Idea

Cara Mencuci Baju Agar Kualitas Warna Tetap Terjaga

Cara Mencuci Baju Agar Kualitas Warna Tetap Terjaga – Baju termasuk kebutuhan pokok untuk semua orang. Kebutuhan baju hampir setara dengan kebutuhan makan dan tempat tinggal. Tidak ada salahnya untuk membahas hal tersebut dalam banyak postingan. Jika postingan sebelumnya sudah dibahas mengenai kesalahan saat mencuci yang harus dihindari, maka sebagai lanjutannya kali ini akan membahas cara mencuci baju agar kualitas warna tetap terjaga.

Perlu diketahui cara pencucian yang kurang tepat dapat membuat baju kita warnanya memudar. Biasanya baju-baju yang berwarna gelap seperti hitam, navy dan sebagainya warnanya lebih cepat terlihat pudar sehingga membuat baju terlihat kusam dan kurang menarik. Baik mencuci menggunakan mesin cuci maupun mencuci menggunakan tangan, harus bisa melakukan trik atau cara tertentu supaya baju kesayangan selalu kelihatan baru efek dari warnanya yang awet cerah.

Baju China Cheongsam

Berikut ini Cara Mencuci Baju agar kualitas warna tetap terjaga yang bisa langsung dipraktekkan :

1. Lihat Petunjuk Pencucian

Pada saat membeli baju baru pastinya ada label atau tag yang menempel di baju. Label atau tag tersebut bukan hanya untuk pajangan saja lho… Biasanya ada petunjuk pencucian hingga penjemuran didalamnya. Di tiap bahan pakaian, petunjuk pencuciannya juga tidak sama. Supaya baju warnanya terjaga, sebaiknya kita ikuti petunjuk dan tata cara mencuci yang benar sesuai dengan bahan bajunya. Perawatan bahan batik tentunya berbeda dengan jeans atau sutra.

2.  Pisahkan Pakaian Berwarna

Memisahkan pakaian sesuai warnanya saat pencucian juga menjadi salah satu cara mencuci baju agar warnanya tahan lama. Cobalah dari sekarang memisahkan antara baju yang berwarna gelap dan turunannya dengan baju warna terang dan turunannya saat dimasukkan ke dalam mesin cuci atau ember pencucian.

Cuci baju berwarna gelap bersama yang gelap, sementara baju warna terang dicuci dengan yang warna terang. Selain mencegah terjadinya kelunturan warna, cara mencuci yang seperti ini bisa membuat warna baju lebih tahan lama.

3. Menggunakan Air Dingin atau Suhu Ruangan

Mencuci baju menggunakan air dingin dapat membantu warna baju lebih tahan lama dan tidak cepat pudar. Sebaliknya Air hangat atau air panas dapat merusak serat kain sehingga warnanya lebih cepat memudar.

4.  Membalik Pakaian Sebelum Dicuci

Membalik pakaian kala dicuci kerap tidak dilakukan. Padahal ini juga bisa menjadi salah satu cara merawat baju supaya warnanya tidak cepat pudar.

Kala mencuci baju baik menggunakan tangan maupun mesin cuci terjadi gesekan antara kain dan serat baju. Gesekan-gesekan ini tanpa disadari dapat membuat warna baju cepat cepat luntur. Dengan membalikkan baju saat dicuci, yang memudar adalah kain yang berada di dalam, sedang kain yang diluar dan terlihat saat dipakai bisa lebih awet.

5. Perhatikan Kecepatan Putaran Mesin Cuci

Kalau mencuci menggunakan mesin cuci, harap perhatikan kecepatan putarannya karena itu bisa mempengaruhi awet tidaknya baju. Jika baju tidak terlalu kotor, jangan menggunakan kecepatan putaran yang maksimal di mesin cuci. Sebaiknya gunakan putaran yang sedang saja. Terlalu sering mencuci dengan kecepatan maksimal akan membuat bahan baju cepat rusak dan warnanya lebih cepat pudar.

Baca juga : Cara Merawat Busana Batik Supaya Awet

6. Jangan Mencuci Pakaian Lembut dengan Mesin Cuci

Pakaian yang berbahan lembut seperti sutra sebaiknya tidak dicuci di mesin cuci supaya bahan dan warnanya tetap terjaga dengan baik. Tapi jika terpaksa karena kondisi tertentu sebaiknya dimasukkan ke dalam kantung jala yang sudah tidak terpakai atau tempat khusus yang terdapat dalam mesin cuci.

7. Lewati Pengeringan Jika Tak Terlalu Perlu

Proses pengeringan di mesin cuci memang terlihat memudahkan kita dan membuat waktu pencucian lebih efisien. Namun ternyata proses pengeringan di mesin cuci dapat menjadi salah satu penyebab baju warnanya cepat pudar. Proses memeras air pada tabung pengeringan membuat permukaan bahan jadi kasar dan mempengaruhi warna baju. Oleh karena itu sebaiknya hindari terlalu sering menggunakan mesin pengering. Mengeringkan  baju di bawah sinar matahari lebih bersahabat bagi kain tentunya dengan membaliknya terlebih dahulu.

8.  Hindari Mencuci baju terlalu sering

Warna baju akan semakin cepat pudar jika terlalu sering dicuci. Jika hanya memakai baju beberapa jam dan tidak terkena noda apapun sebaiknya jangan langsung ditaruh di keranjang pakaian kotor untuk dicuci. Cukup gantung dan angin-anginkan di tempat yang tidak lembab atau dijemur sebentar. Tapi kalau sudah terkena noda, kotoran, atau keringat berlebihan tentu tetap harus dicuci walau dipakai sebentar.

Baca juga : Tampil Menawan Dengan Gamis Yang Elegan

9. Menambah Pelembut Kain

Menambahkan pelembut pakaian pada pembilasan terakhir menjadi salah satu cara mencuci baju agar warnanya tahan lama. Cairan pelembut akan melumasi serat kain sehingga tak cepat rusak dan memudar.

Demikian cara mencuci baju agar kualitas warna tetap terjaga yang bisa Blog Coretan Dari Desa sajikan. Pakaian atau baju selain berfungsi untuk melindungi tubuh juga menjadi salah satu bentuk ekspresi diri. Kalau baju terlihat kusam penampilan jadi lebih terganggu. So harus dirawat juga ya baju-bajunya.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *