Bagaimana Membuat Jadwal Makan MPASI Untuk Buah Hati yang Tepat?

Bagi para orang tua yang memiliki bayi, saat memasuki usia 6 bulan, bayi akan memberikan perilaku yang berbeda dari bulan-bulan sebelumnya. Di usia tersebut bayi biasanya memiliki tanda keseimbangan yang lebih baik, kepala lebih tegap dan masih banyak lagi tanda-tanda lainnya. Jika sudah seperti itu artinya orang tua harus siap untuk tahap MPASI pertama yang sehat dan baik untuk buah hati.

Kenapa MPASI mesti yang sehat? Ya, karena bayi yang tumbuh dengan baik harus didukung dengan asupan makanan yang sehat dan memiliki gizi serta nutrisi tepat. Tak lupa pengolahan makanan juga harus baik dan benar.

Banyak sekali tanda yang bisa mengartikan bahwa buah hati Anda siap untuk mengkonsumsi makanan tambahan atau pendamping ASI. Yang penting bunda harus memberikan makanan secara bertahap, sabar, perlahan dan sesuai dengan prosesnya.

Baca juga : Pendidikan Karakter Untuk Tanggap Yang Lengkap

Lalu bagaimana membuat jadwal makan MPASI untuk buah hati yang tepat? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda tiru :

  1. Jika pada makanan pertama buah hati kurang tertarik atau justru menolak, Anda harus bersabar untuk menunggu. Karena pada dasarnya makanan tersebut merupakan asupan pendamping bukan yang menjadi sumber utama bagi bayi. Jadi jangan dipaksakan.
  2. Setelah bisa makan pada menu pertamanya, jangan terburu-buru untuk mengganti menu yang lain. Tunggu bagaimana reaksi bayi, apakah alergi, muntah, mual sampai dengan diare yang dialami. Disarankan untuk memilih menu MPASI pertama dari buah dan sayur terlebih dahulu untuk beradaptasi dan meminimalisir alergi yang dialami oleh buah hati Anda.
  3. Kenalkan bahan-bahan alami terlebih dahulu tanpa campuran apapun seperti gula, garam terlebih bahan-bahan yang mengandung micin.
  4. Berikan menu yang bervariasi untuk anak setelah mereka mengenal dengan baik pola makannya dan tidak menimbulkan masalah.

Dari beberapa poin diatas yang paling penting adalah pemberian makan secara tepat, ini berpengaruh pada jadwal. Untuk pemberian ASI dengan jadwal makan lebih baik berikan interval supaya anak tidak merasa kekenyangan ataupun berkurang nafsu makannya. Dengan memperhatikan jadwal secara tepat, bukan tidak mungkin perkembangan buah hati Anda akan lebih maksimal. Tetap perhatikan tekstur, frekuensi sampai dengan jumlah makanan yang tepat untuk mengurangi gangguan kesehatan seperti obesitas dan sejenisnya.

(Visited 28 times, 1 visits today)
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!