Idea

KESALAHAN SAAT MENCUCI MANUAL YANG HARUS DIHINDARI

Kesalahan Saat Mencuci Manual Yang Harus Dihindari – Mencuci baju menjadi salah satu upaya untuk menjaga kebersihan diri. Hampir setiap hari kita disibukkan dengan urusan cuci mencuci baju ini. Ada yang dipermudah dengan menggunakan mesin cuci, namun tak sedikit yang menggunakan cara manual dengan menggunakan tangan. Masing masing tentunya punya kelebihan dan kekurangan.

Bila diperhatikan secara sekilas mencuci baju menggunakan tangan memang terlihat mudah. Namun ternyata ada beberapa kesalahan yang tanpa disadari sering dilakukan. Jika dilakukan terus menerus akan membuat baju kesayangan cepat rusak. Apa saja kesalahan yang sebaiknya dihindari kala mencuci baju menggunakan tangan? Yuk simak uraian berikut :

1. Mencuci baju dengan memasukkan baju kotor terlebih dahulu ke dalam ember sebelum diisi air

Hayoo, siapa nih yang sering melakukan hal ini di rumah? Pasti banyak yang melakukannya. Tau gak kalau ternyata kebiasaan memasukkan baju kotor terlebih dahulu ke dalam ember sebelum diisi air bisa menyebabkan baju kesayangan cepat rusak. Memang sepertinya tidak ada bedanya memasukkan air terlebih dahulu atau pakaian kotor lebih dulu ke ember. Tapi ternyata ada perbedaannya loh!

Pakaian kotor yang dimasukkan ke dalam ember/bak kemudian disirami dengan air ternyata dapat membuat kain baju tertekan sehingga merusak serat kain. Apalagi jika airnya berarus kencang, resiko kerusakan jadi lebih besar. Triknya di sini adalah mencuci baju dengan air biasa atau air dingin, sesuai dengan label petunjuk mencuci baju yang ada di pakaian. Ember diisi air terlebih dahulu, baru kemudian memasukkan pakaian kotor kedalamnya untuk direndam dengan detergen.

2. Mencuci baju dengan menggosok noda kotor

Tahukah anda, memcuci baju dengan menggosok pakaian kuat-kuat dapat menyebabkan kain dan baju jadi terluka? Noda kotor yang menempel pada pakaian memang harus cepat dibersihkan. Tapi kita harus tetap sabar dan bersikap lembut menghadapinya. Apalagi pakaian dengan bahan yang rentan dan butuh perhatian khusus seperti baju batik, sutra dan sebagainya, tidak bisa diperlakukan kasar.

Saat mencuci pakaian, gunakan cairan pembersih noda untuk mengangkat noda kotoran pada pakaian. Gosokkan pada bagian baju dengan noda menggunakan jari. Lalu kemudian rendam pakaian dalam air selama beberapa saat, dan remas pakaian dengan lembut beberapa kali. Hanya dalam waktu 15 menit, hampir keseluruhan noda sudah dapat terangkat dengan baik.

3. Mencuci baju dan membilasnya di bawah air mengalir

Seperti saat akan mencuci baju, sebaiknya hindari juga membilas di bawah air mengalir. Ini bukan dilrang lho, hanya kalau bisa dihindari supaya pakaian jadi lebih awet. Aliran air yang mengenai pakaian bisa menyebabkan baju jadi tertarik, yang bisa berakhir pada melar. Jadi jangan salahkan kalau baju yang tadinya pas di badan, setelah dicuci jadinya longgar. Itu karena kesalahan saat pencucian.

Triknya di sini adalah membilas baju seperti ketika mencuci baju di poin pertama diatas. Siapkan ember dengan air dingin yang tenang. Bilas pakaian dengan meremas-remas pakaian di dalam air sampai pakaian terbilas sempurna. Saat ingin mengangkat pakaianpun, ada hal yang harus diperhatikan loh, gak asal-asalan.

4. Mencuci Baju Memeras

Mencuci pakaian yang sudah selesai dibilas harus diangkat keluar dari air. Cara memegang pakaian ini adalah kuncinya. Ketika mengangkat pakaian dari air, air yang masih ada di pakaian akan mengalir turun ke bawah. Hal ini bisa menjadi alasan kenapa pakaian mulai melar. Sebaiknya ketika ingin mengangkat pakaian dari air, gunakan kedua tangan untuk menopang seluruh bagian dari baju. Setelah itu, bisa meletakkan pakaian yang sudah dicuci ke dalam ember lain.

Baca juga : Fenomena Berburu Baju Lebaran

5. Mencuci baju dan menggantungnya hingga kering

Mencuci baju dan menggantungnya hingga kering adalah hal biasa yang selalu kita lakukan. Tapi hal ini juga dapat menyebabkan pakaian jadi melar, bahkan kehilangan bentuknya. Apalagi baju berbahan seperti rajutan.

Triknya di sini mirip dengan ketika akan memeras air keluar dari pakaian. Biarkan saja pakaian-pakaian yang berbahan rentan atau rajutan di atas handuk kering. Biarkan udara masuk dan membantu mereka mengering. Setelah bagian depan kering, balik baju dan lakukan hal yang sama pada bagian belakangnya.

6. Melewatkan pewangi dan pelembut

Ketika mencuci dengan tangan jangan lupa untuk menggunakan pewangi pakaian karena akan sangat membantu dalam proses mencuci manual. Menggunakan pelembut dan pewangi pakaian akan membuat baju lebih mudah disetrika. Gunakan pelembut pakaian yang paling wangi dari royale soklin, aromanya sangat harum seperti parfum mewah. Pakaian juga menjadi wangi sepanjang hari sehingga percaya diri saat menggunakannya.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *