Pendidikan

Jenis Pelatihan Online yang Cocok Diikuti Selama Pandemi

Jenis Pelatihan Online yang Cocok Diikuti Selama Pandemi – September 2020 pandemi Covid-19 masih berlangsung. Sejak awal kemunculan hingga saat ini Pandemi ini telah memporak-poranda berbagai sendi kehidupan, tak terkecuali dengan perekonomian keluarga. Hampir semua orang penghasilannya berkurang dan tak sedikit yang kehilangan pekerjaan. Pandemi membuat banyak orang mulai berfikir kreatif dan melirik berbagai pekerjaan serta ketrampilan lain yang sesuai dengan tuntutan jaman.

Bagi para pencari kerja baru, mengasah keterampilan dan belajar berbagai hal baru bermanfaat di tengah pasar kerja yang sulit. Sementara bagi profesional, keterampilan baru penting untuk pengembangan diri dan memenangkan persaingan. Terlepas dari posisi yang sudah didapatkan sebelumnya, peningkatan kapasitas diri masa pandemi harus tetap dilakukan.

Untuk mendapatkan ketrampilan dalam pekerjaan baru atau menambah kemampuan diri tentunya diperlukan sebuah pelatihan. Namun karena berkumpul dengan banyak orang masih menjadi larangan, pelatihan online menjadi salah satu rujukan untuk meningkatkan kapasitas diri.

Ada beragam pelatihan online yang disediakan  oleh lembaga kursus dan juga swasta untuk masyarakat yang membutuhkan ketrampilan. Pembelajaran online atau pembelajaran jarak jauh hasilnya tidak jauh berbeda dengan pembelajaran tatap muka atau offline. Perbedaannya hanya pada kehadiran peserta.

Jenis Pelatihan Online Selama Pandemi

Berikut ini adalah jenis-jenis pelatihan online yang cocok dilakukan selama Pandemi untuk meningkatkan skil dan kemampuan diri :

1. Pelatihan Online Bahasa Asing

Salah satu pelatihan yang menjanjikan masa depan adalah pelatihan bahasa asing. Karena penguasaan bahasa asing membuat peluang kerja dan kesempatan berkarir terbuka lebar. Sedari dulu pelatihan jenis ini ada banyak sekali peminatnya. Walaupun sekarang masa pandemi dan mengharuskan semua orang dirumah saja, namun pelatihan bahasa asing tidak pernah sepi peminat.

Belajar bahasa Inggris

Di masa pandemi, lembaga kursus banyak yang melaksanakan pelatihan bahasa asing secara online. Ketrampilan dalam berbahasa asing tetap bisa digunakan dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas ruang dan waktu.

Baca juga : Belajar Bahasa Inggris Cepat di Jakarta

2. Pelatihan Public Speaking

Kemampuan berbicara di depan umum atau publik speaking tetap diperlukan di masa pandemi. Di pembelajaran online atau pertemuan-pertemuan online, publik speaking dapat membantu lebih percaya diri saat harus berbicara di depan audiens. Dengan kemampuan public speaking yang baik, orang yang bersangkutan bisa berkomunikasi dengan bagus dan efektif sehingga dapat dipahami.

Bagi yang sedang mencari kerja, kemampuan berkomunikasi bisa membantu dalam sesi wawancara kerja. Pelamar akan dengan mudah menyampaikan dan menjelaskan kemampuan pada pemberi kerja.

Salah satu pekerjaan yang membutuhkan skill publik speaking adalah Publik Relation. Seorang PR akan menjadi komunikator sehingga harus bisa menguasai seni-seni dalam berkomunikasi. Public Relation Agency Indonesia dapat menjadi peluang untuk mengembangkan skill public speaking anda. Di Public Relation Agency Indonesia tersebut anda juga bisa memasarkan produk dan jasa perusahaan anda. Di tengah pandemi saat ini, kebutuhan pemasaran dibutuhkan untuk mendongkrak penjualan.

3. Pelatihan Web Developer

Di masa pandemi, semua serba online. Oleh karena itu kemampuan membuat website menjadi skill yang sangat dibutuhkan dunia kerja saat ini. Hampir setiap lini usaha membutuhkan website sebagai sarana penghubung sekaligus pemasaran. Dengan menjadi seorang web developer yang handal, anda dapat membuka lapangan kerja sendiri sekaligus bersaing di dunia kerja.

Jasa logistik e-commerce

Penghasilan web Developer yang lumayan besar membuat profesi yang satu ini banyak dilirik orang. Bagi anda yang tidak memiliki keahlian pemrograman atau IT, anda bisa mengikuti pelatihan web development secara online. Pelatihan bisa menggunakan Aplikasi Moodle Mobile , Zoom, google meetup atau berbagai tempat pelatihan sejenis.

Pelatihan online bidang web developer membuat anda bisa menguasai dasar-dasar penting yang dibutuhkan untuk menjadi seorang web developer dan jika telaten bisa menjadi profesional di bidang tersebut.

4. Pelatihan Desain Grafis

Pelatihan online yang tak kalah menjanjikan adalah pelatihan desain grafis. Saat ini, hampir semua usaha baik bisnis maupun jasa membutuhkan tenaga desain grafis dalam pengembangan usahanya. Oleh karenanya peluang untuk menjadi seorang desain grafis sangat terbuka lebar. Apalagi pekerjaan ini tidak mengharuskan ada di tempat/datang ke kantor, cukup dilakukan di rumah. Seorang desain grafis bisa melakukan pekerjaannya.

Salah satu fungsi desain grafis adalah menyampaikan informasi terkait usaha dan meningkatkan interaksi dengan masyarakat melalui desain-desain yang menarik. Sebuah tempat usaha perlu menampilkan informasi semenarik mungkin untuk disampaikan kepada khalayak. Informasi ini dapat melalui berbagai platform yang ada, baik media sosial, website maupun poster/baliho.

Dengan pelatihan online desain grafis yang mumpuni, anda bisa menjadi seorang desain grafis yang handal.

5. Pelatihan Menulis

Ketrampilan menulis sangat berguna dan dibutuhkan di dunia kerja. Hampir semua profesi membutuhkan kemampuan menulis dalam menunjang pekerjaannya. Dengan memiliki kemampuan menulis yang baik, anda bisa mengemas informasi secara efektif dan dipahami orang lain. Anda juga bisa belajar menyunting informasi di dalam sebuah naskah atau dokumen dengan kemampuan menulis yang dimiliki. Baca juga :  Limpahan Manfaat Dari Menulis

Ada banyak sekali jenis pelatihan menulis yang bisa anda pilih untuk upgrade skil. Anda bisa memilih pelatihan menulis tersebut sesuai dengan minat serta bakat. Misalnya menulis kreatif, menulis fiksi, ilmiah, jurnalistik dan yang lainnya.

6. Pelatihan Edit Video

Semenjak Atta Halilintar naik daun, ada banyak orang yang berlomba-lomba menjadi YouTuber. Untuk membuat satu video yang bagus diperlukan tim untuk melakukannya. Ada yang bertugas nyari ide, syuting, edit video dan mempublikasikannya. Walaupun ada juga yang mengerjakannya sendirian namun kemampuan untuk edit video mutlak diperlukan.

Bagi yang tidak pernah berkecimpung di dunia film bergerak atau video serta tidak mengetahui segala sesuatu didalamnya, pelatihan online edit video bisa jadi pilihan yang tepat. Profesi editor video saat ini cukup menjanjikan dan dibutuhkan di dunia kerja. Dengan memiliki kemampuan editing video, anda juga bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dengan karya serta konten yang dibuat.

7. Pelatihan Digital Marketing

Keahlian sebagai seorang Digital Marketing bukan hal yang asing di masa sekarang. Terutama bagi para milenial. Pekerjaan digital marketing sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil. Bahkan perusahaan asingpun membutuhkan profesi ini.

Dalam suasana pandemi dengan segala keterbatasannya saat ini. Keahlian Digital Marketing semakin dibutuhkan. Strategi bidang pemasaran seperti SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), dan masih banyak lainnya makin dibutuhkan karena semua orang sudah mengakses internet.

Untuk mendapatkan keahlian digital marketing anda bisa mengikuti pelatihan-pelatihan online yang ditawarkan oleh Lembaga kursus bidang tersebut.

Semua orang berharap, pandemi ini segera berakhir. Namun selama menunggu pandemi ini berakhir, tidak selayaknya diam saja dirumah. Anda bisa mengupgrade skill dengan mengikuti pelatihan online sesuai bakat dan keinginan. Jika tidak ada biaya, tidak perlu khawatir karena ada banyak jenis pelatihan online selama Pandemi yang gratisan. Anda hanya perlu mencari dan berjejaring untuk mendapatkan peluangnya. Selamat mencoba ilmu baru!!

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

9 Komentar

  1. Banyak sekali pelatihan yang diadakan selama pandemi ini. Baik yang gratis maupun berbayar. Harus pintar memilih mana satu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan kita biar ilmunya bermanfaat.

  2. Ikut pelatihan membantu banget ya buat menambah skills dan pengetahuan kita, pengen belajar edit video sama bahasa tuh, bermanfaat banget pastinya

  3. Makasih ya informasinya.. sebenernya yang saya sedang cari itu pelatihan pencak silat atau ilmu bela diri lainnya.. ada nggak ya? biar tetap bisa bergerak di pandemi sambil belajar

    1. Kok belum pernah nemu ada pelatihan pencak silat online, mungkin takutnya ada gerakan salah dan bikin cidera

  4. Mau belajar terus ah, biar nggak ketinggalan. Pandemi banyak webinar gratis ini yang sayang jika dilewatkan.

  5. Tujuh jenis pelatihan di atas .. selama pandemi ini, banyak yang menyelenggarakannya. Ada yang gratis dan ada yang berbayar. Tinggal kitanya saja mau tidak ya, Mbak.

  6. Belum pernah ikutan pelatihan cara daring. Pengen belajar desain grafis.
    Sangat bermanfaat adanya banyak pelatihan untuk menunjang pengembangan kapasitas diri.
    Pandemi ada hikmahnya juga bagi yang mau berusaha memperbaiki kualitas diri.

  7. Banyak skill yang harus dipelajari selama pandemi biar tidak bosan di rumah ya

  8. Saya lagi belajar edit video
    Karena sekarang saya juga menekuni sebagai youtuber
    Selingan saat lagi malas menulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *