlangsung lama. Meskipun pipis dalam jumlah banyak, tidak akan mempengaruhi gerak si kecil. 

Berukuran Tipis

Ukuran MAKUKU diapers tergolong tips sekali. Hanya berukuran 1,6mm. Ukuran ini hampir sama dengan pakaian dalam bayi sehingga saat beraktivitas lebih nyaman. Meskipun ukurannya sangat tipis, tapi Ayah Bunda gak perlu khawatir pipisnya tumpah atau bocor karena daya tampungnya cukup besar hingga 500ml.

Ekstra Kering 

Keunggulan dari MAKUKU SAP Diapers Slim lainnya adalah ekstra kering. Hal ini dapat menjaga kesehatan kulit si Kecil. Dijamin tidak akan pernah lagi dijumpai kelembaban disana, ruam pada pantat bayi juga dapat dihindarkan. Walaupun pipis berkali-kali, si kecil akan tetap nyaman karena permukaan kulitnya selalu kering dan terhindar dari rasa gatal. Itulah alasan bagaimana teknologi dari SAP MAKUKU dapat membantu ibu-ibu di Indonesia mengatasi ruam popok. 

Anti Gumpal

Teknologi dalam SAP dalam MAKUKU membuat penyerapan cairan menjadi lebih cepat dan merata. Meskipun diguncang kesana kemari, dipakai berlarian dan loncat-loncatan, tekstur popok tidak akan menggumpal kemana-mana. 

Makuku ruam popok

Saya sendiri sudah membuktikannya dengan mengguncang-guncangkan popok sedemikian rupa, tapi ternyata tidak ada perubahan sama sekali pada tekstur Diapersnya. 

Cairan Terkunci

Seringkali ketika menggendong si kecil atau mendudukkannya dalam waktu yang lama, cairan pipis merembes karena tertekan. Hal ini tidak akan pernah terjadi jika menggunakan MAKUKU SAP. Diapers terbaik ini mampu mengunci cairan dengan sempurna sehingga tidak akan merembes atau bocor selama digunakan. 

Selembut Sentuhan Ibu

Lapisan permukaan MAKUKU SAP Diapers Slim cukup lembut. Jika disentuh, hampir tidak ada bedanya dengan telapak tangan ibu. Baik di area pinggang, bokong, depan maupun bagian bawahnya tidak ada kasarnya sama sekali. Struktur 3D yang dimiliki mengurangi kontak langsung dengan kulit dan mengurangi gesekan serta iritasi. 

Ada Indikator Urine

Keunggulan dari MAKUKU SAP Diapers Slim yang juga disukai Ayah Bunda adalah adanya indikator urine dalam diapersnya. Indikatornya menjadi pengingat untuk mengganti popok. Jika garis kuning sudah berubah menjadi biru itu berarti waktunya mengganti Diapers. 

Idealnya ganti Diapers atau popok itu sekitar 4 jam sekali sesuai siklus pipis si kecil. Namun jedanya bisa lebih lama atau cepat tergantung volume cairan yang dihasilkan. Dengan indikator urine ini, jadi pengingat waktu penggantian Diapers. Bunda bisa melihat dengan jelas kapan harus mengganti diapers si kecil. 

Memiliki Banyak Pilihan Ukuran dan Varian

Diapers yang paling banyak disukai oleh para ibu ini sangat mengutamakan kenyamanan bagi si kecil. Untuk menyesuaikan kebutuhan si kecil, MAKUKU SAP Diapers Slim ini tersedia juga dalam berbagai ukuran sesuai berat badan si kecil. Mulai dari newborn, S, M, L, XL, hingga XXL. Masing-masing ada varian celana (Pant) dan perekat. Kedepannya, MAKUKU akan terus berinovasi dan menciptakan produk berkualitas tinggi lainnya untuk mendukung pertumbuhan anak Indonesia. 

Store MAKUKU dan Media Sosialnya 

MAKUKU Diapers sudah banyak tersedia di berbagai toko di kota anda. Di Lamongan yang merupakan kota kecil, juga sudah ada. Di Marketplace kesayangan, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, BliBli, JD.ID dan Orami telah tersedia. Informasi valid mengenai MAKUKU dapat dipantau di akun Instagram @makuku.indonesia.official dan akun Tiktok @makukuindonesia.official. Bisa juga dilihat di website resminya https://makuku.co.id

Penutup

Menggunakan diapers yang nyaman dengan daya serap tinggi menjadi hal wajib yang harus dipersiapkan Ayah Bunda saat membawa si kecil liburan. Diapers yang nyaman, kering, dan tidak menimbulkan ruam di kulit akan membuat si kecil bisa menikmati perjalanan tanpa drama kerewelan. 

Meskipun terlihat sepele, ruam popok sangat berbahaya bagi bayi. Selain bisa menimbulkan infeksi yang menyebar ke bagian-bagian lain, ruam popok juga dapat menyebabkan demam, diare dan rasa sakit pada bayi.

Bagi Ayah Bunda yang khawatir Si kecil mengalami ruam popok atau sedang mengalami ruam popok, coba konsultasi dokter gratis dari MAKUKU. Sebagai brand yang berkomitmen mendukung penuh kesehatan bayi, MAKUKU berupaya memberikan edukasi kepada Ibu-ibu di Indonesia secara tepat dan diakui oleh para ahli. 

Melalui program konsultasi ibu dan anak, Ayah Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis di 10 kota yang telah dipilih. Kota-kota tersebut adalah Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, dan Makassar. Konsultasinya mulai tanggal 16 Desember hingga 18 Desember 2022. 

Program dari MAKUKU ini bertujuan mengedukasi Ayah Bunda mengenai masalah ruam popok bayi. Ada dampingan langsung dari dokter spesialis anak dan spesialis kulit sehingga bisa tanya dokter gratis mengenai perkembangan dan kesehatan si Kecil. Bagaimana teknologi SAP MAKUKU dapat membantu ibu-ibu di Indonesia mengatasi ruam popok juga bisa dipahami disana. Bagi yang datang konsultasi, MAKUKU akan membagikan diapers secara gratis. Jadi bisa mencoba dulu sebelum membeli. 

 

Munasya

Blogger, Writer and Teacher Contact Person : email : sy4r0h@gmail.com Twitter : @Munasyaroh_fadh IG. : @Muns_Fadh

18 komentar di “Barang Wajib Buat Liburan Bayi Tanpa Drama Ruam Popok

  1. Diapers ini merupakan hal wajib yang selalu ada di tas mama-mama yang punya Balita kalau lagi pergi ke luar termasuk liburan keluarga. Karena Diapers Makuku ini bisa bikin balita nyaman seharian dan tidak ruam-ruam akibat iritas diapers.

  2. ponakanku pakai makuku dan memang terlihat jelas bedanya loh, super tipis dan nyaman gak ada tuh kena ruam popok, recommended bgt memang kualitasnya makuku tuh

  3. klo liburan sama bayi atau bocil, alat2 perang ga boleh ketinggalan ya mba, biar ga drama selama liburan. Sayang2 mau healing malah cranky, rekomendasi popoknya save for later ~

  4. Duh emang sedih banget klo liat si kecil kulitnya merah2 dan gatal karena ruam popok. Makanya pilih popok gak boleh sembarangan ya. Untuk anak kita pastinya harus yang terbaik. Makuku bisa jadi pilihan cerdas buat ibu2 muda nih

  5. Punya anak kecil dan masih pakai popok emang wajib menyiapkan stok popok yg banyak. Pastikan popok yg aman, kering, daya tampung banyak pastinya setiap.rehat di rest area atau dimana aja diganti ya makk supaya tidak ruam popok

  6. agar liburan nyaman tanpa drama ruam popok pada bayi memang penting banget menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan bayi/balita terutama popoknya nih apalagi jika memang masih menggunakan popok, karena kalau popok kelamaan buat anak jadi gak nyaman ruam popok pun mudah menghampiri. Gak apa dong ya ribet dikit siapin keperluan anak, yang penting liburan tenang 🙂

  7. Kalau ada balita, diapers ini gak boleh dilewatkan buat dibawa. Agar si kecil dan orangtuanya tenang dalam perjalanan dan gak rewel

  8. memang kalau mengajak si kecil bepergian, itu persiapan harus komplit, Mbak. Orang dewasa 1 tas kecil cukup, kalau anak-anak 2 tas besar masih kurang hehehe. Termasuk soal popok bayi juga jangan sampai ketinggalan.

  9. Sekarang gak perlu khawatir lagi ya..
    Ada MAKUKU SAP Diapers Slim yang menemani keseharian anak-anak. Apalagi ketika bepergian yang memungkinkan anak-anak kembali beradaptasi dengan cuaca, kebiasaan sampai anggota keluarga.

  10. Wah, baru tahu banget kalo ada program konsultasi ibu dan anak dari Makuku. Apalagi di Medan juga sudah ada. Saya mendukung sekali program-program produk seperti ini, Mba. Makasih informasinya, ya.

  11. Kalau berhubungan sama kulit anak emang nggak bisa sembarangan ya kak. Apalagi untuk kulit yang sensi di bagian paha atas. Pas banget dapet rekomendasi popok dari sini, jadi punya bahan pertimbangan buat beli popok. ❤️

  12. Milih popok buat bayi enggak hanya yang anti bocor ya. Tapi juga perlu yang nyaman dipakai sama bayinya. Apalagi kalau tidak menimbulkan ruam di kulit. Makuku ini bisa jadi pilihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas
error: Content is protected !!