Properti

Bisnis Apartemen Dengan Untung Besar

Bisnis Apartemen Dengan Untung Besar – Salah satu kebutuhan primer umat manusia adalah papan yang artinya tempat tinggal. Di jaman modern sekarang ini, tempat tinggal tidak hanya berbentuk rumah yang menempel di tanah, namun ada juga rumah bersusun yang memanjang ke atas atau disebut dengan apartemen. Bagi kaum millenials jenis properti bernama apartemen banyak diminati.

Salah satu alasan mendasar mengapa apartemen mulai banyak diminati saat ini adalah karena harga sewanya yang lebih murah dibandingkan harga sewa rumah. Selain itu, kala menyewa apartemen biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap yang tidak akan di dapatkan jika sewa rumah.

Apartemen Klaska Residence

Selain harga sewa dan fasilitas lengkap, apartemen biasanya dibangun di lokasi yang strategis di pusat kota, sehingga memudahkan pemiliknya memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan juga area perkantoran. Tidak perlu heran jika peminat apartemen terus meningkat setiap harinya, terutama untuk mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan perlu melakukan bisnis di sekitaran pusat kota.

Melihat tingginya permintaan akan apartemen, hal ini bisa jadi peluang dan dapat memberi ide bisnis untuk Anda yang sedang kebingungan menentukan usaha yang bisa menghasilkan income pasif cukup besar setiap bulan atau bahkan pertahunnya. Nah, jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba untuk terjun ke bisnis jual atau sewa apartemen.

Sebelum memulai bisnis apartemen, tentunya Anda memerlukan modal untuk memiliki setidaknya satu unit apartemen terlebih dahulu. Unit apartemen ini nantinya dapat Anda sewakan sekaligus diinvestasikan karena harganya yang akan terus meningkat setiap tahunnya jika Anda membeli di lokasi yang tepat.

Dan untuk memastikan bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar, maka Anda harus mengetahui beberapa cara bisnis apartemen yang dapat membuat calon penyewa tertarik dengan unit yang Anda tawarkan. Simak cara berikut ini:

Mencari Target Pasar

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk berbisnis apartemen adalah mencari target pasar yang sesuai dengan unit apartemen yang Anda miliki. Apartemen memiliki beberapa tipe, seperti 1BR (1 Tempat Tidur), 2BR, 3BR dan tipe studio.

Nah, untuk memaksimalkan potensi dari jenis apartemen yang Anda miliki, maka Anda harus pasang iklan apartemen atau promosi di target pasar yang sesuai. Karena jika tidak, maka apartemen Anda akan sulit laku di pasaran.

Misalnya, jika Anda memiliki apartemen dengan tipe studio, maka Anda tidak bisa memasarkan apartemen tersebut ke calon penyewa yang sudah berpasangan atau memiliki anak, karena apartemen bertipe studio biasanya cukup kecil untuk ditinggali oleh satu keluarga.

Jika target pasar Anda adalah pasangan atau orang tua yang sudah memiliki anak, maka Anda bisa menawarkan apartemen dengan ttpe minimal 2BR. Sedangkan untuk apartemen bertipe studio, target pasar yang cocok adalah pelajar, mahasiswa, atau mereka yang ingin hidup mandiri.

Renovasi dan Perbaiki Apartemen

Setelah menentukan target pasar, cara bisnis apartemen yang selanjutnya adalah melakukan renovasi atau perbaikan apartemen jika memang ada kerusakan baik pada interior maupun fasilitas yang ada. Poin ini sangat penting, karena jika Anda membiarkan adanya kerusakan pada apartemenmu, maka kemungkinan besar apartemenmu akan dijauhi oleh calon penyewa.

Kitchen set terbaik

Calon penyewa biasanya akan melakukan survei lokasi langsung, dan banyak dari mereka yang anti mengeluarkan biaya di awal terutama untuk biaya perbaikan, karena merasa itu adalah tanggung jawab pemilik. Oleh sebab itu sebisa mungkin untuk segera memperbaiki fasilitas apartemen yang rusak sebelum Anda mulai memasarkan apartemen.

Cari Tahu Harga Sewa

Mengetahui harga sewa yang tepat adalah cara bisnis apartemen yang harus Anda kuasai agar Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Anda harus pandai-pandai memberikan harga sewa yang tidak terlalu mahal tetapi juga tidak terlalu murah.

Calon pembeli atau penyewa biasanya pasti sudah mengetahui harga apartemen di lokasi sekitar dan membanding-bandingkan harga terbaik yang bisa mereka dapatkan, oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui harga rata-rata pasaran yang ada di sana.

Setelah mengetahui harga rata-ratanya, Anda baru bisa mengurangi atau menambahkan harga tersebut sesuai dengan biaya pemeliharaan, biaya perbaikan properti selama masa sewa, serta fasilitas yang ada di apartemenmu.

Masa Sewa

Masa sewa juga termasuk salah satu poin penting yang perlu Anda perhatikan jika ingin bisnis apartemenmu sukses. Biasanya, unit apartemen disewakan dalam beberapa pilihan jangka waktu, mulai dari bulanan, tahunan, per dua tahun, hingga maksimal lima tahun.

Sebaiknya jangan pernah menyewakan apartemen melebih 5 tahun untuk satu penyewa saja, karena ini dapat berpengaruh buruk terhadap perkembangan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga harus mengetahui bahwa masa sewa yang lebih sebentar akan memiliki harga sewa yang lebih besar daripada yang beberapa tahun sekaligus.

Menyeleksi Calon Penyewa

Bisnis apartemen memang terdengar sangat menggiurkan dan dapat memberikan pemasukan pasif yang cukup besar dalam waktu singkat, tetapi karena hal ini juga banyak orang yang terlalu terburu-buru untuk menerima siapapun yang ingin menyewa unitnya tanpa melakukan seleksi terlebih dahulu.

Perlu Anda ketahui, menyeleksi calon penyewa adalah satu hal yang tidak boleh Anda abaikan sama sekali, karena jika Anda asal menerima penyewa maka bukan tidak mungkin Anda mengalami hal-hal yang tidak diinginkan bahkan berurusan dengan pihak berwenang.

Setidaknya Anda harus memiliki kartu identitas yang jelas dan masih berlaku milik calon penyewa, alamat lengkap serta mengetahui tujuan dia menyewa. Anda juga harus melihat karakter atau sikap orang tersebut apakah mencurigakan atau tidak.

Kontrak Perjanjian Sewa

Kontrak perjanjian sewa yang jelas harus dibuat hitam di atas putih agar dapat digunakan sebagai bukti dan pengikat yang sah antara pemilik dan penyewa. Jika Anda tidak membuat kontrak sewa, maka banyak hal yang berpotensi untuk merugikanmu dan bisnis apartemen yang sedang Anda geluti.

Salah satunya adalah ketika terjadi pelanggaran, kerusakan, atau tindakan yang berlawanan dari perjanjian yang tidak tertulis, maka Anda tidak dapat menuntut atau meminta ganti rugi atas hal tersebut jika tidak ada bukti kuat seperti kontrak sewa.

Dengan membuat kontrak sewa, Anda juga dapat menghindari hal yang paling ditakutkan oleh pemilik apartemen, yaitu penyewa yang kabur tanpa membayar uang sewa.

Pasang Iklan Apartemen Online

Cara bisnis apartemen agar Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dalam waktu singkat adalah mempromosikannya secara online. Selain Anda akan menghemat waktu dan biaya, promosi online juga lebih mudah dilakukan dan dapat menjangkau konsumen dengan lebih luas.

Anda bisa mencoba menawarkan apartemen di berbagai media sosial, pasang iklan apartemen di media-media online ternama, atau mendaftarkannya di situs dan forum properti yang dapat Anda temukan dengan mudah di internet.

Misalnya, seperti Jendela360, yang merupakan situs properti terbesar di Indonesia dengan trafik ratusan ribu setiap bulannya, dan dengan mendaftarkan unit apartemen yang Anda miliki di Jendela360, maka Anda bisa mendapatkan calon pembeli atau penyewa dengan mudah.

Bahkan dengan pasang iklan apartemen di Jendela360 Anda tidak perlu meluangkan waktu untuk menemani calon konsumen ketika mereka ingin melihat langsung property yang Anda miliki. Anda bisa duduk manis dan menunggu dengan tenang, sementara team profesional jendela360 yang akan menemani calon konsumen tersebut tanpa biaya tambahan sepeserpun.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *